Daftar Buku J.K. Rowling Selain Harry Potter yang Tak Kalah Sukses

Daftar Buku J.K. Rowling Selain Harry Potter yang Tak Kalah Sukses

Ketenaran nama Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling seperti sudah melegenda. Rasanya tidak mungkin jika ada yang tidak mengetahui karya besarnya, Harry Potter.

Predikat miliarder pun berhasil ia sandang dari novel fiksi Harry Potter yang bahkan sudah membahana judulnya ke delapan film blockbuster.

Menjadi penulis sudah menjadi cita-citanya sejak kecil, meskipun semula tidak didukung oleh kedua orangtuanya, namun apa mau dikata? Menulis telah mendarah daging dalam dirinya.

Inspirasi dalam menulis kisah Harry Potter pun ia dapati melalui kejadian yang unik. Idenya muncul ketika Rowling sedang duduk di kereta dan memandangi segerombolan sapi melalui jendela. Unik banget kan, Grameds?

Tapi J.K. Rowling tidak hanya menulis tentang Harry Potter yang merayakan perayaan 20 tahunnya sejak film pertamanya tayang, dengan membuat acara reuni bersama para pemainnya bertajuk Harry Potter 20th Aniversary: ​​Return to Hogwarts di awal tahun 2022 ini.

Selain Harry Potter dan buku prekuelnya Fantastic Beasts, J.K. Rowling juga menulis buku-buku lain bahkan dengan genre yang berbeda, apa saja bukunya? Check them out!

Karya-Karya J.K. Rowling Selain Harry Potter yang Tak Kalah Sukses

1. Cormoran Strike

Tidak melulu soal penyihir, pada 2013 Rowling menunjukkan kemampuannya dalam menulis novel kriminal melalui novel yang diberi judul Cormoran Strikes.

JK ROWLING
Baca Bukunya di Sini!

Bersama dengan asistennya Robin Ellacott, detektif Strike akan memecahkan kasus yang hadir bersama lika-liku kehidupan keduanya. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ini adalah novel karya Rowling karena ia menggunakan nama pena Robert Galbraith.

Sampai dengan tahun 2020, novel ini telah memasuki seri kelima. Seri pertamanya berjudul The Cuckoo’s Calling, dilanjutkan secara berurut dua tahun berikutnya berjudul The Silkworm dan Career of Evil. Kemudian seri keempat Lethal White di tahun 2018 dan Troubled Blood pada 2020 yang masuk ke dalam jajaran novel best seller.

Keempat novel ini pun telah diadaptasi ke dalam serial televisi dengan judul Strike. Setelah terbit seri kelimanya, apakah pihak produksi juga tengah menyiapkan lanjutan serialnya juga? Sebelum nonton serialnya pasti lebih seru kalo baca dulu bukunya!

2. Very Good Lives (Hidup yang Sangat Baik)

Pidato yang begitu menggugah pernah disampaikan oleh J.K. Rowling pada 2008 di Harvard University. Very Good Lives merangkum pidatonya saat itu. Di dalamnya, tercurah kumpulan kata-kata bijak Rowling untuk mereka yang sedang berada di titik yang sulit, titik di mana perubahan harus terjadi dan mengubah hidup mereka.

JK ROWLING
Baca Bukunya di Sini!

Very Good Lives akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kehidupan, agar kamu dapat melalui segala kegagalan dengan menggunakan imajinasi dan mewujudkannya sehingga berguna bagi diri dan orang lain.

Seperti kita tahu, seorang J.K. Rowling bukan hanya menarik karena kisah-kisah petualangan yang ditulisnya, kisah  hidupnya pun sarat akan perjuangan dengan segala tantangan yang dilaluinya.

Baginya kegagalan dan imajinasi adalah alasan bagi inovator menciptakan inovasi yang dulunya dianggap mustahil. Kesuksesan bukan terletak dari apa yang didapatkan, tapi apa yang sudah dilalui, sehingga kesuksesan itu berarti.

Kamu bisa baca versi e-booknya di sini >>> Very Good Lives

3. Quidditch: Through The Ages (Dari Masa ke Masa)

Para Potterhead tentunya tidak asing dengan Quidditch, salah satu liga besar yang dimainkan dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince.

Dalam ceritanya, Quidditch: Through The Ages atau Quidditch: dari Masa ke Masa merupakan salah satu buku di perpustakaan Hogwarts yang paling digemari siswanya.

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Rowling pun menyadari bahwa di dunia nyata buku itu juga digemari oleh para Potterhead, sampai kemudian terbitlah buku ini untuk para ‘Muggle’.

Dengan Imajinasi yang luar biasa dari J.K. Rowling, Quidditch: Dari Masa ke Masa yang telah terbit sejak 2001 ini dengan lengkap mengupas tuntas segala hal tentang Quidditch.

Mulai dari asal-usul, aturan main, taktik, peralatan yang digunakan, nama-nama tim, sampai nama jawara dalam laga Quidditch.

4. The Tales of Beedle The Bard (Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita)

Masih seputar buku dalam kisah Harry Potter, Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita merupakan buku cerita pengantar tidur yang begitu terkenal dalam keluarga penyihir.

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Mulanya buku ini tertulis dalam aksara Rune yang kemudian diterjemahkan oleh Hermione Granger. Buku yang telah terbit sejak 2008 ini diwarnai juga dengan ilustrasi yang dibuat sendiri oleh J.K. Rowling.

