Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Bungo Stray Dogs: Ketika Sastrawan Memiliki Kekuatan Supernatural

Bungo Stray Dogs: Ketika Sastrawan Memiliki Kekuatan Supernatural

Bungo Stray Dogs adalah manga yang ditulis oleh Kafka Asagiri dan diilustrasikan oleh Sango Harukawa. Manga ini diterbitkan di Jepang melalui penerbit Kadokawa Shoten dan Yen Press untuk buku terjemahan bahasa Inggris. Demografi manga ini adalah seinen atau ditujukan kepada remaja pria. Serialisasi pertama manga ini ada dalam majalah seinen Young Ace pada 4 Desember 2012.

Bungo Stray Dogs sudah diadaptasi ke berbagai media, di antaranya adalah light novel yang pertama kali diterbitkan pada 1 April 2014. Bungo Stray Dogs juga sudah diadaptasi ke bentuk serial anime. Adaptasi anime dari Bungou Stray Dogs digarap oleh studio BONES dan ditulis oleh Yoji Enokido, serta disutradarai oleh Takuya Igarashi.

Sekilas tentang Bungo Stray Dogs

Setelah 18 tahun tinggal di panti asuhan, pemuda bernama Atsuto Nakajima diusir dari panti tersebut. Dirinya diusir karena mempunyai kekuatan supernatural, di mana dia tanpa tersadar akan berubah menjadi seekor harimau putih dan membuat kekacauan di sekitarnya. Ketika sedang berjalan sendiri dengan perut yang kelaparan, ia menemukan seseorang yang terbawa arus sungai dan menyelamatkannya.

Orang yang diselamatkannya bernama Osamu Dazai. Dazai ternyata adalah seseorang yang bergabung dalam agensi detektif bersenjata, sebuah agensi yang berbasis di Yokohama, Jepang untuk menangani berbagai kasus yang ada di kota yang penuh dengan kekuatan supernatural. Pertemuannya dengan Dazai juga memperkenalkan Atsushi kepada pemilik kekuatan supernatural lainnya.

Jika kalian merasa tidak asing ketika mendengar nama-nama karakter di Bungo Stray Dogs, itu karena nama mereka diambil dari para sastrawan! Hampir semua karakter  yang ada di Bungo Stray Dogs memiliki nama yang diambil dari sastrawan seperti Edogawa Ranpo, Akutagawa Ryunosuke, Doppo Kunikida.

Bukan hanya sastrawan Jepang, manga ini juga mengambil inspirasi nama dari sastrawan barat seperti Mark Twain, Louisa May Alcott, dan Francis Scott Key Fitzgerald. Kekuatan supernatural yang dimiliki para karakter memiliki nama yang terinspirasi dari karya sastra mereka. Dalam membuat tiap karakter, penulis Kafka Asagiri dan ilustrator Sango Harukawa memulai dengan menentukan desain dari tiap karakter. Dengan melihat desain karakter yang sudah dibuat, hal tersebut menginspirasi Asagiri untuk penulisan latar belakang cerita pada tiap karakter.

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!

Alih Wahana Bungo Stray Dogs ke Berbagai Media

Dari wahana-wahana yang ada, anime Bungo Stray Dogs lah yang meroketkan namanya ke banyak kalangan. Bungo Stray Dogs sudah berjalan selama tiga musim dengan musim pertama berjumlah 12 episode yang rilis pada April-September 2016. Dilanjutkan dengan musim kedua berjumlah 12 episode yang rilis pada Oktober-Desember 2016, dan musim ketiganya berjumlah 12 episode yang dirilis pada April-Juni 2019. Musim keempatnya diumumkan akan tayang pada tahun 2023 mendatang.

Anime Bungo Stray Dogs juga memiliki serial spin-off. Serial spin-off ini memiliki judul Bungo Stray Dogs Wan. Jika serial biasanya memiliki genre aksi misteri, serial Wan! memiliki genre slice-of-life yang dibumbui dengan komedi. Serial ini menceritakan keseharian para anggota agensi detektif bersenjata dengan penampilan yang lucu karena mereka memiliki penampilan chibi di serial ini.

Selain serial anime, film berdasarkan manga Bungo Stray Dogs juga sudah dibuat. Sejauh ini, sudah ada dua film yang sudah dirilis. Film pertama berjudul Dead Apple rilis pada 3 Maret 2018, diadaptasi dari manganya yang berjudul sama. Sedangkan film kedua berjudul BEAST rilis pada 7 Januari 2022. Berbeda dengan Dead Apple yang berbentuk anime, BEAST merupakan adaptasi live action dengan naskah yang ditulis oleh penulis manganya, yaitu Kafka Asagiri dan disutradarai oleh Koichi Sakamoto.

Hampir semua judul Bungo Stray Dogs saat ini tersedia untuk ditonton secara legal! Kalian bisa menonton musim pertama dan musim kedua melalui layanan streaming Netflix. Musim ketiga, Wan!, dan film Dead Apple dapat kalian tonton di layanan streaming Bilibili.

Light Novel Bungo Stray Dogs

Selain anime dalam bentuk film dan serial, Bungou Stray Dogs juga diangkat menjadi light novel, atau novel yang disertai dengan ilustrasi mirip seperti manga dan cenderung memiliki cerita yang ringan serta mudah dicerna.

Light novel Bungou Stray Dogs memiliki genre aksi dan misteri dengan balutan komedi yang jenaka. Kafka Asagiri menulis light novel untuk para pembaca kasual yang ingin membaca Bungo Stray Dogs. Adanya light novel juga dilakukan dengan tujuan untuk merilis buku lebih banyak setiap tahun. Light novel Bungo Stray Dogs sampai sekarang sudah terbit sebanyak delapan volume sejak 1 April 2014.

Berbeda dengan manganya, volume 1 dari light novel tidak mengambil cerita tentang Atsushi Nakajima, tapi tentang partner dari agensi bersenjatanya, yaitu Doppo Kunikida dan Osamu Dazai. Di Indonesia, volume 1 ini memiliki judul Seleksi Masuk Osamu Dazai, dan sudah tersedia di Gramedia.com sejak 7 Juni 2022 lalu.

BungoBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Seleksi Masuk Osamu Dazai bercerita tentang hari-hari pertama Osamu Dazai di agensi bersenjata. Light novel ini diceritakan lewat sudut pandang Doppo Kunikida, seorang detektif dengan idealisme tinggi dan selalu menjalani kegiatan sesuai rencananya.

Sampai suatu hari, dia dipasangkan dengan rekrutan terbaru agensi bersenjata, Osamu Dazai, seorang pria eksentrik yang berlaku semaunya. Ini adalah cerita tentang di mana dua detektif dengan kepribadian yang jauh berbeda yang akhirnya menjadi duo mematikan!

Komik Bungo Stray Dogs Hadir di Indonesia

Lalu, volume 1 dari manga Bungou Stray Dogs akan resmi diterbitkan pada 5 September 2022 di Indonesia. Pre-order komik Bungo Stray Dogs sudah dibuka sejak 24 Agustus 2022 kemarin dengan tambahan bonus kartu pos resmi dari manganya!

BungoBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kalau kamu bingung apa yang membedakan antara light novel dengan komik yang akan segera hadir di Indonesia ini, adalah latar cerita yang dibawakan. Light novel berlatar 2 tahun sebelum cerita manganya dimulai yang berpusat pada duo detektif terhebat di agensi bersenjata, yaitu Osamu Dazai dan Doppo Kunikida.

Untuk komiknya sendiri bercerita tentang Atsuto Nakajima, seorang anak yatim piatu yang diusir dari panti asuhannya dikarenakan dapat berubah menjadi harimau putih tanpa disadari.

Di saat sedang berjalan sendiri dan hendak mencopet orang lain untuk uang makan, ia melihat seseorang terbawa oleh arus sungai dan menyelamatkannya. Orang itu adalah Osamu Dazai dan dia mengajak Atsuto untuk bergabung ke agensi detektifnya, yaitu agensi bersenjata untuk menangani kasus supernatural yang ada di kota mereka yaitu Yokohama.

BungoDapatkan Bonusnya di Sini!

Pre-order sudah dimulai sejak 24 Agustus 2022 dan akan berlangsung sampai 31 Agustus 2022. Jangan sampai kelewatan untuk dapatkan komik dan bonus kartu posnya!

Mau tahu ada diskon spesial apa saja yang bisa kamu gunakan lagi di Gramedia.com? Yuk, langsung cek di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: bilibili.tv

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter