Daftar Buku-Buku Keren untuk Merayakan Ulang Tahun Jakarta

Daftar Buku-Buku Keren untuk Merayakan Ulang Tahun Jakarta

. 7 min read

Novel baru dibaca,

mata melek sampe jam dua.

Eh kagak kerasa,

Jakarta udah makin mateng usianya.

Kagak nyangka emang nih, Jakarta udah hampir 500 tahun jadi tempat banyak orang dari berbagai daerah, untuk berkeluarga, bekerja, bersukacita, dan lain sebagainya. Di tahun ke 494 ini, sayangnya kita masih di masa pandemi. Bahkan di bulan Juni 2021, kasusnya makin meningkat di Jakarta.

Logo dari perayaan ulang tahun Jakarta tahun ini pun mengusung tema “Jakarta Tangguh” sebagai rasa untuk meningkatkan semangat warga di masa pandemi. Sedangkan maknanya, tentang Jakarta dan seluruh warga yang beragam harus bersatu memberi harapan dan mimpi untuk membangkitkan Jakarta.

Daripada kite sedih-sedih, Admin mau ngabarin yang bikin gembira-gembira aja. Karena spesial HUT Jakarta, promo GAMPAR alias Gajian Menggemparkan di Gramedia.com bulan ini kagak cuma kasih diskon sampe 25% aja, tapi ade juga gratis ongkir Rp 10 ribu!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut!

Kan kite kagak boleh kemana-mana nih, pada belanja online dah’ sekarang. Banyak buku best seller yang bermanfaat banget buat ngisi waktu di rumah.

Ini dia daftar buku keren yang usefull dan Jakarta banget!

Pertama, bukunya bisa buat ngetawain hal-hal yang relate banget sama kehidupan keras warga ibu kota. Dipenuhin sama ilustrasi-ilustrasi lucu yang nggak bikin bosen buat dibaca.

Overheard Jakarta

overheardBeli Sekarang!

Hiburan lewat baca komik lokal tentang sepak bola juga nggak kalah seru nih. Sekolah Sepak Bola atau SSB Praja Garuda, mempunyai kapten bernama Riga, yang setelah kekalahan tim, ia juga putus cinta, dan dihadapkan pada perceraian orangtuanya. SSBnya mendadak ditutup juga lagi.

Tapi Coach Galang tetap berusaha mempertahankan program beasiswa dengan tetap melatih Riga dan 4 siswa anak pedalaman di lapangan liar, karena lapangan mereka disegel. Akankah mereka berhasil melewati rintangan dan membangun kembali SSB?

Garuda Eleven 01

garudaBeli Sekarang!

Kedua, kita semua tahu banyak pendatang dari luar Jakarta yang cari pundi-pundi di sini. Tentunya mereka butuh tempat tinggal sementara dong? Nah, buku ini bakal ngajarin kamu cara punya bisnis autopilot, alias jadi juragan kosan dan kontrakan!

Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti 'Kost'

rahasiaBeli Sekarang!

Ketiga, sesuai dengan program pemerintah provinsi DKI Jakarta yaitu, Jakarta Sadar Sampah untuk mengajak warga melakukan aksi Kurangi, Pilah dan Olah (KuPiLah) untuk merubah perilaku warga jadi lebih sadar terhadap lingkungan hidup.

Buku ini bisa bikin kamu lebih hemat dan meraup tambahan pundi-pundi dengan cara mengurangi sampah aja! Caranya gimana tuh cuma ngurangin sampah eh malah jadi nambah penghasilan dan lingkungan jadi lebih hijau? Cek dari buku di bawah ini ya!

Hemat (Sampah) Pangkal Kaya

hematBeli Sekarang!

Keempat, bisa ngajak kamu loncat ke Jakarta di tahun 2040! Ini gara-gara si Ilyas yang belajar alam semesta dan gimana cara menciptakan manipulasi waktu. Sampai dia ngerasain manipulasi waktu itu jadi kerasa nyata, dan malah ngerusak hubungan cintanya dengan Alisa di tahun 2015, lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040.

Ilyas sampai bingung sama perjalanan distorsi waktunya. Gimana tuh jadinya? Baca langsung yak di bukunya!

Destination: Jakarta 2040

destinationBeli Sekarang!

Bukan hanya bisa bawa kamu ke masa depan Jakarta, tapi juga ke masa lalunya. Pergi ke Jakarta di tahun 1960-an, menilik cerita seru dan menegangkan kala itu lewat buku harian Dana.

Ada cerita tentang pesta yang didatangi polisi, karena memutar lagu-lagu The Beatles, jalanan ke Monas yang masih dibangun, suara tembakan dan mencekamnya Jakarta setelah 30 September, hingga berkenalan dengan Soe Hok Gie. Penasaran? Cusss, baca buku di bawah ini!

The Diary of Time

theBeli Sekarang!

Penasaran sama kisah dari novel pemenang Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2014? Ada nih, buku karya dari Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie tentang drama yang biasa terjadi di ibu kota. Tentang kekerasan rumah tangga hingga ketidakpeduliaan dengan keluarga.

Berkisah tentang Ava dan keluarganya yang pindah ke Rusun Nero yang kumuh, setelah Kakek Kia meninggal. Kakeknya meninggalkan warisan yang banyak, namun papanya tidak menggunakannya dengan semestinya. Papanya memanggil dia Saliva atau ludah karena menganggapnya tidak berguna. Kakeknya pernah memberi Ava kamus dan membuatnya pintar berbahasa Indonesia. Ava juga bertemu dengan anak laki-laki bernama P dan menjadi awal petualangan mereka yang sangat mengejutkan!

Di Tanah Lada

diBeli Sekarang!

Kelima, kamu bisa dapetin cuan di rumah dengan berbagai cara yang menguntungkan! Hal ini sejalan dengan usaha pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam mengedepankan pelaku UMKM yang terus berinovasi dan berkelanjutan.

Nah, dari buku ini kamu akan diberitahu lebih dari 30 cara kreatif yang bisa menghasilkan uang, hanya dengan dilakukan di rumah saja. Mulai dari membuka toko online, budi daya ikan hias, menjadi penulis, membuka jasa kursus, dll. Langsung saja belajar dari buku di bawah ini ya.

Moneypedia

bukuBeli Sekarang!

Mau coba jualan makanan juga? Bisa dong! Langsung curi resep dari Mak Frida yang seneng banget eksperimen bikin cemilan enak dan manis. Ada banyak resep enak dilengkapi dengan teknik masak, teknik jualan, dan tips masak lainnya!

Resep Simple Frida 2

resepBeli Sekarang!

Masih ada 100 resep jajanan lainnya yang so pasti lezat dan laris di pasaran! Semuanya resep andalan seperti cake tradisional, cookies, snack gurih dan manis, serta aneka dessert yang segar.

100 Resep Makanan Laris Dijual Ala Dapur Mak Evi

resepBeli Sekarang!

Keenam, bikin kamu makin jago main saham dan raup banyak keuntungan! Kamu akan diajarkan jadi investor yang baik, dan makin paham sama seluk beluk pasar modal, nggak cuma ngerti cara baca laporan keuangannya aja.

Dengan membaca buku ini, kamu akan dijelaskan cara mencari emiten idaman yang bisa membuat kita meraih keuntungan dengan risiko seminimal mungkin!

Millennial Investing

millenialBeli Sekarang!

Ketujuh, bisa buat kamu tahu di mana aja bakmie terlezat yang ada di Jakarta. Aduh, mana mungkin kan kita nolak enaknya makan mie. Buku ini menampilan 5 tempat mie legendaris, 40 mie halal, dan 60 mie non halal, dikelompokkan berdasarkan wilayah, sesuai dengan selera atau lokasi terdekat.

Nggak lagi bingung makan bakmie di mana, karena sudah tahu rekomendasi dari Tirta Lie sang Pengunjung dan Peresensi Rasa Mi Terbanyak dari rekor MURI. Dijamin lezat!

Tirta Lie 100+ Bakmi Terlezat di Jakarta

tirtaBeli Sekarang!

Kamu juga bisa lho bikin sendiri bakmie ala kamu, lewat buku resep dari Chef Miss Lee. Dalam bukunya ada puluhan resep chinese food andalan yang jadi favorit customer dan keluarganya. Terdiri dari 7 kategori, yaitu mie, nasi, daging, ayam, seafood, sayur, dan dessert.

Chinese Restaurant at Home Ala Miss Lee

chineseBeli Sekarang!

Kedelepan, kamu bisa bernegosiasi dengan anak, adik, keponakan, sepupu, dan ke anak tetangga. Buku ini mengajarkan strategi untuk menghadapi si kecil, dan membantu kamu tentang gimana cara “menaklukkan” anak agar mereka mau diajak bicara, mendengarkan, mengikuti arahan kita, dan memahami tentang apa yang kita mau.

Seni Bernegosiasi dengan Anak

seniBeli Sekarang!

Kamu juga bisa ngajak si kecil untuk belajar menulis, menebalkan dan melengkapi huruf, sekaligus belajar macam-macam budaya Indonesia lho!

Belajar Huruf Sambil Mengenal Indonesia

belajarBeli Sekarang!

Kesembilan, kamu bisa bebas dari stress karena hiruk pikuk hidup di Jakarta. Hidup kagak lagi jadi beban dan bisa kita nikmati. Baca aja langsung buku ini yang ngasih 365 pilihan aktivitas dari pagi sampe malem, bisa dilakuin di mana aja, pokoknya yang bikin kamu tetap tenang di tengah segala ketergesa-gesaan, yang tetap bisa berpikir jernih meski dikepung banyak tekanan. 😌👍

365 Jurus Anti-Stress

tigaratusenampuluhlimaBeli Sekarang!

Kesepuluh, bisa buat kasih kado ke temen yang baru aja punya anak. Dijamin temen kamu makin sayang, karena kamu memberikan buku informatif seputar panduan lengkap merawat anak umur 0-24 bulan.

Dari tentang ASI dan MPASI, tips praktis bermain bersama si kecil, peran keluarga dalam pengasuhan anak, hingga tentang kesehatan mental ibu. Buat para kamu para orang tua baru, juga cocok banget untuk memiliki buku ini!

Because This is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak

becauseBeli Sekarang!

Nah, itu dia daftar buku-buku yang bisa banget kasih kamu berbagai manfaat dalam menyambut hari ulang tahunnya kota Jakarta. Ditemenin sama promo GAMPAR dari Gramedia.com, kamu bisa beli buku-buku tersebut dengan diskon menggiurkan dan nggak mikirin ongkir lagi.

Nyok, bareng-bareng kite baca buku! Nyok!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com