Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Selebriti Berbagi Cerita Jalani Puasa Ramadan di Negeri Orang

5 Selebriti Berbagi Cerita Jalani Puasa Ramadan di Negeri Orang

Bulan Ramadan selalu disambut dengan meriah di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah kaum muslim. Mulai dari tarawih berjamaah di masjid, pesantren kilat hingga acara buka puasa bersama.

Tidak hanya itu, beberapa sekolah pun memberikan jadwal libur dan beberapa kantor memperbolehkan karyawannya untuk pulang lebih cepat di bulan suci ini.

Tapi, bagaimana jika kita diharuskan berpuasa di negeri orang? Khususnya, bagi mereka yang menjalankannya di negara-negara di mana kaum muslim merupakan minoritas.

Tentunya, ada hal-hal yang unik dan berbeda. Tidak jarang, hal-hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang berpuasa di luar Indonesia. Apakah ada di antara Grameds yang pernah atau sedang menjalankan puasa di luar negeri?

Spesial untuk kalian yang belum atau akan melewatkan bulan Ramadan di negeri orang, kami rangkum beberapa cerita menarik dari para selebriti muda ternama yang pernah atau sedang menjalankan puasa di luar negeri.

Penasaran dengan kisah lengkapnya? Yuk, langsung kita simak, yang sudah Gramedia rangkum dari berbagai sumber!

1. Iqbaal Ramadhan

Aktor tampan Iqbaal Ramadhan beberapa kali menjalankan ibadah puasa di luar negeri. Pada 2018, ia sedang menempuh pendidikan setingkat SMA di Amerika Serikat ketika bulan puasa tiba.

Sayangnya, ia tidak bisa menjalankan ibadah puasa saat itu karena sedang masa ujian dan kondisi tempat tinggalnya yang kurang memungkinkan. Iqbaal kala itu tinggal di tempat yang jauh dari masjid dan komunitas muslim.

Tahun ini, Iqbaal kabarnya kembali melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di Australia. Aktor yang terkenal lewat film Dilan 1990 pun harus menjalani ibadah puasa jauh dari keluarganya di Indonesia. Wah, semangat ya Iqbaal!


2. El Rumi

Tahun lalu, putra kedua dari pasangan Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini harus menjalankan ibadah puasa di London, Inggris. Sama seperti Iqbaal Ramadhan, El Rumi kala itu juga sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Berpuasa di Inggris menjadi suatu tantangan tersendiri untuk El Rumi. Ternyata, waktu berpuasa di Inggris lebih lama dibanding waktu berpuasa di Indonesia.

Dalam suatu wawancara, Maia Estianty menceritakan bahwa anaknya harus bangun untuk sahur pukul 02.30 dan berbuka puasa pukul 21.00 waktu setempat. Sang ibu pun mengakui memang berat menjalankan ibadah puasa di negeri orang.


3. Tasya Kamila

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila, juga pernah merasakan berpuasa di negeri orang. Hal ini ia alami ketika sedang menempuh pendidikan S2 di New York, Amerika Serikat.

Meskipun Tasya harus menjalankan puasa sebagai kaum minoritas di luar Indonesia, ia mendapat perlakuan yang baik dari teman-temannya yang tidak berpuasa. Tasya diberikan dukungan dan toleransi dari mereka dan juga lingkungan sekitarnya.

Tasya menuturkan bahwa teman-temannya rela mengundur waktu untuk bertemu hingga jam makan malam, jika ia sedang berpuasa. Tidak hanya itu, fasilitas untuk kaum muslim di Amerika juga memadai seperti mushola, masjid hingga asosiasi mahasiswa Islam di tingkat universitas.

4. Teuku Rassya

Di tahun 2019, anak pertama dari artis cantik Tamara Bleszynski ini harus menjalankan ibadah puasa di negeri orang. Saat ini, ia sedang berkuliah di salah satu universitas di London. Tantangan yang harus Rassya hadapi adalah menjalankan ibadah puasa jauh dari rumah dan keluarga.

Ia mengaku bahwa pengalamannya berkuliah di luar negeri membuatnya menjadi lebih mandiri. Meskipun terdapat tante dan ayah dari tantenya, ia tinggal sendiri di Inggris. Bahkan, ia juga belajar mencuci baju dan sprei sendiri.

5. Maudy Ayunda

Artis sekaligus penyanyi cantik ini cukup beruntung dalam hal berpuasa di negeri orang dibanding seleb-seleb lainnya di atas. Kok, bisa? Yup, selama 3 kali bulan Ramadhan Maudy tidak mendapatkan kesempatan berpuasa di Inggris lho!

Maudy bercerita bahwa bulan Ramadhan selalu bertepatan dengan waktu libur kuliahnya. Ia pun menggunakan kesempatan ini untuk pulang dan bertemu keluarganya di Indonesia. Kalau tidak, dia harus menjalani puasa Ramadan seperti El Rumi, dengan waktu puasa yang lebih lama dibanding dengan waktu berpuasa di Indonesia.


Nah, itu dia beberapa pengalaman menarik dari para seleb ternama Indonesia. Ternyata, berpuasa di negeri orang tidak semudah berpuasa di negeri sendiri. Pasti selalu ada tantangan yang dihadapi. Akan tetapi, tidak semuanya buruk kan?

Jika Grameds ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana serunya berpuasa di negeri orang, kami rekomendasikan buku Serunya Puasa Ramadan di Luar Negeri yang disusun oleh Leyla Hana.

Buku ini menyajikan lebih banyak cerita-cerita menarik tentang menjalankan ibadah puasa di berbagai negara seperti di China, Korea, Prancis hingga Amerika. Semua pengalaman itu ditulis oleh orang-orang Indonesia yang mempunyai kesempatan melewatkan bulan Ramadhan di luar negeri.

Cerita-ceritanya tidak kalah menarik dari cerita para selebriti di atas dan bisa menumbuhkan semangat berpuasa kita yang berpuasa di negeri sendiri dengan segala kemeriahannya.

Jika Grameds penasaran dengan buku tersebut, jangan lupa, buku ini bisa langsung kalian baca hanya di Gramedia Digital!

Buku

Dapatkan e-book-nya di sini >>


Sumber foto header: Iqbaal Ramadhan Instagram


Enter your email below to join our newsletter