10 Buku Berseri Internasional yang Sukses Difilmkan di Tahun 2018

. 5 min read

Buku yang difilmkan bukan hal yang asing lagi, baik itu buku lokal atau buku internasional. Namun, tak banyak buku berseri yang sukses dijadikan film layar lebar.

Dari sekian banyak buku berseri internasional yang diangkat menjadi film layar lebar, 10 di antaranya berhasil dirilis di tahun 2018 ini.

Buku-buku ini, ada yang merupakan pembuka, namun ada juga yang sudah sekuel dari buku-buku sebelumnya.

Apa sajakah buku-buku berseri tersebut? Berikut daftar yang sudah Gramedia.com siapkan.

1. Maze Runner: The Death Cure

FILMBUKUBERSERI

The Death Cure merupakan novel karya James Dashner, yang pertama kali dirilis pada 2011 lalu. Buku ini merupakan buku ketiga dari seri yang dikenal dengan judul Maze Runner Series.

Seperti dua buku pendahulunya, buku ini juga diadaptasi menjadi film layar lebar. Film ini dirilis pada Januari 2018 lalu. Bercerita tentang pengkhianatan dan juga misi penyelamatan sebuah tempat yang dikenal dengan nama Last City. Film tersebut dibintangi oleh Dylan O'Brien, Kaya Scodelario, dan Ki Hong Lee.

2. Fifty Shades Freed

FILMBUKUBERSERI

Buku ini adalah buku pebutup dari seri Fifty Shades Trilogy karya E.L. James. Buku ini pertama kali rilis pada 2012 lalu, dan menyusul dua buku sebelumnya, buku ini pun masuk dalam list buku yang banyak dicari di berbagai negara.

Seperti dua buku yang lainnya, buku ini juga diangkat ke layar lebar dan mulai tayang pada Februari 2018 lalu.

Meski terbilang ramai dibicarakan, sayangnya film ini tak ditayangkan di Indonesia. Versi filmnya masih menceritakan lanjutkan kisah cinta antara Anastasia (Dakota Johnson) dan Christian Grey (Jamie Dornan).

3. To All the Boys I've Loved Before

FILMBUKUBERSERI

Dirilis pertama kali pada 2014 lalu, novel ini menjadi pembuka dari buku trilogi karya Jenny Han. Buku kedua, P.S. I Still Love You rilis pada 2015 lalu dan disusul buku ketiga atau buku penutup yang berjudul Always and Forever, Lara Jean yang rilis pada 2017 lalu.

Buku ini kemudian diadaptasi menjadi film dan rilis pada Agustus 2018 lalu. Film ini dibintangi oleh Lana Condor dan Noah Centineo.

Bercerita tentang kisah cinta Lara Jean yang mengejutkan, karena para mantan gebetannya tiba-tiba menerima surat yang dulunya ditulis dan disimpan oleh Lara Jean.

4. Crazy Rich Asians

FILMBUKUBERSERI

Yang satu ini juga menjadi buku pembuka dari trilogi karya Kevin Kwan. Buku Crazy Rich Asians sendiri pertama kali dirilis pada 2013 lalu.

Karena bukunya terbilang sukses besar, akhirnya kisahnya pun dibuat menjadi film layar lebar. Tentunya mengangkat kisah cinta sepasang kekasih yang dibalut dengan kehidupan kaum jetset di Singapura. Film ini dibintangi oleh Constance Wu dan Henry Golding.

5. Red Sparrow

FILMBUKUBERSERI

Red Sparrow adalah buku pertama dari trilogi, dengan dua sekuel lain yang berjudul Palace of Treason dan The Kremlin’s Candidate. Buku-buku tersebut merupakan karya Jason Matthews, yang dikenal sebagai penulis best seller New York Times.

Buku yang mengisahkan tentang agen rahasia itu kemudian dijadikan film dan dibintangi oleh Jennifer Lawrence.

Sayangnya, tak sedikit yang memberikan kritik untuk film mata-mata yang satu ini, karena dinilai tidak seksi dan tidak imbang antara pekerjaan sebagai agen, dengan tindak kekerasan dan bumbu adegan seks di dalamnya.

6. Annihilation

FILMBUKUBERSERI

Annihilation merupakan buku perdana dari trilogi karya Jeff VanderMeer yang dikenal dengan Southern Reach Trilogy. Buku yang dirilis 2014 lalu ini banyak menarik perhatian dan beberapa kali memenangkan penghargaan, salah satunya 2014 Nebula Award for Best Novel.

Hingga kemudian pada Februari 2018 lalu buku ini resmi difilmkan. Dibintangi oleh Natalie Portman, film ini berkisah tentang lima peneliti wanita yang ditunjuk untuk mengamati misteri sebuah kubah transparan yang terbentuk setelah jatuhnya sebuah meteor.

7. A Wrinkle in Time

FILMBUKUBERSERI

Buku ini adalah salah satu dari seri yang dikenal dengan nama Time Quintet, karya Madeleine L'Engle. Sementara, A Wrinkle Time sendiri sudah dua kali dibuat menjadi film, yaitu pada 2003 dan 2018.

Versi filmnya rilis pada akhir 2018 lalu yang dibintangi oleh Oprah Winfrey dan Reese Witherspoon. Menceritakan tentang penyelamatan seorang ayah oleh anak-anaknya. Sang ayah ditahan di sebuah planet yang jauh dan butuh usaha khusus untuk menyelamatkannya.

8. The Girl in the Spider's Web

FILMBUKUBERSERI


Buku ini berasal dari seri Millenium, The Girl in the Spider's Web ini dirilis pada 2015 lalu dan karya Stieg Larsson. Buku ini merupakan buku keempat, setelah The Girl with the Dragon Tattoo, The Girl Who Played with Fire, dan The Girl Who Kicked the Hornets' Nest.

Menyusul tiga buku lainnya yang juga sudah difilmkan, buku keempat ini resmi rilis dalam bentuk film pada Oktober 2018.

Dibintangi oleh Claire Foy, film ini mengangkat kisah seorang perempuan bernama Lisbeth Salander, yang harus mengambil sebuah program yang berbahaya. Program itu dibuat untuk mengaktifkan senjata nuklir yang ada di seluruh dunia.

9. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

FILMBUKUBERSERI

Kalau yang ini, sekuel dari* Fantastic Beasts and Where to Find Them*. Sebenarnya, kalau yang ini, filmnya dulu yang dirilis pada November 2018, tak lama setelahnya menyusul bukunya juga ikut dirilis.

Kisahnya masih berkutat tentang dunia sihir rekaan J.K. Rowling. Berkisah tentang kehidupan jauh sebelum masa Harry Potter ada. Masa di mana Albus Dumbledore berusaha melawan sahabat baiknya sendiri, Gellert Grindelwald.

10. Ready Player One

FILMBUKUBERSERI

Buku bergenre science fiction ini dirilis 2011 lalu, karya penulis Ernest Cline. Ceritanya tentang kehidupan di tahun 2044. Mereka yang hidup di sana berusaha untuk memenangkan sebuah telur warisan yang akan membuat pemenangnya mewarisi kekayaan James Halliday, yang menciptakan dunia virtual OASIS.

Keseruan jalan cerita novel ini membuatnya diangkat menjadi film layar lebar, yang resmi tayang perdana pada Maret 2018 lalu.

Usai filmnya tayang, kabar terbaru datang dari sang penulis, yang katanya tengah mengerjakan sekuel dari buku ini. Penasaran kan akan seperti apa ceritanya? Kita tunggu sama-sama ya sampai bukunya resmi diluncurkan nanti.


Header image source: Popsugar.com