6 Buku Wajib bagi Calon Startup Founder

6 Buku Wajib bagi Calon Startup Founder

. 3 min read

Tidak ada di dunia ini yang mampu mengantikan kebijaksaan yang ada di dalam sebuah buku. Entah menyukai buku fisik di Toko Buku Gramedia atau yang suka mengunduh dan membaca buku dari aplikasi Gramedia Digital. Membaca adalah pilihan terbaik untuk belajar dan bertumbuh serta mengembangkan kemampuan.

Dengan beragamnya kebutuhan di era teknologi sekarang ini, membuat startup bersama dengan tim yang dapat dipercaya adalah jalan keluarnya. Bagi mereka yang berminat dengan startup, pasti ingin belajar dari yang terbaik. Ada jutaan pengusaha yang sudah merilis atau mendirikan startup-nya.

Kabar baiknya, ada beberapa pendiri startup terbaik di dunia telah menuliskan beberapa pengalaman mereka ke dalam buku, supaya kamu yang baru memulai, bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan.

Ini dia 6 bacaan wajib buat startup founder untuk cari tahu gimana caranya bikin startup kelas dunia! Buku-buku di bawah ini bisa jadi referensi untuk mengembangkan pikiran dan kemampuan.

The Lean Startup

for-blog-fixed---the-lean-startup

Buku ini membahas tentang bagaimana seharusnya startup itu dibuat. The Lean Startup karya Eric Ries ini sendiri menjabarkan suatu metode yang digunakan untuk meminimalisasi biaya kegagalan pada suatu startup. Pelajaran populer yang terkenal dari buku ini adalah konsep Build-Measure-Learn, Validated Learning, dan Innovation Accounting.

Hooked

for-blog-fixed---hooked
Jika kalian ingin membuat produk yang digunakan orang setiap hari, buku ini adalah buku wajib yang harus kalian baca. Hooked karya Nir Eyal menjelaskan secara detail tentang bagaimana kebiasaan dapat terbentuk dengan sebuah aplikasi. Framework yang digunakan disebut dengan HOOK yang berisi Trigger, Action, Reward, dan Investment.

Zero To One

for-blog-fixed---zero-to-one

Hal besar setelah Facebook tidak datang dari media sosial, melainkan dari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru ini berarti membuat 0 menjadi 1, bukan 1 menjadi n. Zero to One karya Peter Thiel bersama Blake Masters ini menjelaskan bagaimana cara sebuah perusahaan membangun monopoli dan, yang terpenting, bagaimana mempertahankan monopoli tersebut.

Sprint

for-blog-fixed---sprint
Buku ini mengungkap rahasia Google untuk menciptakan sebuah produk yaitu dengan framework yang bernama “Google Design Sprint”. Buku karya Jake Knapp, John Zeratsky, dan Brad Kowitz ini juga memberikan panduan lengkap untuk mengadakan “sprint” untuk memecahkan masalah hingga jadi prototipe hanya dalam lima hari.

The Startup Owner's Manual

for-blog-fixed---the-startup-owner-s-manual

Sesuai judulnya, The Startup Owner's Manual karya Steve Blank dan Bob Dorf adalah panduan langkah demi langkah komprehensif untuk menjalankan perusahaan startup dengan benar. Buku ini membimbing para pelaku usaha melalui proses customer development yang mengajak mereka untuk keluar dari gedung kantornya, tempat pelanggan tinggal untuk mengembangkan produk-produk unggul yang akan dibeli para pelanggan.

The Hard Thing About Hard Things

for-blog-fixed---the-hard-thing-about-the-hard-things

Buku ini adalah favorit kami, karena di sini Ben Horowitz (of Andreessen Horowitz) banyak bercerita tentang kesulitan dan dan kebijaksanaan dalam stratup, sebuah sintesis dari blog populer Ben’s Blog. Semua yang perlu diketahui dari merekrut orang, memecat orang, exist startegy, dan cara menjadi seorang pemimpin yang hebat ada di dalam buku ini. Mengutip isi buku ini, "Learn from the best, and maybe laugh a little on the way."


Mana dari buku-buku di atas yang paling sesuai dengan kebutuhan saat ini? Bisa juga berikan buku rekomendasi yang belum ada pada daftar di atas dengan memberikan komentar di bawah. Ayo bangun startup!