10 Film Adaptasi Buku Ini Sukses Menembus Oscar

10 Film Adaptasi Buku Ini Sukses Menembus Oscar

. 5 min read

Banyak orang beranggapan bahwa terkadang cerita versi buku lebih menarik ketimbang adaptasi filmnya.

Namun ternyata, sejak digelar pada tahun 1928, sudah banyak sekali film-film adaptasi buku terbaik yang pernah mewarnai perhelatan Academy Awards atau Oscar.

Memangnya, film adaptasi buku apa saja sih yang berhasil menembus nominasi Oscar?

Nggak cuma itu, beberapa filmnya bahkan sukses membawa pulang Piala Oscar termasuk untuk kategori paling bergengsi yaitu Best Picture.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

10. Kramer vs Kramer - Avery Corman

film
Amazon.com

Pernah menonton film Marriage Story yang dibintangi oleh Adam Driver dan Scarlett Johansson? Jika kamu menyukainya, kamu pasti juga akan suka dengan film ini, yaitu Kramer vs Kramer.

Ternyata, film yang dibintangi oleh Dustin Hoffman dan Meryl Streep ini merupakan adaptasi novel berjudul sama yang rilis pada tahun 1977.

Film yang bercerita tentang masalah pernikahan mungkin sudah banyak, namun Kramer vs Kramer tetap menjadi salah satu yang terbaik, karena film ini berhasil meraih 6 Piala Oscar di tahun 1980, salah satunya Best Picture.

Jika ingin menontonnya, film klasik ini tersedia di layanan streaming Netflix, lho!

9. The Martian - Andy Weir

film
Beli bukunya di sini

The Martian menceritakan sosok Mark Watney, seorang astronot yang hidupnya berubah setelah ia tak sengaja tertinggal di Mars, karena rekan-rekannya mengira ia telah tewas dalam badai pasir.

Mark pun sendirian. Tapi, ia tak menyerah. Ia memulai misi untuk bertahan hidup, dan bahkan menyusun rencana gila untuk menghubungi Bumi.

Namun, saat Mark mulai yakin bisa selamat, planet Mars ternyata memiliki banyak rahasia dan kejutan untuknya.

Film ini berhasil mendapatkan 6 nominasi Oscar di tahun 2016, termasuk kategori bergengsi, Best Picture dan sang aktor yaitu Matt Damon masuk nominasi Aktor Terbaik.

8. Q & A - Vikas Swarup

film
Amazon.com

Mungkin kamu masih awam dengan judul buku ini, namun kamu pasti familiar dengan film Slumdog Millionaire, kan?

Benar, buku ini adalah buku yang mengilhami cerita film Slumdog Millionaire yang rilis pada tahun 2008.

Buku karya Vikas Swarup ini, menceritakan kisah tentang seorang anak lelaki yang tumbuh di daerah kumuh Mumbai. Ia mendadak kaya setelah mengikuti sebuah kuis berhadiah.

Slumdog Millionaire diakui sebagai film yang memiliki kisah yang memikat dan menghangatkan hati, yang membuatnya berhasil mendapatkan penghargaan Best Picture di tahun 2009.

Total, film ini berhasil membawa pulang 8 piala Oscars. Good job!

7. The Master of Disguise -  Antonio J. Mendez

film
Beli bukunya di sini

Film Argo merupakan adaptasi dari buku karya Antonio J. Mendez yang ternyata diangkat dari kisah nyata, lho!

Argo bercerita mengenai kedutaan Amerika Serikat di Teheran yang dikepung oleh tentara Iran, dan semua staf dijadikan tawanan. Namun, enam orang berhasil kabur, dan bersembunyi di rumah duta besar Kanada.

Sadar bahwa mereka dapat diburu dan dibunuh setiap saat, anggota CIA bernama Tony Mendez mengusulkan ide bahwa mereka harus menyamar sebagai kru film dari Kanada, yang sedang membuat film berjudul "Argo".

Argo meraih sambutan positif dari penontonnya, dan berhasil meraih tiga penghargaan Oscar di tahun 2012, salah satunya Best Picture.

6. The Silence of the Lambs - Thomas Harris

film
Amazon.com

The Silence of the Lambs yang rilis pada tahun 1988 ini merupakan novel bergenre psychological horror karya Thomas Harris yang berhasil membuat merinding pembacanya.

Berkisah mengenai seorang agen FBI yang menerima bantuan dari Hannibal Lecter, seorang tahanan psikopat, kanibal, dan pembunuh berantai. Ia berusaha untuk menangkap pembunuh berantai lainnya.

Selain menjadi buku best seller nomor satu versi New York Times, filmnya juga berhasil meraih Best Picture di ajang Academy Awards pada tahun 1992.

5. Ready Player One - Ernest Cline

film
Beli bukunya di sini

Ready Player One menceritakan dunia pada tahun 2045, hampir semua orang hidup di dalam ruang realitas virtual bernama The Oasis, diciptakan oleh seorang jenius bernama James Halliday.

Kisah bermula saat Wade Watts, berusaha untuk menelusuri petunjuk untuk menemukan harta atau easter eggs di The Oasis yang ditinggalkan oleh Halliday. Apakah Watts berhasil menemukan harta tersebut?

Novel ini sangat hits saat pertama rilis di tahun 2011, membuat sutradara legendaris Steven Spielberg tertarik mengadaptasinya menjadi film yang berjudul sama.

Filmnya sendiri berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Achievement in Visual Effects.


Baca juga: 4 Fakta Enola Holmes, Kisah Adik Sherlock Holmes


4. No Country for Old Men - Cormac McCarthy

film
Amazon.com

Cormac McCarthy mungkin sudah tidak asing lagi dengan industri film. Empat dari 10 novelnya telah berhasil diadaptasi ke layar lebar, namun hanya No Country for Old Men yang berhasil meraih Piala Oscar untuk kategori Best Picture.

No Country for Old Men berkisah tentang sosok Llewelyn Moss yang tak sengaja menemukan sekotak uang dari sisa-sisa pertempuran sindikat narkoba.

Hal ini membuatnya diburu oleh salah satu anggota dari sindikat narkoba bernama Anton Chigurh. Chigurh berhasil melacak uang yang hilang hingga mengarah kepada Moss. Apakah Moss berhasil lari dari kejaran Chigurh?

3. Little Women - Louisa May Alcott

film
Beli bukunya di sini

Film adaptasi kisah klasik karya Louisa May Alcott ini dibintangi beberapa nama besar, seperti Saoirse Ronan dari Lady Bird, yang juga masuk sebagai nominasi Aktris Terbaik, dan aktris pemain film Harry Potter yaitu Emma Watson.

Berkisah mengenai kehidupan March bersaudara, yaitu Meg, Jo, Beth dan Amy, yang semuanya bertekad untuk menjalani hidup menurut pilihan masing-masing.

Little Women berhasil masuk dalam enam nominasi Oscar, termasuk Best Picture dan Best Adapted Screenplay. Termasuk Greta Gerwig yang masuk nominasi sebagai Sutradara Terbaik.

2. The Godfather - Mario Puzo

film
Beli bukunya di sini

Cerita dari keluarga mafia Don Vito Corleone, serta beragam konflik di antara keluarga mafia lainnya seperti Tattaglia, Barzini, Cuneo, dan Stracci, telah menjadi legenda sampai hari ini.

Tak heran, sama seperti novelnya, film ini sangat laris di masanya, dan berhasil meraih gelar Best Picture pada perhelatan Oscar di tahun 1972.

Mario Puzo, sang penulis novel, ternyata juga ikut berkontribusi dalam penulisan skenario filmnya, lho!

1. The Lord of the Rings: The Return of the King - J.R.R Tolkien

film
Beli bukunya di sini

The Return of the King adalah seri ketiga dan terakhir dalam trilogi Lord of the Rings. Ketiga film adaptasi dari novel fiksi fantasi karya J.R.R. Tolkien ini sangat sukses di pasaran.

Puncaknya, pada film ketiga yang mendapat apresiasi dengan menyabet 11 Piala Oscar di tahun 2004, termasuk penghargaan paling bergengsi, Best Picture.

Tertarik membacanya? Tenang, di Gramedia.com kini telah tersedia lengkap karya-karya terbaik dari J.R.R Tolkien.


Baca juga: Siapa Sangka, 6 Film Terkenal Sepanjang Masa Ini Ternyata Diadaptasi dari Buku


Wah, keren ya film-filmnya!

Terbukti bahwa film adaptasi buku ternyata sama baiknya dengan buku, bahkan bisa jadi lebih bagus, lho.

Temukan berbagai koleksi novel terbaik lainnya, hanya di Gramedia.com!


Photo header by: IMDB.com