Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

4 Cara Ampuh Kembalikan Semangat ke Sekolah Usai Liburan!

4 Cara Ampuh Kembalikan Semangat ke Sekolah Usai Liburan!

Liburan hampir usai! Sekarang saat-saat terberat bagi siswa-siswi untuk kembali belajar di sekolah. Setelah liburan panjang, mengumpulkan niat dan semangat untuk kembali ke sekolah memang bukan hal mudah. Otak sudah terbiasa dengan kebiasaan saat liburan.

Selama liburan bangun siang, tidak mandi dari pagi sampai sore hari, aktivitas yang dilakukan di rumah hanyalah makan, menonton televisi, lalu tidur. Badan akan otomatis terbiasa untuk bangun siang setiap harinya, dan hanya ingin bermalas-malasan di rumah sambil makan dan nonton TV. Jika hal tersebut berlanjut setelah tanggal masuk sekolah tiba, siap-siap saja akan datang telat dan ketiduran di kelas.

Untuk mencegah kebiasaan kurang baik itu terjadi, mari simak 4 tips yang bisa dterapkan di rumah agar semangat kembali untuk pergi dan belajar di sekolah. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita cek 4 tips ampuh kembalikan semangat ke sekolah!βœ¨πŸ™Œ

4 Cara Ampuh Kembalikan Semangat ke Sekolah

1. Melatih Diri Kembali ke Rutinitas Sehari-hari

Ayo mulai nyalakan kembali alarm jam bekermu! Latih diri kita untuk bangun seperti seakan-akan besok akan pergi ke sekolah. Jangan berpikiran tidak ada yang bisa dikerjakan jika bangun pagi saat liburan. Sebab, ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan, seperti jogging di sekitar rumah. Selain badan sehat, dijamin semangat pun akan meningkat!

Setelah mandi dan makan, lanjutkan harimu dengan hal-hal yang produktif, misalnya dengan membaca santai buku pelajaran baru yang akan digunakan saat masuk sekolah. Dengan begitu, kamu akan mencuri start lebih dulu dari teman-temanmu, sehingga dijamin kamu tidak akan kesulitan saat menerima pelajaran nantinya. Tidak perlu terfokus pada buku pelajaran, karena kamu juga bisa mencari berita-berita terkini yang bermanfaat dengan membaca melalui portal media online.

Hal yang terpenting, jangan tidur lebih dari jam 10 malam, alias jangan bergadang. Tidurlah yang cukup, agar esok hari rutinitas yang sama bisa terus terulang kembali. Hingga akhirnya pada saat hari masuk sekolah tiba, kamu tidak akan kaget ataupun kesulitan lagi mengumpulkan semangat dalam menjalani rutinitas kembali ke sekolah.πŸ’«

2. Penampilan Serba Baru

Gaya rambut baru, baju baru, tas baru, alat tulis baru, ataupun sepatu baru dapat mempengaruhi mood kita dalam menjalani suatu hari. Mengganti semuanya menjadi baru bisa menjadi suatu cara yang tepat bagi kamu yang memang gampang bosan atau jika ingin memulai awal yang baru dan penuh semangat setelah menikmati liburan.

Tidak harus mengganti atau membeli baru semua barang, karena sebenarnya semua yang baru itu diibaratkan sebagai suatu simbol awal baru yang memberikan semangat dan motivasi. Jadi, cukup misalnya dengan mengganti gaya rambut agar tampak lebih fresh dan rapi. Jangan lupa pastikan gaya rambut yang kamu pilih cocok ya!

3. Persiapkan Buku-buku di Malam Hari

Foto: pexels.com

Mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa pada malam hari sebelum masuk ke sekolah esok paginya, adalah hal wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Luangkan waktumu beberapa menit untuk membayangkan apa saja kira-kira yang akan terjadi pada esok hari untuk pergi ke sekolah. Setelah membayangkannya, mulai siapkan keperluan yang harus dibawa besok ke sekolah. Mulai dari menyusun buku-buku pelajaran yang akan digunakan besok, menyiapkan seragam, sepatu, kaos kaki yang akan dikenakan besok, menyiapkan alat tulis, meraut pensil, mengecek isi pena, hingga memasukkan semua alat tulis ke dalam kotak pensil.

