Small Fry: Hubungan Steve Jobs dan Anak Perempuannya yang Rumit

Small Fry: Hubungan Steve Jobs dan Anak Perempuannya yang Rumit

. 2 min read

Setiap ayah punya perlakuan yang berbeda-beda terhadap anak perempuannya. Beberapa perempuan merasa begitu dekat dengan sang ayah karena selalu mendengarkan dan tegar di depan sang anak. Namun, tidak sedikit pula ayah yang begitu jauh di mata anak perempuannya; terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau bahkan bersikap kasar. Bagaimana jika seorang anak perempuan menerima dua sikap yang berseberangan dari sang ayah?

Lisa Brennan-Jobs adalah anak perempuan Steve Jobs yang menceritakan kisah masa kecil hingga dewasanya dalam Small Fry. Kisah di dalamnya adalah seputar hubungan Lisa dengan sang ayah Steve Jobs yang bisa dibilang rumit. Ia kadang menerima perlakukan yang menyenangkan tapi juga kerap menyebalkan dari sang ayah.

Steve Jobs adalah tokoh di balik kesuksesan Apple Inc., sebuah perusahaan teknologi pengembang iPhone dan komputer Mac. Apple Inc. menjadi salah satu merek paling populer dan penuh prestise di dunia. Kantor berita CNBC bahkan menobatkan Steve Jobs sebagai orang paling berpengaruh dalam 25 tahun terakhir. Namun, tidak banyak yang tahu tentang hubungan Steve Jobs dengan keluarganya terutama anak perempuannya.

Tujuh tahun sepeninggalan Steve Jobs pada 2011, Lisa Brennan-Jobs memberanikan diri untuk berbagi kisah hidupnya yang kontroversial itu lewat Small Fry. Phillipe Lopate, kritikus film dan penulis Being with Children mengungkapkan bahwa tak satu pun buku atau film yang bisa menggambarkan Steve Jobs semanusiawi Small Fry.

Small
Small Fry karya Lisa Brennan-Jobs

Buku pertama Lisa yang terbit pertama kali pada 2018 lalu itu akhirnya diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Penerbit Qanita (salah satu lini penerbit Mizan Publishing House). Dengan sampul oranye nan dominan, Small Fry akan mulai beredar di toko buku pada 12 Desember 2019. Lalu, sebarapa menyenangkan dan menyebalkankah sang ayah di mata Lisa?

Dalam rilis pers yang diterima dari Penerbit Qanita, lewat Small Fry, pembaca akan mengetahui perjalanan hidup Lisa yang sempat tak diakui oleh Steve Jobs sebagai putri kandungnya. Steve Jobs bahkan sempat mengatakan kepada majalah Time bahwa 28% populasi pria di Amerika Serikat bisa saja ayah kandung Lisa. Walaupun begitu, Lisa juga sesekali merasakan sisi kebapakan dari Steve Jobs.

Small fry sendiri adalah istilah yang dibuat oleh para pemancing untuk menyebut ikan kecil yang berukuran terlalu kecil sehingga belum pas untuk bisa dipancing. Small fry jugalah yang menjadi julukan yang kerap dilontarkan Steve Jobs kepada Lisa dan dijadikan judul dalam karya pertamanya itu. Namun, apa sebetulnya arti julukan small fry untuk Lisa?

Memoar Small Fry adalah karya kontroversial yang mengisahkan gadis kesayangan pendiri Apple Inc. serta hubungan ayah dan anak perempuannya yang rumit. Buku ini akan menyuguhkan rasa tak diakui oleh ayah sendiri, dampak psikologis yang dialami Lisa, dan bagaimana akhirnya Lisa mampu berdamai dan memaafkan sang ayah.

Dapatkan buku Small Fry karya Lisa Brennan-Jobs di Gramedia.com!