Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

12 Buku Rujukan tentang Pendidikan dan Guru untuk Peringati Hari Guru Nasional

12 Buku Rujukan tentang Pendidikan dan Guru untuk Peringati Hari Guru Nasional

Setiap tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional sebagai apresiasi dan bentuk penghargaan terhadap jasa mulia guru-guru di Indonesia. Penetapan Hari Guru Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994.

Ditetapkan pada tanggal 25 November karena bersamaan dengan hari lahirnya organisasi PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Pada tahun ini, tema yang diangkat untuk merayakan Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Dikutip dari Suara.com (2021), maksud dari bergerak dengan hati adalah membawa para murid mengetahui ilmu pengetahuan lebih banyak dengan empati yang tinggi, sehingga mereka dapat menyerap ilmu tersebut dengan baik. Sedangkan pada pulihkan pendidikan, mengartikan bahwa walaupun di kondisi yang serba terbatas, sekolah tetap bisa memberikan fasilitas terbaik meskipun melakukan pendidikan jarak jauh.

Dalam memperingati Hari Guru Nasional, berikut adalah buku-buku rujukan tentang pendidikan dan guru yang ditulis oleh pakar-pakar pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri. Buku-buku ini juga cocok dibaca oleh para guru maupun orang tua.

Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan dan untuk Guru

1. Sistem Pendidikan Finlandia - Ratih D. Adiputri

Banyak sekali pemberitaan mengenai sekolah di Finlandia yang tidak memberikan PR, tidak aja ujian, dan tidak ada nilai rapor di akhir tahun pelajaran, namun tetap bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment). Lalu, bagaimana mengukur kemampuan siswa jika tidak ada nilai? Apa yang menjadi landasan pendidikan Finlandia sehingga dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia?

sistemBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut yang ditulis oleh akademisi dan dosen Universitas Jyvaskyla Finlandia asal Indonesia. Penulis akan membagikan pengalamannya dalam mendampingi putrinya menempuh pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga sekolah menengah di Finlandia. Buku ini sangat cocok untuk para guru, pengambil kebijakan pendidikan, dan orang tua yang peduli terhadap pendidikan sang buah hati.

2. Guru Penggerak, Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional - Wijaya Kusumah & Tuti Alawiyah

guruBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Guru Penggerak adalah program pendidikan dan pelatihan untuk para guru yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat para guru mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan baru di sekolah dan komunitasnya.

Buku ini membahas dengan tuntas mengenai apa itu guru penggerak dan apa saja yang dipelajari dalam Diklat Calon Guru Penggerak selama 9 bulan. Kedua penulis membedah program ini dari sudut pandang yang berbeda, sehingga mampu menjadi bahan ajar para guru dalam memahami pendidikan menurut filosofi Ki Hajar Dewantara, sekaligus menjaga pendidikan karakter bangsa.

3. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya - Witarsa-Rahmat Ruhyana

pendidikanBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Menurut Kemendikbud RI, bangsa besar adalah bangsa yang memiliki karakter kuat, berdampingan dengan kompetensi yang tinggi, yang tumbuh dan berkembang dari pendidikan yang menyenangkan dan lingkungan yang menerapkan nilai-nilai baik dalam seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan hal tersebut, pendidikan karakter yang mampu meningkatkan keterampilan atau kecakapan penting dilakukan untuk membentuk jati diri bangsa yang kokoh, kolaboratif, dan memiliki daya saing tinggi. Buku ini akan membahas secara lengkap bagaimana konsep pendidikan karakter dan cara mengaplikasikannya dalam mendidik anak.

4. Daring Duraring Belajar dari Rumah: Strategi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi - Momon Sudarma

pendidikanBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini sangat cocok dengan kondisi yang sedang dialami saat ini. Isinya mengenai pengalaman dan kisah pelaksanaan belajar dari rumah baik dari kaca para guru, orang tua, maupun siswa itu sendiri. Buku ini diharapkan bisa menjadi jalan keluar dari permasalahan yang kerap dialami selama melakukan pembelajaran jarak jauh.

5. Cerdas Istimewa di Kelas Inklusi: Buku Pegangan Guru dan Calon Guru - Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi et all

cerdasBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan bahwa penerimaan peserta didik oleh sekolah haruslah secara nondiskriminatif, artinya semua sekolah di Indonesia harus mampu menerima siswa cerdas istimewa. Hal ini tentunya harus didukung juga oleh kesiapan dan pemahaman para guru maupun seluruh pendukung di sekolah terhadap memahami apa, siapa, dan bagaimana cerdas istimewa.

Dengan buku ini, siapapun bisa menemukan pandangan baru tentang kecerdasan istimewa, yang tak hanya berlandaskan pada tingginya IQ, kreativitas, dan motivasi, tetapi juga peranan lingkungan, pola tumbuh kembang khusus, kepribadian, dan karakteristik khusus cerdas istimewa.

6. Semua Murid Semua Guru 4: Edukasi di Masa Pandemi - Najelaa Shihab

semuaBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Akses dan kualitas pendidikan masih sulit terwujud selama ini, ditambah pada masa pandemi. Kesenjangan terlihat semakin nyata antara pelajar di kota maupun di desa. Sekolah tanpa pertemuan tatap muka adalah salah satu dampak dari COVID-19 dan masih ada dampak panjang pada pendidikan yang perlu dimitigasi dan dicarikan solusi. Buku ini akan menjabarkan kegawatdaruratan dan apa yang perlu diperjuangkan untuk keberlanjutan pendidikan.

7. Remodelling Pembelajaran Bagi Guru - Abdul Muis Joenaidy

remodellingBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Pendidikan dan pembelajaran terus mengalami perubahan dan perkembangan, apalagi saat ini pembelajaran pun harus dilakukan secara jarak jauh. Sebagai penggerak pendidikan, khususnya pembelajaran di dalam kelas, perubahan dan perkembangan ini menuntut para guru untuk beradaptasi.

Penulis membagikan pengalamannya selama mengajar dan menjadi pemateri dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan bersama para guru. Disajikan bagaimana implementasi teknologi dengan cara baru dan berbeda dalam pembelajaran. Buku ini bisa menjadi pendamping para guru, terlebih disertai tautan video panduan yang memudahkan pembaca untuk mempraktikkannya.

8. Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter - Ign. Edi Santosa, dkk

mendidikBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Di dalam situasi yang terus berubah, guru harus bisa mengerti karakter anak di setiap zamannya. Buku ini akan menjelaskan mengenai pendidikan generasi milenial, bagaimana pembelajaran yang mencerdaskan, pendidikan karakter, dan bagaimana para guru dapat mengaplikasikan model-model pendidikan yang tanggap akan perubahan.

9. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi) - R. Arifin Nugroho

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Kurikulum pendidikan sudah sepantasnya berubah menyesuaikan zamannya. Saat ini, pendekatan saintifik dan HOTS menjadi salah satu inti dalam kurikulum. Sayang, masih sering terjadi miskonsepsi dalam mengembangkan HOTS sehingga malah membuat pembelajaran semakin rumit dan sulitnya soal penilaian.

Buku ini akan menjelaskan bahwa HOTS bukanlah model mengajar ataupun bentuk soal, namun cara berpikir adaptif. Dengan buku ini, guru akan mampu membiasakan HOTS kepada murid dan membahas tentang ragam soal model HOTS.

10. 100 Ide untuk Guru SD: Menarik Partisipasi Orang Tua - Janet Goodall dan Kathryn Weston

100Baca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini menyajikan ide-ide yang dapat membantu para guru SD dalam menarik keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak, di rumah maupun di sekolah. Guru dapat mengimplementasikan, memvariasikan, bahkan mengkreasikan ide-ide dalam buku ini sesuai dengan kebutuhan. Buku ini diharapkan mampu memaksimalkan potensi orang tua dalam ikut berperan pada kegiatan belajar dan perkembangan akademik anak.

11. Creative Teaching: Mengajar Mengikuti Kemauan Otak - Robert Bala

creativeBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Agar anak-anak murid begitu gembira dan senang belajar di sekolah, maka guru-guru pun perlu melakukan metode mengajar yang kreatif. Buku ini akan membantu kamu untuk menggali ide kreativitas dalam mengajar. Metode yang digunakan juga menjadikan pembelajaran lebih menarik.

12. Menjadi Guru Hebat Zaman Now - Robert Bala

menjadiBaca dan Dapatkan Bukunya di Sini!

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter siswa juga ikut berkembang. Hal tersebut menjadi tantangan yang besar untuk guru bisa menjawab kehebatan siswa-siswanya. Lalu, apa yang menjadi kriteria untuk dapat menempatkan diri sebagai guru hebat? Buku ini akan menjawabnya!

Itu dia buku-buku yang bisa jadi referensi mengenai dunia pendidikan dan buku pegangan untuk para pembimbing cita-cita anak bangsa.

Sebagai bentuk apresiasi dan memberi penghargaan atas pengabdian para guru yang begitu mulia, Gramedia.com memberikan diskon spesial hingga 20% untuk buku-buku bisnis dan ekonomi, serta edukasi dan referensi dari tanggal 25 - 26 November 2021.

kumpulanKlik untuk Info dan Koleksi Buku Lebih Lengkap!

Berkat pengetahuan dan bimbinganmu, kami mampu mempelajari apapun tanpa terasa berat, hingga terbukanya cakrawala dan tergapai cita-cita. Selamat Hari Guru Nasional!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Tribunnews.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus