4 Cara Mudah Merawat Buku

4 Cara Mudah Merawat Buku

. 2 min read

Beberapa orang kerap kali berasumsi bahwa generasi milenial akan lebih menaruh hati pada e-book ketimbang buku fisik. Namun, siapa sangka di tengah tumbuh pesatnya teknologi, buku fisik masih menjadi pilihan juara pecinta buku? Hasil riset dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyatakan bahwa pada 2016 penjualan e-book di Indonesia masih tergolong rendah, rata-rata di antaranya mengunduh e-book secara gratis.

Ada sensasi tersendiri saat membaca buku fisik dan hal itulah yang membuat e-book kesulitan mendampingi buku fisik, seperti sentuhan tangan saat membalikkan halaman atau aroma khas dari buku. Pakar riset Amerika pun telah mengamini hal tersebut. Bukan berarti e-book tidak diminati, hanya saja populasinya tidak sebanding dengan generasi lamanya.

Bagi Anda yang masih menggandrungi buku fisik, jelas tidak hanya mengalihfungsikan buku sebagai pajangan apik ruangan saat selesai membaca, tapi juga merawatnya untuk dapat dibaca kembali dengan kondisi yang tetap baik. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat buku-buku kesayangan Anda.

1. Memastikan tangan bersih

girl-hands-macro-163762
Hal ini adalah yang paling mendasar, karena bisa jadi buku Anda cacat akibat ulah kotor tangan saat membaca. Selain mengurangi keindahan tampilan buku, kotoran yang menempel pada buku akan jadi faktor pertama buku terlihat usang. Untuk itu, hindari makan dan minum sambil membaca untuk mengurangi kemungkinan remah makanan atau tetesan air minum jatuh pada permukaan buku.

2. Tidak melipat ujung halaman

A woman in a leather jacket and white blouse holds an open book, reading
Menggunakan pembatas halaman yang tipis menjadi pilihan tepat untuk menandai bacaan Anda, karena tidak akan meninggalkan bekas pada halaman buku. Jangan lupa perhatikan ketebalan pembatas, karena penggunaan pembatas yang tebal akan meninggalkan bekas lengkung atau bahkan membuat jilid buku lepas.

3. Simpan buku dengan posisi berdiri

A bookshelf with lots of colored books
Hal ini dimaksudkan agar udara dapat tetap masuk ke dalam sela-sela buku, menumpuknya hanya akan membuatnya menjadi cepat lembap. Bahkan jika dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu yang lama, lembaran-lembaran buku akan saling menempel dan huruf-hurufnya pun menjadi cepat pudar.

4. Meletakkan silica gel

silicagel
Jika Anda menyimpan buku dalam lemari tertutup, ada baiknya untuk meletakkan silica gel atau kapur barus, untuk menyerap air yang dibawa udara. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap dan ngengat yang datang entah dari mana. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti silica gel atau kapur barus secara berkala.

Dengan melakukan keempat hal di atas, buku-buku kesayangan Anda dijamin akan selalu dalam kondisi baik. Apalagi, keempat hal itu bukanlah hal yang sulit dilakukan. Jangan lupa merawat buku kesayangan Anda ya!