Rekomendasi 10 Novel Lokal dan Terjemahan Terbaru Juni 2019

. 4 min read

Bingung mengisi libur lebaran dengan kegiatan apa? Tak perlu khawatir, buat kamu yang enggak mudik dan juga enggak ada kegiatan lainnya, ada sederet novel baru yang bisa menemanimu selama liburan. Deretan novel baru Juni 2019 ini terdiri dari novel lokal dan juga terjemahan novel internasional loh.

Atau Grameds justru sedang bosan di perjalanan menuju kampung halaman? Tak perlu khawatir juga. Karena dari sederet daftar rekomendasi novel baru Juni 2019, ada yang bisa langsung dibaca melalui Gramedia Digital loh!

Seru kan? Dijamin liburan kalian enggak akan mati gaya dengan deretan rekomendasi novel baru berikut ini.

1. The Fifth to Die - J.D. Barker

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Novel ini merupakan sekuel The Fourth Monkey. Kisah berlanjut, tentang seorang gadis yang telah menghilang selama tiga minggu dan akhirnya ditemukan telah tak bernyawa.

Dia membeku di bawah permukaan laguna beku. Pertanyaannya, bagaimana dia bisa berada di situ sementara laguna itu sudah membeku sejak berbulan-bulan lalu?

2. #AboutLife - Tere Liye

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Buku ini melengkapi dua buku sebelumnya, yaitu #AboutLove dan #AboutFriend, yang tentunya berisikan kata-kata yang dapat membuat pembacanya merenung tentang kehidupan. Buku ini berisikan 100 kumpulan kutipan Tere Liye seputar memaknai kehidupan.

3. Kementerian Maha Kebahagiaan (The Ministry of Utmost Happines) - Arundhati Roy

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Ini adalah kisah cinta yang memilukan sekaligus sebuah bantahan yang penuh ketegasan. Disampaikan dalam bisik dan jerit, dengan air mata, dan terkadang tawa.

Yang menjadi pahlawan adalah mereka yang dihancurkan oleh dunia di mana mereka hidup, tetapi diselamatkan oleh cinta dan harapan.

4. Merdeka Sejak Hati - A. Fuadi

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Karya terbaru A. Fuadi, novel inspirasi tentang Lafran Pane, pahlawan nasional yang juga merupakan salah satu pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sebuah novel yang hangat di hati dan membakar semangat di jiwa.

5. Crooked Kingdom - Leigh Bardugo

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Musuh-musuh lama kembali dan seteru-seteru baru muncul adu untuk adu siasat dengan si Tangan Kotor sekaligus menguji kesetiaan rekan-rekannya. Perang bakal terjadi di gang-gang sempit dan kanal-kanal berliku.

Pada akhirnya, dapatkah Kaz memenangkan pertarungan dan menjadi raja di kotanya sendiri? Itulah cuplikan kisah di novel yang sudah terbit sejak 27 Mei lalu.

6. Children of Blood and Bone (Legacy of Orisha 1) - Tomi Adeyemi

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Apa jadinya jika semua yang kita miliki tiba-tiba terenggut? Hal itu dialami oleh Zelie Adebola. Zélie Adebola mengingat masa ketika sihir masih hidup di Orisha. Namun segalanya berubah ketika sihir menghilang.

Di bawah titah sang raja yang keji, para Maji dibunuh, meninggalkan Zélie tanpa seorang ibu dan kaumnya tanpa harapan.

7. Sutra Soma: Bahtera Nusantara - Moch. Indra Purnama

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Sekelompok arkeolog menemukan kumpulan naskah kuno pada sebuah gua di Pegunungan Himalaya. Sebagian naskah yang telah berhasil diterjemahkan ternyata menceritakan petualangan Somajaya, pemuda yang ayahandanya berasal dari Tuban dan ibundanya berasal dari Galuh, berangkat ke Swarnadwipa untuk menimba ilmu.

Perjalanannya terhambat tatkala dia terlibat dalam pertempuran di pelabuhan Palembang. Apa yang terjadi berikutnya? Yuk baca selengkapnya dari novel yang sudah terbit pada 20 Mei lalu ini.

8. Tuan Presiden (El Señor Presidente) - Miguel Ángel Asturias

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Novel dengan judul asli El Señor Presidente ini berkisah tentang diktator keji di sebuah negara Amerika Latin dan rencana-rencana licinnya untuk menghabisi lawan-lawan politiknya. Ditulis oleh penulis terbesar Guatemala, Miguel Ángel Asturias (1899-1974) yang juga peraih Nobel Sastra 1967.

9. Sweetheart In Your Ear - Kincirmainan

novel

Dapatkan novelnya di sini >>

Novel yang dirilis akhir Mei ini bercerita tentang Milo Sayaka merasa kehilangan sahabatnya, Kiera Zelma, yang kini bahagia setelah kehadiran Herjuna.

Sayaka tak pernah menyangka dirinya akan merasakan kehilangan itu, karena ia berpikir tak mungkin akan jatuh hati pada Kiera, karena kekurangan Kiera. Karena Kiera tuli.

10. The Book of Dust - Philip Pullman

novel

Baru akan terbit 17 Juni mendatang, novel ini merupakan buku pertama dari trilogi The Book of Dust. Dua puluh dua tahun setelah terbitnya trilogi His Dark Materials, Philip Pullman kembali mengisahkan dunia paralel yang epik dan sudah lama dinanti-nantikan.


Dari ke-10 novel baru di atas, semuanya menawarkan cerita yang berbeda-beda genre. Sekarang giliran kamu yang menentukan pilihan. Atau mau langsung borong semuanya juga boleh! Langsung pesan di Gramedia.com tentunya! Selamat berlibur dan happy reading Grameds.