7 Film Lokal Romantis yang Kisahnya Diangkat dari Novel

. 3 min read

Salah satu perayaan yang diperingati di bulan Februari adalah Hari Kasih Sayang atau lebih dikenal dengan sebutan Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

Biasanya banyak pasangan yang memanfaatkan Hari Valentine untuk menghabiskan waktu bersama dan saling memberikan kado Valentine. Entah itu cokelat, buket bunga, dan berbagai kejutan lainnya untuk pasangan tercinta.

Selain makan malam bersama alias candle light dinner bersama pasangan, menonton film bersama bisa jadi salah satu kegiatan untuk dilakukan di Hari Valentine.

Kira-kira film apa yang cocok ditonton di Hari Valentine? Berikut adalah tujuh film lokal romantis yang kisahnya diadaptasi atau diangkat dari novel. Pas banget untuk kamu tonton bersama sang kekasih di hari spesial nanti.

1. 3600 Detik

Meski merupakan karya perdana Charon, novel 3600 Detik langsung banyak diminati. Bahkan termasuk novel teenlit best seller dan beberapa kali dicetak ulang dengan cover baru.

Bercerita tentang Sandra (Shae), cewek SMA dari keluarga broken home yang jadi murid bandel di sekolahnya. Sampai ia bertemu Leon (Stefan William), satu-satunya orang yang tahan banting dengan sikap semena-mena Sandra.

Starvision Plus pun akhirnya mengangkat novel 3600 Detik ke layar lebar yang tayang pada tahun 2014 lalu. Di sini, kamu akan disuguhkan kisah romantis yang bermula dari perasaaan benci jadi cinta.

Beli bukunya di sini >>

2. Dear Nathan

Salma terlambat, padahal hari itu adalah hari pertamanya sebagai murid pindahan di SMA Garuda. Untung ada Nathan yang menolongnya dari ancaman hukuman.

Dari pertemuan itu, Nathan (Jefri Nichol) berusaha mendekati Salma (Amanda Rawles) bahkan secara terang-terangan. Namun, Salma menghindar karena cowok itu terkenal bandel dan suka tawuran.

Dalam film Dear Nathan yang aslinya diangkat dari novel berjudul sama karya Erisca Febriani inilah kisah cinta remaja zaman SMA antara Salma dan Nathan tersaji dengan manis.

Beli bukunya di sini >>

3. Sunshine Becomes You

Masih ingat tetralogi empat musim best seller karya Ilana Tan? Salah satunya yang berjudul Winter in Tokyo bahkan sudah pernah difilmkan.

Di luar tetralogi itu, novel Sunshine Becomes You juga diangkat ke film yang rilis pada akhir tahun 2015 lalu. Juga bercerita tentang kisah cinta yang bermula dari rasa benci.

Kehidupan Alex Hirano (Herjunot Ali) berubah sejak kemunculan Mia Clark (Nabilah eks JKT48). Clark memaksa untuk jadi tangan kiri Alex yang patah akibat ulah gadis itu.

Alex yang awalnya sebal semakin lama justru bertanya pada dirinya sendiri bagaimana bisa dia menganggap Clark sebagai malaikat kegelapan dengan senyumnya yang indah itu.

Beli bukunya di sini >>

4. Hujan Bulan Juni

Menjalani hubungan jarak jauh memang bukan hal mudah bagi pasangan yang menjalaninya. Begitu pula dengan Sarwono yang harus ditinggal kekasihnya, Pingkan, ke Jepang selama dua tahun karena mendapat kesempatan studi di sana.

Sudah dipisahkan oleh jarak, belum lagi kalau ada orang ketiga dan masalah-masalah lainnya. Di saat inilah, keteguhan cinta mereka teruji. Bagaimana keduanya melewati batu sandungan tersebut?

Kisah Sarwono (Adipati Dolken) dan Pingkan (Velove Vexia) dalam film Hujan Bulan Juni ini diangkat dari novel best seller karya pujangga Sapardi Djoko Damono dengan judul sama.

Beli bukunya di sini >>

5. Refrain

Pernah jatuh cinta sama sahabat? Hubungan persahabatan memang mudah goyah karena saking dekatnya, suka muncul percikan-percikan cinta.

Adalah Refrain, salah satu cerita cinta yang bermula dari tali persahabatan antara Niki (Maudy Ayunda), Nata (Afgansyah Reza), dan Annalise (Chelsea Islan). Pada akhirnya, akan ada yang terluka karena harus mengalah.

Namun, enggak selalu akan berakhir sedih kok walaupun harus ada yang tersakiti, seperti kisah Refrain. Film Refrain sejatinya diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Winna Efendi.

6. Critial Eleven

Pertemuan Ale dan Anya terbilang spesial. Untuk pertama kalinya durasi penerbangan yang panjang terasa sebentar. Semenjak itu, Ale dan Anya terus menjalin hubungan sampai ke jenjang pernikahan.

Namun, bukan berarti segala masalah jadi berkurang ketika sudah menikah. Seperti yang dialami oleh Ale dan Anya saja, keduanya jadi tidak harmonis sejak sebuah peristiwa pilu menimpa rumah tangga mereka.

Berjudul Critical Eleven, film tentang kisah jatuh bangun hubungan Ale dan Anya ini merupakan adaptasi dari novel best seller karya Ika Natassa.

Beli bukunya di sini >>

7. Dilan 1990

“Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau nanti sore. Tunggu saja.”

Tahu dong serangkai kalimat mutiara yang diucapkan Dilan ke Milea seperti di atas? Nah, film romantis kedua remaja SMA ini sejatinya berasal dari novel populer karya Pidi Baiq berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990.

Tak hanya novelnya saja yang digandrungi banyak orang, versi filmnya pun berhasil tembus 6,2 juta penonton selama tayang di bioskop.

Makanya, Dilan 1990 menjadi salah satu film romantis adaptasi novel yang patut ditonton. Pun penonton akan disuguhkan momen-momen yang bikin baper dari Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanessa Prisilia sebagai Milea. Sekuel sendiri akan tayang di penghujung Februari 2019.

Beli bukunya di sini >>


Jadi, film romantis mana yang berniat kamu tonton ulang menjelang Hari Valentine? Kalau sebelum nonton kamu juga berniat untuk membaca bukunya, bisa cari langsung di Gramedia.com.


Sumber header foto: Dok. Rapi Films