Buku Terbitan Gramedia yang Raih Anugerah Pembaca Indonesia 2021

Buku Terbitan Gramedia yang Raih Anugerah Pembaca Indonesia 2021

. 4 min read

Sebagai komunitas pembaca buku terbesar di Indonesia, Goodreads Indonesia kerap kali melaksanakan Festival Pembaca Indonesia yang digelar tahunan. Dalam rangkaian festival tersebut, sejak tahun 2010 selalu diadakan Anugerah Pembaca Indonesia sebagai rasa terima kasih dan apresiasi dari pembaca untuk penulis dan penerbit buku di Indonesia.

Walaupun pandemi masih menghantam Indonesia, gelaran penghargaan untuk para pahlawan literasi tetap dilaksanakan secara daring. Berkolaborasi dengan Patjarmerah yang juga kerap menggelar festival literasi dan pasar buku, Goodreads Indonesia mengajak pembaca untuk memilih buku dan penulis serta desainer sampul yang disukai melalui goodreads.com. Suara yang sudah terkumpul pada tahun ini, beberapa kategori diraih oleh koleksi buku dari penerbit Gramedia.

Berikut buku terbitan dari Gramedia yang meraih Anugerah Pembaca Indonesia 2021

Anomali: Memoar Seorang Bipolar

Buku karya dari Elnov yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) meraih dua kategori sekaligus, yaitu Kategori Buku dan Penulis Non Fiksi Terfavorit serta Kategori Sampul Buku Non Fiksi Terfavorit. Buku pengembangan diri yang dirilis pada Juni 2020 ini menceritakan bagaimana penulis dinyatakan sebagai ODB (Orang dengan Bipolar) sejak usia muda.

anomaliBaca dan Beli Sekarang di Sini!

Ia menceritakan pandangannya dalam menghadapi pergejolakan mental dan batin, ledakan kebahagiaan hingga langit depresi yang kelam. Kamu akan diajak melihat dan menyelam alam pikiran penulis, bagaimana setiap hari harus bertarung dengan kondisi psikologis yang cukup sulit dijalani.

Buku ini bagus sekali untuk mengenali apa itu bipolar, bagaimana seseorang mengalami kondisi tersebut, dan cocok untuk mengetahui cara menghadapi seseorang yang mengidap bipolar.

Buku ini juga sudah bisa kamu baca langsung melalui e-book di Gramedia Digital. Klik di sini >>> Anomali: Memoar Seorang Bipolar


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Percakapan Paling Panjang Perihal Pulang Pergi

Ini adalah buku puisi best seller dari pasangan Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada awal tahun 2021. Sama seperti buku sebelumnya, buku kumpulan puisi ini juga memenangkan dua kategori sekaligus, yaitu Kategori Penulis dan Buku Puisi Terfavorit serta Kategori Desainer Sampul Buku Puisi Terfavorit.

bukuBaca dan Beli Sekarang di Sini!

Pasangan penyair ini saling berbalas puisi, namun kali ini lewat e-mail, dan membuahkan hasil pada buku kumpulan puisi ini. Buku ini dibuat pada masa pandemi tahun 2020 lalu, dimana format percakapan antara Theo dan Weslly menciptakan kontinuitas dari awal hingga akhir.

Sangat mengunggah rasa dengan pilihan kata yang manis. Tentang pulang dan pergi, yang artinya kedua hal tersebut satu kesatuan, tidak akan terpisahkan. Berikut sedikit penggalan puisi yang berjudul “Meneguk Kelopak Madu” dalam buku ini:

meneguk madu dari matamu
berkemah dan membangun usia
usang sebagai pagar
meniduri kelopakmu yang gumun
hingga pagi bangun

-----

pukul berapa ibu?
pukul berapa kau pulang dan memelukku?
pukul berapa kau pulang dengan gegas
dan merentang peluk padaku sejak di pintu?

Kumpulan puisi dari pasangan penyair ini bisa juga kamu baca lewat e-book di Gramedia Digital. Klik di sini >>> Percakapan Paling Panjang Perihal Pulang Pergi


Baca juga: Buku Kumpulan Puisi yang Cocok dibaca Saat Musim Hujan


My Pre-Wedding Vol. 1

Komik yang berawal dari Webtoon paling populer dan paling banyak dibaca ini adalah karya dari Annisa Nisfihani. My Pre-Wedding menjadi prekuel dari Webtoon Pasutri Gaje atau bisa dibilang cerita sebelum sang tokoh menjadi pasangan suami istri. Komik yang rilis pada 16 Agustus 2020 oleh penerbit Koloni (imprint m&c!) ini sukses meraih Anugerah Pembaca Indonesia 2021 pada Kategori Desainer Sampul Buku Komik/Novel Grafis Terfavorit.

Ini adalah cerita bagaimana awal pertemuan Adimas dan Adelia, seorang PNS di dua kelurahan yang bersebelahan, sebelum mereka akhirnya menikah. Walaupun sudah ada di Webtoon, banyak sekali pembaca yang tetap senang dan kesengsem dengan kelakuan Adimas dan Adelia yang sweet lewat komik fisiknya.

Adimas terang-terangan mantap untuk melamar Adelia. Padahal Adelia saja tidak pernah akrab dan dekat dengan Adimas, walaupun sebenarnya ia adalah laki-laki yang tampan dan sudah mapan. Adelia bingung, antara kaget, nggak percaya, tapi juga senang. Kantornya pun heboh dan kaget, termasuk sahabat mereka.

Akankah Adelia langsung menerima lamaran dari lelaki idaman macam Adimas ini? Langsung yuk baca kisah serunya dan dapatkan komiknya di Gramedia.com. Klik gambar di bawah ini ya.

myBaca dan Beli Sekarang di Sini!

Itu dia tiga karya dari terbitan Gramedia (GPU dan m&c!) yang berhasil meraih hati banyak pembaca lewat hasil voting untuk Anugerah Pembaca Indonesia 2021. Semoga dengan hal ini para penulis akan lebih semangat dalam berkarya di dunia literasi. Terima kasih juga untuk semua pembaca yang sudah ikut memberikan suara! 🤗❤

Grameds pasti jadi penasaran kan sama buku-buku di atas? Karena Grameds semua adalah #SahabatTanpaBatas-nya Admin, ada diskon hingga 30% untuk ngeborong buku-buku di atas. Tanpa ragu, langsung checkout sekarang di Gramedia.com.

PromoKlik untuk Info Promo

Dan kamu juga bisa gunakan layanan Pesan Antar. Mau pesan buku dan produk lainnya, langsung WhatsApp nomor di bawah ini ya. Pesanan cepat datang, plus ada diskon ongkos kirim!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia Pustaka Utama dan Dok. Koloni Publisher