Kamu juga bisa mengatur dan merencanakan jadwal kegiatanmu setelah pulang dari sekolah. Misalnya, bermain futsal bersama teman atau belajar kelompok, kamu bisa langsung menelpon atau chat malam itu juga. Sebab, dengan berkomunikasi terlebih dahulu dengan teman-teman yang akan kamu temui pada keesokan harinya secara tidak langsung akan memberikan tabungan semangat untuk pergi ke sekolah atau memulai rutinitas kembali!

4. Membaca Buku Inspiratif

Foto: pexels.com

Tidak semua orang beruntung, tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan di sekolah. Bagi kamu yang sekarang ini sedang merasa β€œmager” dan tidak memiliki niat untuk pergi ke sekolah karena terlalu lama liburan, kamu harus sadar kalau kamu termasuk orang yang beruntung masih bisa sekolah. Banyak teman-teman di luar sana yang ingin sekolah namun tidak memiliki biaya bahkan tempat untuk bersekolah. Sebagai orang yang beruntung mari kita bersyukur dan mengumpulkan semangat untuk kembali bersekolah.

Sulutkan api semangat dengan membaca buku-buku inspiratif yang bisa menambah motivasi kamu untuk menjalani sekolah. Nah, pas banget, di artikel ini, Gita juga akan memberikan rekomendasi buku inspiratif yang bisa menambah semangat kamu dan tentunya memberikan ilmu pengetahuan baru yang akan bermanfaat bagi Grameds. Berikut rekomendasi buku inspiratif yang mampu menambah motivasi kamu untuk bersemangat ke sekolah!

Rekomendasi Buku Inspiratif Penambah Motivasi

1. Filosofi Teras

EMPATCek Bukunya di Sini!

Karya Henry Manampiring yang satu ini mungkin menjadi salah satu buku terlaris di Indonesia sepanjang masa. Filosofi Teras mengajarkan kita sebuah filosofi untuk tidak muluk-muluk. Dalam artian filosofi yang memiliki teori sederhana, namun menuntut penerapan dalam kehidupan sehari-hari agar berhasil. Kita akan mendapatkan teori happiness comes from within, yang mengajarkan bahwa kebahagiaan pada dasarnya berasal dari dalam atau bagaimana kita memandang suatu hal.

Kemudian, adapula pengetahuan bahwa segala hal yang terjadi saat ini sebenarnya memiliki mata rantai, artinya apa yang terjadi kepada kita merupakan hasil jejaring dari konsekuensi semesta. Lalu, pemahaman tentang premediatatio malorum, atau simulasi kemungkinan terburuk agar kita senantiasa siap menerima kenyataan. Filosofi Teras memberikan kita banyak pengetahuan dan pemahaman untuk menjalani kehidupan yang lebih sejahtera dan bahagia.

2. Jadi Pelajar Harus Sukses

EMPATBaca di Sini!

Selain menjadi kaya raya, menjadi sukses juga merupakan salah satu target yang ingin dicapai oleh kebanyakan orang. Ketimbang kaya yang biasanya dikaitkan dengan materi, sukses sebenarnya jauh lebih sulit untuk dideskripsikan. Pemahaman akan kesuksesan setiap manusia dan lingkungan sosialnya itu berbeda-beda. Namun, satu kata yang dapat menyamakan arti kesuksesan adalah keberhasilan. Ketika kita berhasil dalam mencapai hal dan target yang kita kejar, itu merupakan kesuksesan.

Sebagai pelajar, banyak sekali kesuksesan yang harus kita kejar. Ada kesuksesan dalam akademik, kesuksesan dalam organisasi, dan kesuksesan-kesuksesan lainnya. Buku Jadi Pelajar Harus Sukses memberi kita cara untuk mengejar kesuksesan dalam pandangan Allah, baik kesuksesan dunia maupun kesuksesan akhirat.

3. Laskar Pelangi

EMPATCek Bukunya di Sini!

Novel international bestseller karya Andrea Hirata yang satu ini mungkin tidak akan pernah cukup untuk dibahas. Novel Laskar Pelangi, menceritakan kisah nyata perjuangan Andrea Hirata dan teman-temannya yang saat itu bertempat tinggal di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur untuk memperoleh ilmu.

Dengan bangunan sekolah yang hampir roboh, atap yang bocor, dan sosial budaya masyarakat setempat yang belum menjunjung tinggi pendidikan, sepuluh anak dari keluarga miskin tetap menggapai ilmu setiap harinya dan tekad kuat. Novel Laskar Pelangi akan memberikanmu kisah inspiratif yang mampu menggetarkan jiwa.

4. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

EMPATCek Bukunya di Sini!

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, salah satu buku yang memberikan kita sebuah pandangan baru untuk menjalani hidup. Menjadi positif memang hal yang baik, namun over positive atau positif yang berlebihan pada akhirnya hanya akan membuat kita tertekan dan stres.

Seperti tuntutan hidup yang harus sehat sedemikian rupa, harus memiliki rumah seperti ini, atau mobil seperti itu hanya akan mengingatkan kita akan kekurangan atau hal yang kita tidak miliki. Dalam buku ini kita akan belajar untuk menjalani hidup yang sesuai dengan kapasitas dan kehendak kita tanpa perlu memikirkan tuntutan tidak masuk akal yang dibuat oleh masyarakat sosial.

5. Totto-Chan: Gadis Cilik Di Jendela

EMPATCek Bukunya di Sini!

Buku autobiografi karya Tetsuko Kuroyanagi yang satu ini akan membuat kamu gemas sekaligus emosional dengan kisah masa kecil sang penulis ketika duduk di bangku sekolah dasar. Berlatar di tahun 1940-an, Tetsuko kecil atau Totto-chan merupakan anak perempuan manis yang gemar berbicara dan tidak bisa diam. Dibanding duduk di kursi, Totto-chan lebih suka duduk di jendela dan melihat pengamen yang bernyanyi di jalanan. Hal itu membuat Totto-chan harus pindah sekolah.

Namun, sekolah yang barunya kali ini sungguh aneh! Mereka menggunakan gerbong kereta sebagai ruang kelas. Ia juga tidak perlu berada di kelas sepanjang hari dan yang terpenting ia bebas memandang jendela selama yang ia mau! Penasaran dengan kisah lucu nan menggemaskan Totto-chan selama bersekolah di sekolah baru? Cek buku Totto-chan: Gadis Cilik Di Jendela di atas!


Nah, itu dia Grameds, 4 tips beserta buku rekomendasi yang bisa mengembalikan semangat kamu ke sekolah usai libur panjang. Ohiya, tips di atas harus dilakukan dengan kesadaran penuh, ya, karena kalau setengah hati tanpa diiringi niat yang gigih, pasti tidak akan memiliki efek yang maksimal.

Ngomong-ngomong balik ke sekolah, Gramedia lagi ngadain promo Back to School yang bantu boost semangat kamu balik ke sekolah. Ada beragam diskon untuk tas, buku tulis hingga stationary baru dari Faber Castell, Estudee, hingga Greebel.

halamanLihat Promo Lengkapnya di Sini!

Yakinlah bahwa dengan niat dan pikiran positif, hal-hal tersebut akan ampuh menghalau rasa β€œmager” kita! Temukan juga penawaran menarik lainnya hanya di Gramedia.com atau klik banner di bawah ini!β€΅οΈπŸ›’

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Header: pexels.com


Fransisca Desfourina

Fransisca Desfourina

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter