Ajak Si Kecil Membaca dengan Buku-buku Parenting Pilihan September

Ajak Si Kecil Membaca dengan Buku-buku Parenting Pilihan September

. 4 min read

Membaca merupakan proses yang melibatkan aktivitas pendengaran dan penglihatan. Dengan membaca, anak akan mampu memahami dan mencerna informasi. Permasalahannya, sebagai orang tua mampukah kita mengajarkan anak membaca dengan baik?

Berbagai metode pengajaran telah dikembangkan untuk mengajarkan si kecil mengenal alfabet sejak dini, tentunya didukung dengan cara yang lebih fun dan mudah dicerna si kecil.

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan, karena jika sampai si kecil tertekan akan berdampak buruk dan malah mengubur semangat belajar mereka.

Berikut ini Gramedia.com berikan 7 rekomendasi buku parenting pilihan di bulan September 2018 untuk mengajak si kecil membaca dengan cara menyenangkan.

1.Board Book Pertamaku: ABC Pertamaku

apple

Board Book yang disusun dan diterbitkan PT Elexmedia Koputindo ini berisi kumpulan huruf alfabet yang sudah didesain dengan menarik agar anak dapat penasaran dan mau belajar dengan penuh antusias.

Buku ini adalah buku dasar belajar membaca, karena jika kita ingin bisa membaca kita tentu harus mengenali huruf-huruf alfabet terlebih dahulu. Bagaimana bentuknya bagaimana cara pengucapannya. Buku ini sangat direkomendasikan untuk para orang tua yang sedang mencari buku panduan memperkenalkan si kecil dengan huruf-huruf alfabet.

2. Smart Baby Set: Number, Alphabet,Colors, and Vehicles

Smart Baby Set: Number, Alphabet,Colors, and Vehicles

Selain huruf alfabet, dalam belajar membaca kita juga harus mengajak anak belajar mengenal angka, alfabet, warna, dan kendaraan dengan Smart Baby Set. Produk ini terdiri dari 4 buah board book dengan ukuran bervariasi dan dua bahasa. Dapatkan juga seri lainnya berjudul hewan dan objek besar, tinggi, kecil, dan panjang.

3. Dongeng 7 menit: 7 Cerita Pengantar Tidur

Dongeng 7 menit: 7 Cerita Pengantar Tidur

Si kecil hampir bisa membaca? Inilah saatnya memahirkan sembari menanamkan kemampuan dan kebiasaan membacanya dengan mengajak anak untuk membaca dongeng 7 menit ini sebelum tidur.

Buku ini akan menjadi teman belajar membaca yang pas, ringan, menarik, dan cocok untuk dibaca bersama dengan orang tua sebelum tidur. Anak akan dapat semakin mahir dan bersemangat dalam membaca, begitu juga dengan hubungan orang tua dan anak akan menjadi lebih dekat serta tidur pun akan lebih nyenyak.

Penulis di balik buku Kumpulan Dongeng ini adalah seorang penulis novel bernama Clara Ng. Tujuh Cerita dongeng yang ada di dalam buku ini adalah Kancil yang Baik, Mata Buaya, Bugi Hiu Suka Senyum, Ketahuan, Padi Merah Jambu, Upik Bermain Bola, Wayang Sebelum Tidur.

4. Abacaga: Cara Praktis Belajar Membaca untuk anak

Abacaga: Cara Praktis Belajar Membaca untuk anak

Selanjutnya ada buku Abacaga karangan Jazuli, Budiman, dan Tri Wahyu R.N. Buku ini cocok untuk para orang tua yang memiliki anak sulit fokus dalam waktu lama saat belajar membaca. Karena buku ini memang dirancang untuk dilakukan 10 menit sehari. Dengan menggunakan metode “stepping stone” buku ini mengajarkan anak belajar membaca secara runut dan sistematis.

Terdiri dari 6 tahapan belajar membaca yang disusun sesuai dengan kemampuan anak untuk memahami kata, baik secara visual maupun pelafalannya. Pola pembelajaran dan materinya pun lebih variatif, sehingga anak tidak bosan dan secara tidak langsung penguasaan kosakata anak akan bertambah.

Dilengkapi kartu “abacaga” yang menarik, buku ini cocok digunakan sebagai pengetahuan dasar belajar membaca. Kartu ini akan merangsang minat anak untuk belajar membaca melalui pengenalan abjad yang dibantu dengan menganalogikan nama benda yang ada di sekeliling kita, sehingga akan mudah diingat.

5. AIUEO Cara Cepat Belajar Membaca

apple

Lewat buku karya Anini Adi Seta ini, anak akan diajak belajar membaca tanpa stres ataupun bosan. Sebab penyusunan materi dalam buku ini disusun berdasarkan tahap perkembangan anak yaitu dengan perpaduan gambar dan warna yang menarik, latihan yang mudah dan menyenangkan, serta adanya rapor untuk melihat perkembangan belajar anak.

Jadi bagi para orang tua tenang saja, anak-anak tidak akan merasa tertekan saat belajar membaca melalui buku ini. Yang ada, anak akan menikmati setiap materi yang disajikan. Selain itu, dalam buku ini juga disertakan materi tentang mengenal angka dan logika penambahan dan pengurangan sederhana.

6. Dipi Dino Card and Rope- Alphabet A to Z. Inggris-Indonesia

apple

Si kecil memiliki imajinasi yang tinggi? Atau suka dengan karakter dinosaurus? Jika ya, buku card and rope ini bisa menjadi pilihan orang tua untuk si kecil. Buku ini memberikan inovasi baru belajar membaca. Dikemas dengan perpaduan antara gambar, warna, kartu, dan tali. Buku ini memudahkan dan memotivasi anak dalam mempelajari alphabet dan nama binatang. Sehingga si anak termotivasi untuk belajar dan membaca dengan aktivitas menyulam tali membentuk huruf.

7. Metode Cepat Dan Mudah Belajar Membaca Tanpa Mengeja

apple

Buku ini memberikan alternatif metode pengajaran membaca suku kata untuk si kecil. Buku ini disusun diawali dengan memperkenalkan suku kata vokal a-i-u-e-o kemudian berlanjut ke suku kata ba-bi-bu-be-bo dan selanjutnya hingga ke suku kata yang diawali oleh za-zi-zu-ze-zo. Sampai akhirnya nanti si kecil dapat membaca kata dan kalimat.

Metode ini diharapkan memudahkan anak belajar membaca, sehingga membaca pun dapat menjadi aktivitas menyenangkan.


Jika orang tua dapat membimbing anak mendalami materi buku-buku di atas sesuai langkah dan instruksi yang ada, pastinya si kecil dapat lebih lancar membaca, mengenal angka, serta memiliki motivasi membaca buku yang tinggi.

Segera dapatkan koleksi buku-buku di atas dan juga buku-buku parenting pilihan lainnya di Gramedia.com.

Selamat mendampingi putra-putrimu belajar membaca!


Header image source: Muslimah.co.id