10 Film Adaptasi Buku yang Diprediksi Masuk Nominasi Oscar 2019

Academy Awards ke-91 atau juga yang disebut Oscar 2019 akan diselenggarakan pada 24 Februari 2019, di Dolby Theatre, Hollywood, California. Sementara itu, saat ini para pecinta film di berbagai negara pastinya tengah menantikan nominasi film-film yang masuk dalam jajaran calon peraih piala Oscar tahun ini.

Namun, penikmat film di dunia harus bersabar, karena pihak Academy Awards baru akan merilis daftar nominasinya pada 22 Januari 2019. Sementara itu film-film besar seperti Green Book, Bohemian Rhapsody dan juga A Star is Born diprediksi akan bersinar di Oscar tahun ini.

Di luar ketiga film besar tersebut, kira-kira film apa lagi ya yang akan masuk nominasi Oscar 2019? Apakah film-film adaptasi buku seperti Crazy Rich Asians, Mary Poppins Return, Boy Erased, dan beberapa lainnya punya kesempatan?

Berikut, Gramedia.com membuat daftar prediksi dari berbagai situs tentang film-film adaptasi buku yang akan masuk nominasi Oscar 2019.

1. First Man

Film ini hasil adaptasi dari buku karya James R. Hansen, yang berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong. Secara garis besar, buku dan filmnya menceritakan perjalanan Neil ke bulan dengan segala permasalahannya.

Dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai Neil Armstrong, film ini cukup banyak dijagokan menjadi salah satu nominee di ajang Academy Awards ke-91 atau yang juga disebut Oscar 2019.

Beberapa situs, seperti IMDB dan juga thrillist.com menjagokan film ini untuk masuk di beberapa kategori Oscar 2019. Misalkan kategori sutradara terbaik, aktor terbaik, dan skenario adaptasi terbaik.

2. Boy Erased

Film ini diadaptasi dari novel karya Garrard Conley berjudul Boy Erased: A Memoir of Identity, Faith, and Family.

Berkisah tentang seorang anak pendeta yang mengungkapkan bahwa dirinya seorang penyuka sesama jenis. Dia kemudian dikirim ke sebuah program bernama Love in Action, yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin memerbaiki orientasi seksualnya.

Film ini dijagokan banyak situs. Banyak yang memrediksi jika Nicole Kidman, pemeran pendukung wanita di film ini akan masuk jajaran kategori Best Supporting Actress di Oscar 2019. Begitu pula untuk lagu mereka, Revelation yang diprediksi akan masuk nominasi kategori Best Original Song Oscar 2019.

3. The Front Runner

Film arahan sutradara Jason Reitman ini diangkat dari buku berjudul All the Truth Is Out: The Week Politics Went Tabloid karya Matt Bai.

Bercerita tentang kehidupan Gary Hart di tahun 1988. Di mana saat itu dia harus menjalani tugas sebagai senator yang mau tidak mau juga harus menghadapi para pewarta yang kerap menjadikannya obyek pemberitaan.

Film ini dianggap mampu bersaing dengan film besar lainnya. Misalkan saja, seperti dilansir dari Instyle.com, yang memrediksi film ini bisa masuk nominasi Oscar 2019 untuk kategori film terbaik dan aktor terbaik.

4. Crazy Rich Asians

Dianggap menjadi salah satu film alternatif yang membawa angin segar, Crazy Rich Asians, diprediksi beberapa situs akan masuk dalam kategori film adaptasi terbaik dan juga kategori aktris pendukung terbaik.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Kevin Kwan ini membawa kisah cinta super mewah kaum jetset Tionghoa di Singapura.

Film ini nantinya akan dibuat sekuel, sesuai bukunya, yang merupakan trilogi. Kesemuanya masih menceritakan kisah cinta kaum jetset di Asia.

5. Mary Poppins Returns

Apalagi kalau ceritanya bukan tentang seorang wanita pengasuh anak yang datang ke sebuah keluarga dan menggunakan kekuatan sihir untuk mengatasi masalah yang ada.

Yap, itulah inti cerita dari film Mary Poppins Returns yang diadaptasi dari buku berseri dengan judul sama karya PL Travers.

Film ini digadang-gadang akan masuk beberapa kategori inti di Oscar 2019. Misalkan saja kategori aktris terbaik dan juga film terbaik. Belum lagi film ini juga diprediksi akan masuk dalam kategori kostum terbaik dan visual efek terbaik.

6. BlacKkKlansman

Film ini diangkat dari novel yang rilis pada 2014 lalu dengan judul A Memoir Black Klansman karya Ron Stallworth. Disutradarai Spikee Lee, film ini bergenre biografi komedi, dan juga drama.

Dibintangi aktor ternama Denzel Washington, film ini mengangkat kisah isu ras yang hingga kini masih mengelompokkan masyarakat Amerika.

Dengan penggambaran yang apik mengenai perbedaan ras, film ini diprediksi akan masuk dalam beberapa kategori utama Oscar 2019. Misalkan saja film terbaik, sutradara terbaik, dan juga aktor terbaik.

7. Black Panther

Rasanya jarang sekali kisah superhero yang masuk dalam nominasi Oscar. Namun kali ini tak sedikit yang menjagokan Black Panther untuk ikut serta memeriahkan nominasi Oscar 2019.

Film ini diadaptasi dari enam seri komik Marvel, yaitu Black Panther: World of Wakanda, Who is Black Panther, Black Panther 2099, The Original Fantastic Four Comic #52-53, Panther's Rage, dan Black Panther #1-3.

Film ini diprediksi akan memboyong banyak nominasi di Oscar 2019. Misalnya saja untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, skenario adatasi terbaik dan beberapa kategori lainnya.

8. Burning

Burning merupakan film yang diadaptasi dari salah satu cerita pendek karya Haruki Murakami yang berjudul Barn Burning. Barn Burning sendiri merupakan salah satu cerita pendek yang ada di buku kumpulan cerita pendek Haruki Murakami berjudul The Elephant Vanishes.

Berkisah tentang seorang pria yang bertemu dengan seorang wanita, yang ternyata adalah tetangga di masa kecilnya. Suatu saat si perempuan ke luar negeri, dan kembali bersama seorang pria.

Tak lama setelahnya, wanita tersebut menghilang tiba-tiba dan menyisakan tanda tanya besar. Film yang dibintangi oleh Yoo Ah In ini digadang-gadang akan masuk nominasi kategori film berbahasa asing (Korea Selatan) terbaik di Oscar 2019.

9. If Beale Street Could Talk

Berlatar awal tahun 1970-an, film ini berkisah tentang seorang wanita yang berusaha membuktikan kekasihnya tidak bersalah di depan pihak berwajib. Saat itu kondisinya tengah berbadan dua, menantikan anak pertamanya.

Film ini diangkat dari novel berjudul sama, karya James Baldwin. Filmnya pun dibuat serupa dengan jalan cerita di novel yang dibintangi Kiki Layne, Stephan James, Regina King, dan Colman Domingo.

Film ini diprediksi akan masuk dalam beberapa kategori, misalkan saja film terbaik, sutradara terbaik, serta aktris pendukung terbaik.

10. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Film yang satu ini diprediksi akan menjadi salah satu nominee dalam kategori film animasi terbaik. Rasanya pun film ini sangat kuat untuk menjadi pemenang, pasalnya film ini menang di Golden Globe 2019, untuk kategori film animasi terbaik.

Film animasi satu ini dibuat berdasarkan komik Marvel seri Miles Morales / Spider Man. Film ini diproduksi Colombia Picture dan Sony Pictures Animation dan dirilis pada Desember 2018 lalu.


Dari film-film tersebut yang mana yang kamu jagokan? Atau jangan-jangan baru tahu nih kalau film-film di atas adalah hasil adaptasi buku.

Buat yang baru tahu, yuk dibaca juga bukunya biar saling melengkapi cerita filmnya. Jangan lupa pesannya di Gramedia.com ya.


Sumber header foto: Pride.com