Coba Cara Ini agar Mudah Terbiasa Membaca Buku

Coba Cara Ini agar Mudah Terbiasa Membaca Buku

. 3 min read

Membaca buku. Bagi yang jarang melakukannya, pasti masih merasa bahwa hal tersebut seperti dihadapkan dengan buku pelajaran tebal, membosankan, dan membuat kantuk. Padahal, membaca buku memberikan segudang manfaat untuk kamu, lho! Selain tentunya memberikan wawasan luas, membaca buku juga bisa meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kemampuan komunikasi, bahkan penghilang stres dan depresi.

Setidaknya, kamu pernah senang membaca pada buku tertentu, kan? Bisa komik, majalah, novel, atau yang lainnya. Nah, dengan hal ini bisa jadi awal yang baik untuk kamu coba kembali tingkatkan minat baca.

Ini dia cara mudah agar kamu kembali terbiasa membaca buku:

1.Pilih buku sesuai keinginan

cara
Sumber foto: unsplash.com

Kamu bisa mulai dengan jenis buku yang kamu sukai. Dan sebaiknya, pilih buku yang ringan atau sesuai keinginanmu saja dahulu.

2.Baca Secara Bertahap

cara
Sumber foto: unsplash.com

Membaca satu buku sampai selesai tanpa jeda? Hmm, coba lakukan sedikit-sedikit dahulu yaa agar tidak cepat bosan atau merasa lelah dan membuatmu malas membaca buku kembali. Kamu boleh membaca buku seperlunya saja. Misal dalam satu hari kamu bisa menghabiskan satu bab dahulu. Hal tersebut akan membuatmu semakin penasaran dengan isi buku tersebut. Jika kamu sudah terbiasa, dengan sendirinya intensitas membaca kamu pasti bertambah.

3. Buat Jadwal Rutin Membaca

cara
Sumber foto: unsplash.com

Dengan membuat jadwal rutin, akan membantu kamu untuk teratur membaca buku. Biasanya, orang berhenti membaca karena mereka susah konsentrasi pada buku bacaannya yang membuatnya jadi malas untuk melanjutkan. Beri waktu khusus misal beberapa menit sebelum tidur atau saat istrahat dari aktifitas lainnya untuk kamu membaca.

4. Cari Rekomendasi Buku Bagus

cara
Sumber foto: unsplash.com

Nah, buat kamu yang masih bingung mau pilih buku apa yang kamu mau, coba mulai cari info rekomendasi dengan browsing di internet ya. Sesuaikan dengan jenis buku yang kamu suka tentunya, agar kamu tidak menyerah untuk mulai kembali terbiasa membaca buku.

Ini dia beberapa rekomendasi pilihan menarik berbagai jenis buku yang bisa kamu pilih untuk mulai kembali perjalanan membaca kamu.

cara
Sumber: gramedia.com

Sangat ringan, bergambar, dan lucu. Komik Kariage Kun No 42 ini cocok untuk memulai kebiasaan membaca kamu dengan sajian cerita kekonyolan Kariage yang nggak ada matinya. Terpopuler di Gramedia.com lho!

cara
Sumber: gramedia.com

Bagi penyuka cerita romantis, ada novel yang berkisah tentang Nandea sang penulis buku best seller dengan editornya si Genta yang terkenal galak saat menjadi mentor dalam proyek menulisnya. Dan ternyata, setelah Nandea bertahan dan melihat sisi lain dari Genta, hatinya meleleh. Pesan dari sekarang novel Genta & Nandea untuk ketahui kelanjutan romansanya!

cara
Sumber: gramedia.com

Penggemar K-Pop pasti kenal dengan Lee Chan Hyuk dari AKMU (Akdong Musician). Novel debutnya langsung berada di puncak daftar novel laris, baik di toko buku online maupun offline setelah rilis resminya. Novel ini berhubungan dengan album terbaru AKMU yaitu “SAILING”, yang membicarakan seni dan nilai-nilai kehidupan dari perspektif Chan-Hyuk sendiri. Segera dapatkan buku Fish in the Water versi terjemahannya di sini ya. Dan kamu bisa ikuti pre-order untuk dapatkan harga spesial!

Masih bingung pilih buku yang mana? Rekomendasi buku dari Gramedia.com bisa kamu cek di halaman utama yaa! Scroll down, lalu kamu bisa lihat kategori dari “Rekomendasi dari Gramedia” dan “Buku-Buku Terpopuler”. Buat yang suka jenis novel dan komik, coba langsung cek di “Novel Paling Laris”, dan “Komik-Komik Pilihan” yaa.

Goodluck untuk kebiasaan baru positifnya!


(Sumber foto header: shutterstock.com)