Di dalamnya tertulis lima kisah dongeng yang lengkap dengan selipan informasi rahasia dari Profesor Albus Dumbledore mengenai kehidupan di Hogwarts.

Tetap dengan pesan moral dalam tiap kisahnya, buku ini akan membawamu ke dunia yang berbeda seperti halnya ketika membaca buku-buku Harry Potter. Kira-kira informasi rahasia seperti apa ya, yang ada di dalamnya?

5. Fantastic Beasts and Where to Find Them (Hewan-Hewan Fantastis dan di Mana Mereka bisa Ditemukan)

Buku ini merupakan kitab wajib para penyihir. Pasalnya, tiap rumah penyihir harus memiliki buku ini untuk dapat mempelajari di mana mereka dapat menemukan hewan-hewan menakjubkan itu dan bagaimana harus bertindak saat bertemu. Beruntunglah kini kalian para ‘Muggle’ berkesempatan untuk memilikinya juga!

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Sekarang kalian bisa mengetahui, di mana Quintaped hidup, atau makanan kesukaan Puffskein dan fakta mengapa kalian tidak boleh menyisakan susu untuk Knarl.

Dengan ilustrasinya yang eye catching, kamu akan dibuat semakin kagum dengan hewan-hewan imajinasi ciptaan J.K. Rowling. Ditambah ada coretan khas anak sekolah dari Harry dkk di dalamnya, serasa jadi murid Hogwarts, nih!

6. The Casual Vacancy

Terbit pada 2012, The Casual Vacancy dilahirkan J.K. Rowling untuk kategori dewasa. Namun tetap dengan ciri khasnya dalam menulis fiksi, ia membuat kisah yang berbeda, keluar dari citra melekat tentang dunia sihir Harry Potter.

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Casual Vacancy akan bercerita tentang perang. Si kaya dengan si miskin, istri dengan suaminya, para remaja dengan orangtuanya, guru dengan muridnya, di Pagford. Kota kecil yang semula digambarkan sebagai kota ideal di Inggris yang tentram dan damai, namun ternyata keruh di dalam. Kota ini seakan hidup segan mati tak mau, dan semua bermula ketika Barry meninggalkan kursi kosong di dewan kota.

7. Petualangan Jack dan Piggy Natal

Apa yang kamu rasakan saat kehilangan boneka kesayangan saat kecil dahulu? Kamu bakal menangis, mengamuk, atau meminta boneka pengganti yang baru?

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Satu lagi cerita karangan J.K. Rowling yang sayang untuk kamu lewatkan! Bercerita tentang Jack yang berusahan menemukan boneka kesayangannya yang hilang, setelah mengalami banyak hal yang sangat berat.

Jack menunggu hingga malam semakin gelap agar ia bisa menyelinap keluar rumah untuk mencari boneka kesayangannya. Tak disangka, saat itulah boneka dan mainan lain di kamar Jack menjadi bernyawa sebelum malam natal tiba. Termasuk boneka Piggy Natal pemberian Holly.

Boneka itu menawari Jack untuk bertualang ke Tanah yang Terhilang untuk mencari Si Piggy. Di saat itulah petualangan menakjubkan dimulai!

Kamu bisa baca versi e-booknya di sini >>> Petualangan Jack dan Piggy Natal

8. Ickabog

Pada tahun 2020, J.K. Rowling merilis secara online gratis serialisasi Ickabog, untuk berbagi dongeng ke semua keluarga yang sedang mengisolasi diri di masa pandemi. Fyi, Ickabog merupakan dongeng yang sudah dikarang dan diceritakan oleh J.K. Rowling kepada anak-anaknya ketika masih kecil, namun tak sempat usai hingga akhirnya tersusul oleh buku-buku Harry Potter.

JK ROWLING
Baca Bukunya Di Sini!

Buku ini menceritakan kehidupan di suatu kerajaan bernama Cornucopia, di mana tersiar sebuah legenda tentang monster Ickabog yang kejam dan berbahaya. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja bernama King Fred the Fearless. Rakyat Cornucopia hidup bahagia karena sumber daya alam mereka yang melimpah.

Mereka memiliki banyak emas, dan tukang daging, tukang roti, dan penjual keju yang makanannya sangat lezat. Semuanya sempurna - kecuali Marshlands berkabut di utara yang, menurut legenda, adalah rumah bagi Ickabog, sang legenda yang mengerikan.

Dipenuhi dengan ilustrasi menarik akan bikin kamu betah berlama-lama membacanya. Bagaimana, sudah siap bertemu Ickabog?

Atas karya-karya besarnya, J.K. Rowling telah menerima beberapa penghargaan, di antaranya Companion of Honour dari kerajaan Inggris yang diberikan langsung oleh Pangeran William di Buckingham Palace pada tahun 2017 lalu.

Nah, sekarang kamu tahu, kalau J.K. Rowling juga menulis buku-buku lain. Sudah berapa judul nih, yang kamu baca? Semua kisahnya menarik, ya? Kabar baiknya, seluruh karya J.K. Rowling tadi bisa kamu dapatkan di Gramedia.com dengan berbagai penawaran spesial tentunya! Langsung temukan semuanya di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: usatoday.com

Penulis: Meutia Ersa Anindita dan Siti Rochmawati


Meutia Ersa Anindita

Meutia Ersa Anindita

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter