5 Film Adaptasi Novel Indonesia yang Bisa Kamu Tonton di Netflix

. 2 min read

Siapa bilang di Netflix isinya cuma film-film barat? Film-film berkualitas dari Indonesia juga banyak yang masuk Netflix, lho! Seperti Galih dan Ratna, Ada Apa Dengan Cinta, Eiffel I’m in Love, dan masih banyak lagi.

Bahkan film terbaru dari Timo Tjahjanto yang dibintangi oleh Joe Taslim dan Iko Uwais, The Night Comes for Us, juga hadir di Netflix dan menjadi film orisinal Netflix pertama dari Indonesia. Ada yang sudah nonton? Atau mau pemanasan dengan film Indonesia lainnya dulu?

Film-film adaptasi novel Indonesia yang masuk ke Netflix ini bisa jadi salah satu pilihanmu. Ini dia daftar 5 film Netflix yang lahir dari novel Indonesia.

1. Gie

Gie merupakan film adaptasi dari buku Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran yang terbit pada 2005. Film ini pun segera diangkat ke layar lebar dengan menggandeng Nicholas Saputra sebagai Gie. Gie menjadi salah satu film Indonesia yang cukup membanggakan.

Pada 2005, film garapan Riri Riza ini memenangkan Piala Citra untuk kategori Film Bioskop Terbaik. Bagi kalian yang belum nonton atau ingin kembali bernostalgia, film Gie bisa kalian nikmati di Netflix.

Sudah pernah nonton? Atau mungkin ingin nonton lagi?

2. 5cm

Novel mega best seller karya Donny Dhirgantoro, 5cm, juga diangkat ke layar dan mendapat antusiasme yang luar biasa.

Bercerita tentang 5 sekawan, yang diperankan oleh Herjunot Ali, Denny Sumargo, Fedi Nuril, Saykoji, dan Raline Shah ini kini dapat disaksikan di Netflix. Film ini termasuk film Indonesia yang wajib kamu tonton!

3. Sang Pemimpi

Sudah baca Laskar Pelangi? Novel ini merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diadaptasi ke layar lebar.

Diproduksi pada tahun 2008, film ini mencatatkan diri sebagai film Indonesia terlaris ketiga sepanjang masa dengan raihan 4,7 juta penonton. Film ini sangat cocok untuk kamu yang mencari film inspiratif yang sarat akan makna kehidupan.

4. Filosofi Kopi

Selanjutnya ada Filosofi Kopi! Sekarang kalian bisa berulang kali menonton film adaptasi novel karya Dee Lestari karena kini sudah hadir di Netflix.

Untuk kalian pecinta kopi, jangan hanya tahu berbagai coffee shop aja, kenalan juga dengan seluruh kopi Indonesia melalui film ini.

5. Tenggelamnya Kapal van der Wijck

Tenggelamnya Kapal van de Wijck juga merupakan film adaptasi novel dengan judul yang sama. Usut punya usut, novel yang ditulis mendiang Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka ini ditulis berdasarkan kisah nyata.

Film ini pun menjadi salah satu film terlaris yang tayang di tahun 2013 dan berhasil masuk dalam nominasi penghargaan film. Untuk yang belum sempat nonton filmnya, bisa banget nih sekarang nonton di Netflix.


Itu dia 5 film Netflix yang hadir dari adaptasi novel Indonesia. Jangan nonton yang dari luar negeri aja, dukung juga perfilman Indonesia ya, Grameds!

Buat kamu yang belum baca bukunya, kamu bisa mencarinya di Gramedia.com.


Sumber header foto: IMDB