Dari Kurt Cobain hingga Jokowi, Ini 8 Buku Biografi Paling Diburu Januari 2019

. 4 min read

Dalam hidup ini, tidak jarang beberapa dari kita menjadikan orang lain sebagai sosok yang memberikan inspirasi hidup. Mulai dari orangtua kita sendiri, selebriti Tanah Air ataupun mancanegara, sampai tokoh-tokoh dunia.

Saking menginspirasinya sosok-sosok tersebut, kisah perjalanan hidup beberapa di antaranya bahkan diterbitkan ke dalam buku yang masuk dalam kategori buku biografi.

Di bulan Januari 2019 kemarin pun, ada sejumlah buku biografi yang banyak digemari. Berikut adalah 8 buku biografi best seller pada bulan Januari 2019 versi Gramedia.com.

8. Alex Ferguson, Autobiografi Saya - SpesialFootball

Bagi pecinta sepak bola, barang tentu sudah tahu Alex Ferguson. Ialah sosok yang telah menelurkan dan membina sejumlah pemain sepak bola berkualitas, seperti David Beckham dan Ryan Giggs.

Bersama Alex Ferguson pula, Manchester United (MU) meraih kejayaan selama 27 tahun dirinya menjabat sebagai pelatih di klub sepak bola asal Inggris tersebut. Hingga pada tahun 2013, beliau memutuskan untuk pensiun.

Perjalanan hidup Alex Ferguson dalam dunia sepak bola pun dibagikan dalam buku yang ditulisnya sendiri dengan judul Alex Ferguson, Autobiografi Saya - SpesialFootball.

BUKU BIOGRAFI

7. 101 Cara Kreatif Ala Steve Jobs

Steve Jobs memang telah tiada, tetapi karyanya masih terus mendapat ruang dalam kehidupan kita. Tengok saja inovasinya di dunia teknologi yang melahirkan perusahaan Apple Inc.

Semasa hidupnya, Steve Jobs juga mengambil peran penting dalam menyukseskan Pixar Animation Studios dan menjadi salah satu BOD di The Walt Disney Company sejak Pixar dibeli Disney.

Ingin tahu bagaimana sosok yang dikenal juga sebagai salah satu inovator dalam dunia teknologi ini bisa mencapai kesuksesannya? Telusuri saja dalam buku 101 Cara Kreatif ala Steve Jobs karya Saad Pamungkas.

BUKU BIOGRAFI

6. Johnny Darmawan Cerita Tentang Etos Bisnis

Seseorang sejatinya butuh etos kerja untuk bertahan dalam dunia kerja. Begitu pula para pengusaha yang memerlukan etos bisnis sebagai bagian penting dalam memajukan bisnisnya.

Dengan mengedepankan etos bisnis, Johnny Darmawan menjadi salah satu sosok di balik keberhasilan penjualan di PT Toyota-Astra Motor (TAM). Alhasil, beliau dipercaya untuk menjabat sebagai presiden direktur PT TAM selama 12 tahun.

Apa sebenarnya etos bisnis menurut Johnny Darmawan? Lalu, bagaimana sebenarnya perjalanan karir beliau sampai sesukses sekarang? Temukan jawabannya dalam buku biografi Johnny Darmawan Cerita tentang Etos Bisnis karya Herman Effendi.

BUKU BIOGRAFI

5. Heavier Than Heaven

Bagi kamu para pecinta musik rock, mungkin kenal dengan Kurt Cobain. Ya, dia adalah vokalis Nirvana, band rock terkenal asal Amerika Serikat.

Namun, Kurt Cobain meninggal dunia akibat bunuh diri pada tahun 1994. Pada waktu itu, ia memang sedang dalam kondisi terpuruk karena kecanduan obat-obatan terlarang. Bahkan sempat beberapa kali overdosis dan kabur dari tempat rehabilitasinya.

Bersumber pada lebih dari 400 wawancara, lirik lagu, hingga buku harian Kurt Cobain, Charless R. Cross pun mengguratkan kisah luar biasa Kurt Cobain semasa hidup yang dibungkus dalam buku berjudul Heavier Than Heaven.

BUKU BIOGRAFI

4. Ciputra: The Entrepreneur - Passion of My Life Ciputra

Siapa yang tidak kenal Ciputra? Beliau adalah seorang insinyur lulusan ITB sekaligus salah satu pengusaha properti sukses di Indonesia. Ia pun masuk dalam daftar 50 besar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018 menurut Forbes.

Namun, segala kesuksesan Ciputra tidak diperoleh semudah membalikkan telapak tangan. Beliau berasal dari keluarga sederhana yang ternyata memulai usahanya sebagai konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Seperti pengusaha lain, Ciputra juga mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Kisah perjalanannya dalam berkarier pun dirangkum dalam sebuah biografi berjudul Ciputra: The Entrepreneur - Passion of My Life Ciputra karya Alberthiene Endah.

BUKU BIOGRAFI

3. Bunda Teresa, Inspirasi dari Seorang Perempuan Penyayang**

Bunda Teresa merupakan salah satu tokoh yang dikagumi atas dedikasinya untuk menolong orang miskin, yatim piatu, dan sakit bahkan sekarat di India.

Sampai sekarang, misi-misi kemanusiaannya masih terus dilanjutkan oleh Missionaries of Charity atau Misionaris Cinta Kasih yang didirikan Bunda Teresa sendiri pada tahun 1950.

Tertuang dalam buku karya Anom Whani Wicaksana berjudul Bunda Teresa, Inspirasi dari Seorang Perempuan Penyayang, kisah hidup Bunda Teresa seraya memberi inspirasi kepada siapapun pembacanya.

BUKU BIOGRAFI

2. Bapakku Indonesia

Pernah baca buku Re:, peREmpuan, atau mungkin karya lain dari Maman Suherman?

Pada tahun 201u, pria yang dikenal dengan panggilan Kang Maman ini ternyata telah menerbitkan sebuah biografi. Kang Maman bukan menulis biografi dirinya sendiri, melainkan ayahnya sebagai sosok tercinta yang sangat dihormatinya pula.

Berjudul Bapakku Indonesia, Kang Maman menceritakan bagaimana sang Ayah mengajarkan segudang pembelajaran dalam hidupnya. Pun bahwa tak hanya sosok ibu yang perlu anaknya kasihi, tetapi juga potret seorang ayah.

BUKU BIOGRAFI

1. Jokowi Menuju Cahaya

“Saya ingin membangun Indonesia dengan adil. Pembangunan harus menghampiri rakyat di sudut mana pun. Pembangunan yang tak hanya menyejahterakan, tapi juga menyatukan kita.”

  • Joko Widodo

Hingga kini, Indonesia memang terus mengalami pembangunan di penjuru negeri sejak beliau menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014. Mulai dari pembangunan LRT dan MRT, sampai pelabuhan baru.

Ingin mengenal sosok Jokowi lebih jauh lagi? Temukan langsung dalam buku Jokowi Menuju Cahaya karya Alberthiene Endah yang sebelumnya sudah banyak menerbitkan buku biografi sejumlah tokoh-tokoh ternama di Indonesia.

BUKU BIOGRAFI


Itu dia 8 buku biografi best seller di bulan Januari 2019 kemarin. Sosok mana yang paling jadi inspirasi untukmu?


Sumber header foto: Thenation.com