Tren Album Buku, Ketika Musik dan Literatur Bersatu

Tren Album Buku, Ketika Musik dan Literatur Bersatu

. 3 min read

Biasanya mendengarkan musik dan membaca adalah dua kegiatan yang dilakukan secara terpisah. Tapi bagaimana jika dua aktivitas ini dilakukan bersamaan?

Bisa banget! Apalagi saat ini memang sudah mulai bermunculan karya dalam bentuk album dan buku. Di mana saat membaca ceritanya, kita juga bisa sambil mendengarkan musiknya. Cerita dan musiknya saling berkaitan lho! Kebayang kan serunya?

Buat yang belum pernah membaca sambil mendengarkan musik sekaligus, harus coba ya.

Berikut daftar 5 album buku yang kamu perlu tahu. Coba deh, baca buku sambil resapi musiknya.

1. Fiersa Besari - Konspirasi Alam Semesta

FiersaBesari

Album buku Konspirasi Alam Semesta ini pertama kali dirilis pada 2015 lalu. Sukses besar, Fiersa Besari pun merilis ulang album buku Konspirasi Alam Semesta pada 2017 lalu.

Di albumnya terdapat 14 lagu yang saling berkaitan dengan kisah yang ada di bukunya. Katanya sih, karya-karyanya Fiersa Besari ini sukses bikin baper pembacanya. Nggak heran ya bisa sampai dirilis kembali.

2. Dee Lestari - Rectoverso

TheGroove

Pada 2013 lalu Dee Lestari merilis karya dengan format yang terbilang unik. Wanita bernama asli Dewi Lestari ini merilis album sekaligus buku yang saling berkaitan, dengan judul Rectoverso.

Di dalam albumnya, terdapat 11 lagu, yang akan melengkapi 11 cerita pendek yang dituliskan di dalam bukunya. Rectoverso, di masanya memberikan pengalaman berbeda bagi mereka yang mencintai sastra sekaligus menyukai musik.

Rectoverso bak sajian lengkap dalam dua sisi. Buku ini pun kemudian diangkat menjadi film omnimbus dengan mengangkat 5 dari 11 kisah yang ada di bukunya, dan juga dirilis dengan judul Rectoverso.

3. Ayudia Bing Slamet dan Ditto - #TemanTapiMenikah2

TemanTapiMenikah2

September 2017 lalu, pasangan suami istri, Ayudia Bing Slamet dan Ditto merilis buku kedua mereka yang berjudul #TemanTapiMenikah2, sekaligus merilis mini album berjudul Dengarkan Dia.

Meski judul buku dan albumnya berbeda, tapi Ayudia dan Ditto berharap 6 lagu yang ada di album Dengarkan Dia bisa menjadi soundtrack saat membaca #TemanTapiMenikah2.

Keduanya masih tetap saling berkaitan, karena sama-sama membahas kisah cinta Ayudia dan Ditto yang berangkat dari persahabatan hingga akhirnya menikah dan memiliki anak bernama Dia Sekala Bumi.

4. The Groove - Forever U'll be Mine

TheGroove
Source: The Groove Twitter

Buku dan album Forever U'll be Mine ini dirilis secara resmi pada 2016 lalu, dan secara garis besar mengisahkan perjalanan band The Groove. Sebuah titik balik bagi mereka memerjuangkan sebuah band dengan segala lika-liku perjalanannya.

Di dalam albumnya, terdapat 10 lagu yang menggambarkan jatuh bangun personel The Groove selama menjadi anggota band tersebut.

Sementara itu, di bukunya pun menceritakan kisah mereka selama berada di The Groove dan berisikan tips untuk anak band lainnya agar siap menghadapi karir bermusik mereka.

5. Fiersa Besari - 11:11

FiersaBesari
Source: Fiersa Besari Instagram

Fiersa Besari lagi-lagi menggunakan cara yang sama untuk merilis karyanya, yaitu berupa album dan buku, kali ini berjudul 11:11.

Kabarnya, album 11:11 ini berisikan 11 lagu lama yang tadinya belum begitu dikenal orang. Kemudian, 11 lagu ini akan dirilis ulang berbarengan dengan buku yang diberi judul sama.

Di buku tersebut akan terdapat 11 cerita dengan berbagai genre, yang tentunya akan saling berkaitan dengan musiknya. Sesuai dengan judulnya, buku ini pun baru akan dirilis pada 11 November 2018.


Grameds, sudah pernah membaca dan mendengarkan album buku di atas? Bagi yang belum, segera pesan di Gramedia.com.


Header image source: Unsplash.com