Nggak Cuma Harry Potter, Karya-Karya J.K. Rowling Ini Ternyata Tak Kalah Sukses

Nggak Cuma Harry Potter, Karya-Karya J.K. Rowling Ini Ternyata Tak Kalah Sukses

. 4 min read

Besar nama Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling seperti sudah melegenda. Seperti tidak mungkin rasanya jika ada yang tidak mengenal karya besarnya, Harry Potter.

Predikat miliarder pun ia sandang dari novel fiksi Harry Potter yang namanya bahkan sudah membahana judulnya di kancah perfilman.

Menulis sudah menjadi cita-citanya sejak kecil, meskipun mulanya tidak didukung oleh kedua orangtuanya, namun apa mau dikata? Menulis seperti telah mendarah daging pada dirinya.

Inspirasinya menulis tentang Harry Potter pun ia dapati melalui kejadian yang unik. Idenya muncul ketika Rowling sedang duduk di kereta dan memandangi segerombolan sapi melalui jendela.

Tapi J.K. Rowling tidak hanya menulis tentang Harry Potter yang kini bahkan sudah memasuki seri ke-7 plus buku naskah skenarionya, Harry potter and the Cursed Child.

Selain Harry Potter dan buku prequel-nya Fantastic Beasts, J.K. Rowling juga menulis buku-buku lain bahkan dengan genre yang berbeda, apa saja bukunya?

1. Cormoran Strikes

JK ROWLING

Tidak melulu soal penyihir, pada 2013 Rowling telah menunjukkan kemampuannya dalam menulis novel kriminal dalam novel yang diberi judul Cormoran Strikes.

Bersama dengan asistennya Robin Ellacott, detektif Strike akan memecahkan kasus yang hadir bersama lika-liku kehidupan keduanya. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ini adalah novel karyanya karena ia menggunakan nama samaran Robert Galbraith.

Sampai dengan 2018, novel ini telah memasuki seri ke-4. Seri pertamanya berjudul The Cuckoo’s Calling, dilanjutkan dengan The Silkworm yang rilis di tahun berikutnya.

Dua novel ini pun telah diadaptasi ke dalam serial televisi dengan judul Strike.

Masih berlanjut, Career of Evil terbit pada 2015, dan rumornya, buku keempat dari seri Cormoran Strikes baru saja terbit September 2018 kemarin dengan judul Lethal White.

2. Very Good Lives (Hidup yang Sangat Baik)

JK ROWLING

Pidato yang begitu menggugah pernah disampaikan oleh J.K. Rowling pada 2008 di Harvard University. Very Good Lives merangkum pidatonya saat itu.

Di dalamnya, tercurah kumpulan kata-kata bijak Rowling untuk mereka yang sedang berada di titik yang sulit, titik di mana perubahan harus terjadi dan mengubah hidup mereka.

Very Good Lives akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kehidupan, agar dapat melalui segala kegagalan dengan menggunakan imajinasi dan mewujudkannya agar berguna bagi diri dan orang lain.

3. Quidditch: Through The Ages (Dari Masa ke Masa)

JK ROWLING

Para Potterhead tentunya tidak asing dengan Quidditch, salah satu liga besar yang dimainkan dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince.

Dalam ceritanya, Quidditch: Through The Ages atau Quidditch: dari Masa ke Masa merupakan salah satu buku di perpustakaan Hogwarts yang paling digemari siswanya.

Rowling pun menyadari bahwa di dunia nyata buku itu juga digemari oleh para Potterhead, sampai kemudian terbitlah buku ini untuk para ‘muggle’.

Dengan Imajinasi yang luar biasa dari J.K. Rowling, Quidditch: Dari Masa ke Masa yang telah terbit sejak 2001 ini dengan lengkap mengupas tuntas segala hal tentang Quidditch.

Mulai dari asal-usul, aturan main, taktik, peralatan yang digunakan, nama-nama tim, sampai nama jawara dalam laga Quidditch.

4. The Tales of Beedle The Bard (Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita)

JK ROWLING

Masih seputar buku dalam kisah Harry Potter, Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita merupakan buku cerita pengantar tidur yang begitu terkenal dalam keluarga penyihir.

Mulanya buku ini tertulis dalam aksara Rune yang kemudian diterjemahkan oleh Hermione Granger. Buku yang telah terbit sejak 2008 ini diwarnai juga dengan ilustrasi yang dibuat sendiri oleh J.K. Rowling.

Di dalamnya tertulis lima kisah dongeng yang lengkap dengan selipan informasi rahasia dari Profesor Albus Dumbledore mengenai kehidupan di Hogwarts.

Tetap dengan pesan moral dalam tiap kisahnya, buku ini akan membawamu ke dunia yang berbeda seperti halnya ketika membaca buku-buku Harry Potter. Kira-kira informasi rahasia seperti apa ya?

5. Fantastic Beasts and Where to Find Them (Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka bisa Ditemukan)

JK ROWLING

Buku ini merupakan kitab wajib para penyihir. Pasalnya, tiap rumah penyihir harus memiliki buku ini untuk dapat memelajari di mana mereka dapat menemukan hewan-hewan menakjubkan itu. Beruntunglah kini kalian para ‘muggle’ berkesempatan untuk memilikinya juga.

Sekarang kalian bisa mengetahui, di mana Quintaped hidup, atau makanan kesukaan Puffskein dan fakta mengapa kalian tidak boleh menyisakan susu untuk Knarl.

6. The Casual Vacancy

JK ROWLING

Terbit pada 2012, The Casual Vacancy dilahirkan J.K. Rowling untuk kategori dewasa. Namun Rowling tetap pada jati dirinya, ia tetap dengan imajinasinya, dengan kemampuannya dalam menulis fiksi.

Namun kali ini dengan cakupan yang berbeda, keluar dari citra melekat tentang dunia sihir Harry Potter.

Casual Vacancy akan bercerita tentang perang. Si kaya dengan si miskin, istri dengan suaminya, para remaja dengan orangtuanya, guru dengan muridnya, di Pagford. Kota kecil yang semula digambarkan sebagai kota ideal di Inggris yang tentram dan damai, namun ternyata keruh di dalam.

Kota ini seakan hidup segan mati tak mau. Dan semua bermula ketika Barry meninggalkan kursi kosong di dewan kota.


Atas karya-karya besarnya, J.K. Rowling telah menerima penghargaan Companion of Honour dari kerajaan Inggris yang diberikan langsung oleh Pangeran William di Buckingham Palace pada tahun 2017 lalu.

Nah sekarang kalian tahu kan, kalau J.K. Rowling juga menulis buku-buku lain?

Sudah baca bukunya? Atau tertarik ingin baca? Temukan langsung bukunya di Gramedia.com, ya!