Siapa Sangka, 6 Film Terkenal Sepanjang Masa Ini Diadaptasi dari Buku

Siapa Sangka, 6 Film Terkenal Sepanjang Masa Ini Diadaptasi dari Buku

. 4 min read

Apakah kamu seorang pencinta film? Apakah kamu tahu semua hal tentang film-film favoritmu?

Terutama film-film terkenal sepanjang masa yang tanpa kita sadari ternyata diadaptasi dari sebuah buku ataupun novel.

Mungkin kamu pernah mendengar dan menonton film-film klasik seperti To Kill A Mockingbird dan The Wizard of Oz yang memang sudah populer diangkat dari buku terkenal.

Atau film The Lord of the Rings dan Harry Potter yang berhasil menjadi sebuah kultur tersendiri bagi para penggemarnya.

Tapi list film-film fenomenal dan terkenal sepanjang masa di bawah ini, siapa sangka ternyata turut diadaptasi dari buku juga, lho!

Hmm, memang apa saja sih filmnya? Berikut daftarnya.

1. Forrest Gump

film
Cover novel Forrest Gump (Amazon.com)

Kamu sudah pernah nonton filmnya? Film yang berhasil meraih 13 nominasi dan memenangkan 6 gelar Academy Awards ini wajib kamu tonton, setidaknya sekali seumur hidup.

Film ini menceritakan sosok Forrest Gump, yang sejak kecil dianggap sebagai anak yang bodoh karena memiliki IQ di bawah rata-rata, namun memiliki kisah hidup yang unik, serta banyak pesan moral yang bisa kita petik.

Tapi apakah kamu tahu, bahwa film ini diambil dari cerita novel yang berjudul sama? Memang, antara film dan novel memiliki substansi cerita yang berbeda.

Misalnya, jika di novel, Forrest adalah seorang stuntman di Hollywood, lalu mendapatkan ketenaran sebagai pegulat profesional, yang membuatnya berhasil bekerja untuk NASA sebagai astronot.

Kemudian pesawat ulang-aliknya menabrak dan jatuh di Samudera Hindia, dan harus hidup di pulau kanibal selama bertahun-tahun.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kebanyakan cerita dalam buku lebih baik daripada versi filmnya, namun novel ini menjadi pengecualian.

2. The Godfather

film
Beli bukunya di sini

The Godfather sering dianggap sebagai salah satu film terhebat dan terbaik sepanjang masa. Kisah Don Corleone dan intrik di antara keluarga mafia ini sangatlah melegenda.

Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa cerita The Godfather diadaptasi dari cerita novel kriminal karya Mario Puzo pada tahun 1969 yang berjudul sama. Ia bahkan juga ikut bergabung dalam penulisan skenario film ini.

Tidak banyak perbedaannya, karena jalan cerita dalam buku dan film ini hampir sama, bahkan lebih menceritakan kembali kata demi kata dalam novel.

Satu-satunya perbedaan yang signifikan adalah cerita dari karakter Johnny Fatone, yang memiliki porsi cerita lebih besar dalam buku.

3. Jurassic Park

film
Cover novel Jurassic Park (Abebooks.com)

Film ini merupakan sebuah kisah peringatan bagi manusia yang mencoba berperan sebagai Tuhan, dengan bermain-main untuk menghidupkan kembali spesies purba.

Di masanya, Jurassic Park berhasil mendapat pujian dari para penonton dan kritikus dengan ide cerita yang menarik.

Namun tak banyak yang tahu kalau ternyata film Jurassic Park ini diadaptasi dari cerita novel karya Michael Crichton yang juga berjudul sama, lho!

Dalam novelnya, banyak rekayasa genetika yang lebih masuk akal dibandingkan versi filmnya.

Buku ini juga menjelaskan dengan lebih jelas kepada siapa Dennis Nedry, salah satu antagonis dalam film, menyelundupkan embrio dinosaurus dari taman.


Baca juga: 4 Fakta Enola Holmes, Kisah Adik Sherlock Holmes


4. Jaws

film
Cover novel Jaws (Amazon.com)

Jaws merupakan film yang berhasil membuat para penonton bergidik ngeri dan parno untuk bermain di pantai. Sudah pernah menontonnya?

Ternyata cerita dari film ini bukanlah ide orisinal, melainkan adaptasi sebuah cerita novel di tahun 1974 karya Peter Benchley yang berjudul sama.

Cerita Jaws berawal ketika ada seorang wanita berenang di laut suatu malam, yang diserang dan ditarik ke dalam air oleh sesosok ikan hiu.

Kepala polisi Martin Brody, ingin menutup pantai tersebut, namun dilarang oleh wali kota karena khawatir jumlah wisatawan akan turun.

Beberapa hari kemudian, seorang anak laki-laki mengalami kejadian yang sama. Brody kemudian merekrut pemburu hiu dan ahli biologi laut, untuk memburu hiu tersebut.


5. Die Hard

film
Cover novel Nothing Lasts Forever (Amazon.com)

Film yang dibintangi oleh aktor kawakan Bruce Willis yaitu Die Hard, merupakan salah satu film action yang mungkin kita semua pernah menontonnya.

Franchise film yang sekarang telah memiliki 5 film ini, ternyata diadaptasi dari cerita novel yang berjudul Nothing Lasts Forever karya Roderick Thorp.

Dalam Nothing Lasts Forever, nama tokoh utamanya adalah Joe Leland, namun dalam film diubah menjadi John McClain.

Bukan hanya itu saja perbedaannya, jika di dalam buku, orang-orang Jerman yang menyandera pesta Natal sebenarnya adalah seorang teroris, bukan hanya perampok uang.

Selain itu, Leland akan melihat sosok putrinya, alih-alih istrinya, yang gagal ia selamatkan. Menjadikan akhir versi novelnya lebih gelap dan menyedihkan.

6. The Jungle Book

film
Beli bukunya di sini

Masih sedikit orang yang mengetahui, bahwa film The Jungle Book merupakan cerita yang diadaptasi dari buku.

The Jungle Book yang ditulis oleh Rudyard Kipling pada tahun 1894 ini bisa dibilang sebagai kumpulan cerita pendek, dan karakter terkenal Mowgli hanya muncul dalam beberapa cerita di antaranya.

Sisa cerita buku ini lebih sebagai dongeng, di mana karakter seperti Aesop, Kipling adalah karakter hewan yang dapat berbicara, sebagai cara untuk memberikan pesan moral kepada pembaca.

Sementara cerita yang menampilkan karakter terkenal seperti Baloo, Shere Khan, Bagheera, dan Kaa, cerita mereka jauh lebih gelap dan serius daripada versi filmnya. Mengambil masalah kehidupan nyata seperti keluarga dan isu sosial.


Baca juga: 10 Film & Series Netflix Terbaru Adaptasi Buku Best Seller


Sudah tahu kan, film apa saja yang ternyata merupakan adaptasi dari sebuah novel? Tertarik ingin membaca novelnya, atau ingin menonton filmnya dulu, nih?

Ada banyak koleksi novel fiksi menarik yang dapat kamu temukan, hanya di Gramedia.com!


Photo header by: IMDB.com