10 Novel Indonesia Best Seller Desember 2018

10 Novel Indonesia Best Seller Desember 2018

. 5 min read

Selamat tahun baru, Grameds! Bagaimana kabar 2019 sejauh ini?

Sudah mulai membuat list untuk buku-buku yang akan kamu baca tahun ini belum? Kalau belum, bisa simak dulu 10 novel Indonesia yang menjadi best seller di Gramedia.com pada Desember 2018 lalu. Barangkali ada yang menarik.

Beberapa di antaranya bahkan juga menjadi novel best seller sepanjang tahun 2018, lho! Bisa tebak novel apa? Atau mungkin kamu sudah baca? Yuk, scrolling!

10. Tentang Kamu

TERELIYE

Tere Liye sudah barang tentu menyumbangkan salah satu novelnya ke deretan best seller ini. Tentang Kamu menjadi salah satu yang berada di deretan best seller Desember 2018.

Dengan apik, Tere Liye akan membawa pembacanya menyelam dalam sebuah petualangan yang sarat akan emosi, namun juga menyelipkan nilai-nilai positif sehingga kita sadar, selalu ada yang bisa disyukuri dalam menjalani hidup.

9. Antologi Rasa

IKANATASSA

Di urutan ke-9 ada salah satu novel dari Ika Natassa yang dijamin bisa bikin baper, Antologi Rasa. Sejak terbit pada 2011, Antologi Rasa begitu populer sampai berulang kali dicetak kembali dengan desain yang lebih fresh.

Sudah baca Antologi Rasa? Novel ini akan membawamu kepada kisah pertemanan yang berujung dengan percintaan antara tiga sahabat, Keara, Ruly, dan Harris.

Satu pertanyaan yang menggambarkan kondisi persahabatan mereka. What if in the person that you love, you find a best friend instead of a lover?

8. Aroma Karsa

DEELESTARI

Selanjutnya ada Dee Lestari dengan Aroma Karsa-nya yang juga masih menjadi best seller di bulan Desember. Novel 700 halaman ini bagai paket lengkap memikat yang membungkus kisah romansa, petualangan, pencarian jati diri, fantasi, detektif, sampai mitologi.

Bermula dengan obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, memertemukannya dengan Jati Wesi, dengan hidung istimewa yang menjadikannya seorak peracik parfum.

Sampai kemudian, Jati bertemu dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras yang memekerjakannya saat ini ternyata memiliki hidung yang sama istimewanya.

7. I Am Sarahza

HANUMRAIS

Bukan kali pertama Hanum Salsabiela Rais dengan suaminya Rangga Almahendra melahirkan novel bersama berdasarkan pengalaman yang mereka alami sendiri. I Am Sarahza pun terbilang cukup personal sebagai sebuah novel berdasar kisah nyata.

Sebuah kisah penantian buah hati ini disuguhkan dengan menggunakan tiga sudut pandang, kisah yang terjalin kian terasa berbeda karena pembaca diajak mengetahui setiap rasa yang tumbuh dari masing-masing karakter: Hanum, Rangga, dan Sarahza yang masih merupa ruh.

Novel ini pun menjadi salah satu yang paling diburu pada bulan Desember lalu.

6. Konspirasi Alam Semesta

FIERSABESARI

Tentu deretan novel best seller tidak akan lengkap rasanya tanpa buku Fiersa Besari di dalamnya. Novel yang penuh dengan diksi puitis ini mungkin memang sederhana, tapi membaca lembaran pertama pun sudah bisa buat jatuh cinta.

Seperti halnya pada buku Garis Waktu, Fiersa juga menamatkan bukunya dengan sebait puisi yang mengisahkan perjuangan cinta seorang Juang Astrajingga.

5. Corat-coret di Toilet

TERELIYE

"Aku tak percaya bapak-bapak anggota dewan, aku lebih percaya kepada dinding toilet."

Corat-coret di Toilet dari Eka Kurniawan juga menjadi salah satu yang paling digandrungi pada Desember lalu. Buku yang memberi warna baru dalam gaya tutur Eka Kurniawan ini mengangkat beragam ide mulai dari kehidupan mahasiswa, kisah cinta, hingga sosial politik, dan segalanya ia tuturkan dengan gaya komikal sehingga lebih ringan untuk dibaca.

4. Cinta Tak Ada Mati

EKAKURNIAWAN

Tidak hanya satu buku, Cinta Tak Ada Mati Eka Kurniawan juga ikut duduk dalam jajaran best seller Desember 2018. Kumpulan cerpen ini bahkan baru saja mendapatkan Penghargaan Sastra Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2018 pada 29 Oktober kemarin.

Cinta Tak Ada Mati merupakan himpunan dari 13 cerpen dan telah berhasil berulang kali dicetak ulang bahkan dengan cover yang berbeda-beda untuk menambah daya tariknya.

Dalam Cinta Tak Ada Mati, Cerpen Tak Ada yang Gila di Kota Ini menjadi salah satu cerpen yang paling populer.

3. 11.11

FIERSABESARI

Selanjutnya di posisi ketiga kembali kita dipertemukan dengan buku baru dari Fiersa Besari. Fiersa memang harus diakui memiliki daya pikat yang kuat dalam gaya bertuturnya. Kali ini dalam 11.11 ia masih dengan ciri khasnya.

11.11 akan bercerita tentang jodoh yang sebenarnya akan kemana-mana sebelum akhirnya menetap pada satu hati ketika waktunya telah tiba. 11.11 telah terbit sejak 11 November, dengan 11 lagu, dan 11 cerita.

11.11 menjadi Albuk atau Album Buku kedua setelah Konspirasi Alam Semesta. Meski begitu, tidak ada keterkaitan cerita di antara kedua bukunya.

2. Pergi

TERELIYE

Satu lagi novel dari Tere Liye, Pergi menjadi salah satu novelnya yang paling diburu pada Desember lalu sehingga membuatnya duduk di posisi kedua.

Petualangan Bujang masih berlanjut. Pembaca seolah disetir emosinya oleh Tere Liye. Bahkan karakter Thomas dari novel Negeri Para Bedebah ikut andil dalam perjalanan Bujang kali ini yang melanglang buana ke negeri orang.

Bujang masih mencari jalan melalui kenangan demi kenangan masa lalu, menghadapi pertarungan hidup-mati, sampai memutuskan langkah mana yang harus ditapaki.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

MARCHELLAFP

Yap! siapa lagi kalau bukan Marchella FP dengan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) di posisi pertama dalam daftar novel Indonesia best seller Desember 2018.

Novel yang telah beberapa bulan menduduki posisi best seller dan juga menjadi top of the top best seller books tahun 2018 ini memang begitu fenomenal.

Wejangan dari seorang Ibu bernama Awan untuk anak cucunya di masa depan ini disuguhkan merupa flash fiction. Tiap halamannya begitu menarik hati untuk diresapi, belum lagi dibalut dengan ilustrasi yang menambah dalam makna tiap kata yang tertoreh.

“Kalau nanti kita berselisih paham, tolong ingatkan untuk kompromi. Bukan lari.”

Agar lebih terbawa suasana, kalian juga bisa membaca NKCTHI sambil mendengarkan playlist lagu yang sudah disiapkan khusus oleh sang penulis.


Gimana? Sudah ada yang dibaca? Atau akan segera masuk list untuk dibaca tahun ini? Segera check out buku-bukunya di Gramedia.com, ya!

Selamat mengawali tahun, Grameds!


Sumber header foto: Vox.com