(Review Buku) Cara Hidup Bebas Stres ala Francine Jay

(Review Buku) Cara Hidup Bebas Stres ala Francine Jay

. 2 min read

Bila kamu merasa hidupmu begitu terbebani dengan segala hal, mungkin kamu butuh cara untuk menyederhanakannya. Buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan karya Francine Jay bisa menjadi pedoman untuk dibaca dan dipraktikkan.

Buku terjemahan dari Lightly: How to Live a Simple, Serene, and Stress-free Life ini akan memberi pengertian tentang melepaskan beban satu persatu. Sang pengarang yang seorang minimalis menjadikan “Hidup Ringan” motonya.

Dalam pendahuluannya, Francine Jay menyebut dirinya suka bepergian tanpa banyak barang. Ia kerap bersusah-payah membawa koper berat dan mulai bertekad harus bisa bepergian dengan cukup membawa satu koper yang muat di kabin pesawat. “Rasanya luar biasa merdeka!” ujarnya.

Menjadi seorang minimalis adalah sebuah pilihan tetapi menjadi seseorang dengan beban yang lebih ringan dan tanpa stress adalah idaman. Buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan membagi langkahnya jadi empat bagian sebagai berikut.

1. Meringankan Isi Rumah

“Lepaskan barang-barang yang berlebih maka kita akan langsung merasa lebih ringan.”

Dalam bab ini, Francine Jay memberikan cara mengurangi barang-barang di rumah. Benda-benda yang kita miliki kerap terbengkalai di rumah dan itu mungkin bisa jadi awalan kita untuk mengenyahkannya. Mulailah dari laci, rak, atau lemari yang harus dikeluarkan isinya. Untuk menyimpannya barang-barangnya lagi, kita harus punya alasan kuat.

2. Meringankan Langkah

“Sayangilah bumi dengan cara lebih wawas diri dalam laku sehari-hari.”

Pada bagian ini, sang pengarang akan memberikan ide-ide yang mudah dipraktikkan sekaligus memiliki dampak yang amat besar. Salah satunya dengan mengurangi sampah. Francine menyarankan untuk memilih satu saja barang sekali pakai untuk digunakan sehari-hari dan menggantinya dengan versi yang digunakan berulang kali.

3. Meringankan Kadar Stres

“Hapuskan hal-hal tak bermakna dari rutinitas sehari-hari, dan isilah hari-hari dengan kegembiraan.”

Bab ini akan memberikan langkah-langkah yang bisa kita kendalikan sendiri. Salah satunya adalah bahasan mengurangi kesibukan. Francine memberi ide dengan keterlibatan media sosial dalam diri kita. Ia menyarankan untuk pilih satu saja media sosial yang ingin diikuti lalu abaikan yang lain. Hal itu amat bisa dicoba untuk mengurangi stres dan meringankan hidup kita.

4. Meringankan Jiwa

“Angkatlah beban dari hatimu, dan hiduplah dengan kesadaran yang lebih tinggi.”

Saran-saran dalam bab ini akan membantu mengelola emosi sehingga membuat jiwa lebih tenang. Francine membahas sebuah kata kuno dari Yunani yaitu sophrosyne. Itu berarti “bersuka ria dalam kehidupan yang ugahari.” Sophrosyne akan mengacu pada cara hidup dengan moderasi yang lebih luas dan indah.


Penjabaran di atas hanya mengungkap satu contoh dari setiap bab dan itu pun dengan penjelasan yang singkat. Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan karya Francine Jay memberikan pilihan bagi pembaca perihal mana yang paling ingin diatasi.

Masih banyak langkah-langkah sederhana dan mudah dilakukan dalam buku ini. Dengan mempraktikkannya, sedikit demi sedikit hidup akan terasa lebih ringan dan stress pun berkurang.

Seni
Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan karya Francine Jay

Selain buku ini, karya Francine Jay lain yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Seni Hidup Minimalis.

Dapatkan buku-buku Francine Jay di Gramedia.com!


Baca juga: