Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Suka Film Buya Hamka? Yuk, Intip Kisah Hidup Buya Hamka Lewat Novelnya

Suka Film Buya Hamka? Yuk, Intip Kisah Hidup Buya Hamka Lewat Novelnya

Siapa di sini yang jadi ngefans sama Buya Hamka setelah nonton filmnya?✋🏻

Sejak diangkat ke layar lebar, sosok Buya Hamka semakin menarik perhatian banyak orang. Selain menjadi sosok inspirasi di bidang agama, beliau juga menjadi sosok yang berjasa pada perjalanan politik di Indonesia. Tidak hanya itu, Buya Hamka juga meninggalkan karya-karya sastra yang fantastis💎

Buat kamu yang penasaran dengan perjalanan hidup dan juga karyanya, simak artikel ini sampai selesai, yuk!✌🏻

Sekilas Perjalanan Hidup dan Karier Buya Hamka

Buya Hamka adalah seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang terkenal sebagai ulama, sastrawan, dan aktivis kemerdekaan. Beliau lahir pada tanggal 17 Februari 1908 di Minangkabau, Sumatera Barat, dan meninggal pada tanggal 24 Juli 1981 di Jakarta.

Sebelum menjadi salah satu tokoh penting yang menginspirasi, Buya Hamka tumbuh di kalangan keluarga yang taat beragama dan gemar membaca. Perjalanan tumbuh kembangnya di lingkungan relijius membawa dirinya untuk bersekolah lebih serius di bidang keagamaan.

Sejak usia dini, beliau telah menunjukkan minat yang besar terhadap ilmu agama dan sastra. Pada usia 7 tahun, Buya Hamka sudah mampu membaca Al-Quran dengan lancar, dan pada usia 12 tahun, beliau sudah menulis sebuah novel pendek.

Buya Hamka (sumber gambar: assets.pikiran-rakyat.com)

Setelah menyelesaikan sekolah dasar, Buya Hamka melanjutkan pendidikannya di Bukittinggi untuk belajar bahasa Arab dan bahasa Melayu dengan sangat serius. Pada usia 16 tahun, beliau merantau ke Padang Panjang untuk melanjutkan pendidikan agama di bawah bimbingan tokoh agama setempat.

Tepat pada tahun 1927, Buya Hamka melanjutkan pendidikan ke Jakarta dan bergabung dengan Masyumi bahkan terpilih sebagai Konstituante yang mewakili Masyumi. Sejak itu, beliau aktif dalam kegiatan politik, dakwah sekaligus menjadi pengajar di sekolah-sekolah agama.

Di samping perjalanan hidupnya yang kaya akan nilai agama dan politik, Buya Hamka juga dikenal sebagai seorang penulis yang produktif! Karya-karyanya tersebar di berbagai media dengan masif. Beliau menulis buku-buku tentang agama, sejarah, dan tak lupa juga dengan sastra. Beberapa karya terkenalnya antara lain Tafsir Al-Azhar, Di Bawah Lindungan Ka'bah, dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

Melalui karyanya, Buya Hamka dikenal sebagai seorang pemikir yang kritis dan memiliki pandangan yang progresif. Beliau berusaha memadukan nilai-nilai Islam dengan kebudayaan Melayu dan memperjuangkan hak-hak perempuan lewat karyanya. Hingga kini, karya-karyanya telah banyak mempengaruhi banyak orang secara positif dan diakui sebagai bagian dari warisan intelektual bangsa Indonesia✨

Selain Film, Kisah Buya Hamka Juga Bisa Kamu Nikmati Lewat Novel!

Sosok Buya Hamka sudah memberikan inspirasi untuk banyak manusia dari berbagai aspek, mulai dari ideologi, budaya, politik, hingga kesenian di Indonesia. Tentunya, kisah hidupnya tidak cukup untuk dikenang saja. Ini yang menjadi salah satu pendorong direalisasikannya film Buya Hamka tahun ini!

Diperankan oleh Vino G. Bastian dan Laudya Cintya Bella, film Buya Hamka berhasil menggaet perhatian masyarakat Indonesia sejak pertama perilisannya di hari lebaran kemarin. Bukan cuma mereka, bahkan kameo dan pemeran pendukung yang berkontribusi untuk film ini juga berasal dari deretan aktor dan aktris yang cukup tenar, loh. Mulai dari Reza Rahadian, Mawar de Jongh, hingga Mathias Muchus dan Ferry Salim🙌🏻

Sejak hari pertama tayang, film Buya Hamka sudah banjir review positif! Banyak orang membahas aspek kehidupan seorang Buya Hamka, mulai dari gaya hidup, cara pandangnya terhadap agama dan negara Indonesia, hingga kisah cintanya😍

Tidak jarang review film tersebut diikuti dengan keinginan kuat untuk membaca dan mengenal sosok Buya Hamka lebih lanjut😱 Nah, untuk kamu yang penasaran, kisah Buya Hamka juga diceritakan dalam bentuk novel, loh!

Salah satu biografi novel Buya Hamka yang wajib kamu baca adalah Buya Hamka karangan A. Fuadi yang ditulis dengan manis, hangat, dan juga lihai. Pastinya, cerita versi novel juga wajib kamu baca🤩

Membaca kisah hidup Hamka bagai menonton aneka film sekaligus. Film petualangan penuh adegan mendebarkan, film religi yang menyentuh sanubari dan film romantis yang terasa manis di hati😍

Hidupnya memang kerap berayun ekstrem dari satu kutub ke kutub lain. Mulai dari penulis roman sampai jadi ulama besar penulis tafsir, dari gerilyawan melawan Belanda sampai dituduh makar dan ditangkap oleh Orde Lama. Tapi di kemudian hari dia malah diangkat jadi pahlawan nasional.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Kronika dunia Hamka yang dirangkum di buku karangan A. Fuadi yang satu ini bagai buket dari taman bunga yang luas. Bunga itu wangi, indah warna-warni, karena dipelihara secara kolektif oleh banyak hati. Taman bunga yang terhampar itulah hikayat Hamka yang menginspirasi, melintas banyak generasi.

Nah, selain karena kisah Hamka versi novel memiliki banyak perbedaan dengan kisah Hamka versi film, ada beberapa alasan juga kenapa kamu harus membaca novelnya. Kenapa, sih, kamu harus baca novel Buya Hamka karya A. Fuadi? Simak keunggulan-keunggulan novel Buya Hamka di sini!👇

Kenapa Kamu Harus Baca Novel Buya Hamka karya A. Fuadi?

1. Kedalaman Karakter

Salah satu alasan kenapa kamu harus baca novel Buya Hamka adalah kedalaman karakter yang berbeda dari film. Di dalam novel, karakter Buya Hamka digambarkan dengan sangat mendalam dan detail, sehingga pembaca dapat memahami lebih baik bagaimana pemikiran dan perasaannya. Ini sulit dipaparkan secara lengkap dalam film yang terbatas oleh waktu.

Sebagai seorang penulis, A. Fuadi memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggunakan bahasa untuk menggambarkan karakter. Novelnya menggunakan bahasa yang indah dan kuat, yang mungkin masih sulit untuk diwujudkan dalam film.

2. Deskripsi Latar yang Menarik

Salah satu hal yang tidak bisa kamu dapatkan dari film tetapi bisa kamu nikmati di novel adalah deskripsi latar yang menarik. Novel Buya Hamka dinilai memiliki narasi yang sangat kuat tentang pemandangan alam yang disinggahi oleh Buya Hamka. Bukan cuma itu, novel ini juga memberikan gambaran merinci soal situasi dan kondisi yang menegangkan pada masa itu. Mulai dari latar belakang zaman dan budaya di mana Buya Hamka hidup dan berkarya.

Deskripsi latar dan detail yang menarik ini tentunya sulit ditampilkan dalam film tanpa melambatkan tempo cerita. Dengan membaca novel, pembaca diberikan kebebasan untuk berimajinasi  membayangkan karakter, latar, dan peristiwa dengan cara yang mereka suka dan tidak terbatas oleh keterbatasan produksi film.

3. Bahan Riset Cerita Bersumber dari Keluarga

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah, novel Buya Hamka ditulis dengan berbagai riset untuk menunjang biografi yang berkualitas. Novel Buya Hamka yang dituliskan oleh A. Fuadi melewati berbagai proses riset yang obejktif, mulai dari buku-buku karangan Hamka, wawancara dengan keluarga dan juga banyak saksi sejarah lainnya. Tentunya ini menambah kredibilitas novelnya!

4. Melengkapi Kisah di Film

Walaupun film dan novelnya memiliki judul yang sama, keduanya memiliki gambaran kisah yang berbeda. Akan tetapi, jika kamu membaca novelnya, kamu akan mendapatkan kisah hidup Buya Hamka yang lebih lengkap! Selain perbedaan bahan riset cerita, kisah di novel lebih memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi ceritanya lebih dalam. Untuk memahami cerita Buya Hamka yang lengkap, tentu belum afdal jika kamu belum membaca novelnya juga!

Rekomendasi Buku untuk Kenali Buya Hamka Lebih Dalam

1. Buya Hamka

Salah satu buku wajib yang bisa bantu kamu mengenali Buya Hamka tentunya adalah Buya Hamka karangan A. Fuadi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melalui novel ini kamu bisa mendapatkan eksplorasi cerita yang lebih dalam dengan karakter yang kuat dan narasi yang menarik!

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

2. Ayah...

Irfan Hamka, selaku anak kelima dari Buya Hamka, menuliskan kisah Hamka sebagai sosok ayah, suami dan juga kepala keluarga. Buku Ayah menyuguhkan banyak kenangan, pengalaman, dan kisah luar biasa yang mungkin tak akan kita peroleh selain dari orang-orang terdekatnya.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Buku yang satu ini dijamin bisa menjadi pedoman kamu mengenal sosok Hamka lebih dalam karena buku ini ditulis langsung dari anak kandung Buya Hamka👏🏻

3. Dunia Batin Buya Hamka

Buku ini mencoba mengupas semua sisi kehidupan Buya Hamka, baik sebagai warga negara maupun sebagai seorang muslim. Selain itu, buku ini mengupas pemikiran-pemikiran Buya Hamka dan juga catatan-catatan penting saat beliau di penjara. Tentunya buku ini menjadi lengkap, sebab di dalamnya terceritakan pula kisah pemikiran-pemikirannya selama di penjara.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

4. Di Bawah Lindungan Ka'bah

Selain membaca novel dan biografi tentang Hamka, kamu juga bisa mendalami sosok Buya Hamka dari karya-karya yang ditulisnya. Salah satu karya populer Buya Hamka yang harus kamu baca adalah Di Bawah Lindungan Ka'bah. Novel ini menceritakan perjuangan kisah cinta yang romantis dan mengharukan.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Bercerita tentang Hamid dan Zainab yang sama-sama jatuh cinta, tetapi terpisah mulai dari karena perbedaan latar belakang sosial hingga Zainab yang dihadapkan oleh permintaan ibunya agar menikah dengan laki-laki yang telah dipilihkan.

5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wjick

Siapa yang gak tahu novel yang satu ini? Lewat novel ini, kamu bisa kenal pandangan Buya Hamka yang progresif! Saking populernya, novel ini sampai dibuatkan sebuah film dengan judul yang sama. Selain masalah adat, dalam novel ini juga digambarkan tentang adanya diskriminasi yang terjadi di masyarakat Minangkabau pada waktu itu.

bukuBaca dan Koleksi Sekarang!

Diceritakan pula perbedaan latar belakang dan status sosial yang menghalangi kisah cinta dua manusia bernama Hayati dan Zainudin hingga berakhir dengan kematian tragis yakni tenggelam dalam sebuah kapal yang mereka berdua naiki saat itu.


Baca Juga: Daftar Film Indonesia Adaptasi dari Novel Best Seller


Nah, itu dia sejumlah rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk mengenal sosok Buya Hamka lebih dalam. Untuk kamu yang ingin mengoleksi buku-bukunya, kamu bisa checkout di Gramedia.com!

Gramedia.com juga masih punya banyak diskon spesial buat kamu. Buruan cek semua promo dari diskon spesial hingga penawaran menarik lainnya yang sedang berlangsung di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. Gramedia

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter