Classic Novemberian: 5 Pengarang Klasik Dunia yang Lahir Bulan November

Classic Novemberian: 5 Pengarang Klasik Dunia yang Lahir Bulan November

. 3 min read

Apa yang identik dengan bulan November? Di Indonesia, tema kepahlawanan jadi sangat kental pada November karena ada satu hari yang diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional yaitu tanggal 10 November. Di Amerika Serikat ada perayaan Veteran’s Day setiap tanggal 11 November. Itu adalah hari untuk memperingati sekaligus menghormati para veteran yang telah mengabdikan diri pada angkatan bersenjata nasional.

Untuk para kutu buku, November ternyata identik dengan hari lahir para pengarang terkenal. Ada Carl Sagan yang seorang ilmuwan yang menerbitkan karya tentang sains populer, ada Neil Gaiman yang terkenal dengan karya-karya fiksi fantasinya. Selain mereka berdua, ada beberapa pengarang karya klasik yang juga berulang tahun pada bulan November. Siapa saja mereka?

1. R. L. Stevenson

Pengarang
Pengarang R. L. Stevenson (Sumber Gambar: Wikipedia)

Robert Louis Stevenson adalah pengarang asal Skotlandia yang lahir pada 13 November 1850. Novel klasik paling populer yang masih dibaca sampai sekarang karyanya adalah Treasure Island dan The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde. Saat usia enam tahun, R. L. Stevenson sudah menulis cerita—judul pertamanya “A History of Moses” yang dikarangnya untuk sang ibu. Karya pertamanya Treasure Island ditulis di bawah nama pena Captain George North yang dikirimkannya ke majalan anak-anak bernama Young Folks. Selain karya fiksi, ia juga menulis puisi dan karya tulis traveling.

2. C. S. Lewis

Pengarang
Pengarang C. S. Lewis (Sumber Gambar: Wikipedia)

Clive Staples Lewis atau yang dikenal C. S. Lewis adalah pengarang seri fantasi The Chronicles of Narnia. Ia lahir pada 29 November 1898 di Belfast, Irlandia. Ia adalah karib dari pengarang seri fantasi The Lord of the Rings J. R. R. Tolkien. Mereka sama-sama bekerja di Fakultas Bahasa Inggris di Oxford University dan aktif di sebuah grup literasi informal Oxford yang dikenal dengan nama Inklings. Selain The Chronicles of Narnia, C. S. Lewis juga mengarang lebih dari 30 buku yang sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 30 bahasa. Buku-bukunya juga laku di pasaran.

3. Madeleine L’Engle

Pengarang
Pengarang Madeleine L’Engle (Sumber Gambar: Sigrid Estrada / Brain Pickings)

Tahu cerita tentang tiga anak-anak yang bertualang ke luar angkasa untuk mencari ayah dari dua anak itu? Cerita itu berdasar dari novel klasik anak-anak karya Madeleine L’Engle berjudul A Wrinkle in Time. Madeleine L’Engle lahir di Kota New York, Amerika Serikat pada 29 November 1918. Pada 1962, A Wrinkle in Timemendapatkan penghargaan bergengsi Newbery Medal sebagai pemenang. Sebelum menjadi populer, naskah ceritanya itu ditolak sebanyak 26 kali oleh editor dan penerbit. Selain menulis karya fiksi anak-anak, ia juga menulis novel untuk dewasa, kumpulan cerita pendek, kumpulan puisi, dan karya nonfiksi.

4. Mark Twain

Pengarang
Pengarang Mark Twain (Sumber Gambar: Mathew Brady / Library of Congress Prints and Photographs Division)

Samuel Langhorne Clemens mungkin tidak begitu populer. Itu adalah nama asli Mark Twain yang lahir pada 30 November 1835 di negara bagian Missouri, Amerika Serikat. Dua karya terkenalnya adalah The Adventures of Tom Sawyer dan The Adventures of Huckleberry Finn. Saat menginjak usia 11 tahun, ayahnya meninggal karena pneumonia dan membuatnya memutuskan berhenti sekolah dan bekerja untuk koran Hannibal Journal untuk mendukung keuangan keluarganya. Selain dua buku petualangan yang dikarangnya, Mark Twain juga menerbitkan banyak kumpulan cerita pendek dan kumpulan esai serta karya nonfiksi lainnya.

5. Louisa May Alcott

Pengarang
Pengarang Louisa May Alcott (Sumber Gambar: Wikipedia)

Tahukah kamu film Little Women yang akan tayang pada akhir tahun 2019 nanti? Film yang dibintangi oleh Saoirse Ronan, Timothée Chalamet, dan Emma Watson itu diadaptasi dari fiksi klasik karya Louisa May Alcottberjudul Little Women. Ia lahir pada 29 November 1932 di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat. Ia telah menerbitkan banyak karya—tiga yang populer di antaranya adalah Little Women, Little Men, dan Jo’s Boys. Louisa May Alcott adalah seorang feminis yang tidak menikah sepanjang hidupnya. Ia meninggal karena stroke pada 6 Maret 1888—dua hari setelah sang ayah meninggal.


Setelah kenalan dengan kelima pengarang klasik di atas, karya siapakah yang kamu ingin baca? Dapatkan karya fiksi klasik dunia di Gramedia.com!