2022 Wrap Up: Buku Parenting yang Wajib Dibaca Orang Tua, Semuanya Diskon 50%!

2022 Wrap Up: Buku Parenting yang Wajib Dibaca Orang Tua, Semuanya Diskon 50%!

Orang tua memiliki pengaruh besar dalam tumbuh kembang anak, baik itu sifat dan perilaku. Hal ini karena sejak lahir orang tua lah yang selalu menemani dan mengasuh anak hingga dewasa. Bahkan, perilaku orang tua juga bisa ditiru oleh anak karena tak sengaja dipelajari hanya dengan melihat perilaku orang tuanya.

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin si kecil tumbuh lebih baik daripada diri kita sendiri. Kita ingin anak-anak berperilaku baik, berprestasi, dan menjadi orang yang sukses. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkannya, apalagi di era modern saat ini.

Untuk itu, menambah ilmu dari membaca buku-buku mengenai parenting jadi cara sederhana, tapi penting bagi para orang tua hebat yang ingin mengasuh anaknya dengan benar. Berikut 15 buku parenting best seller selama tahun 2022 yang wajib dibaca dan diterapkan untuk para orang tua kepada anak-anaknya di zaman modern ini.

Rekomendasi Buku Parenting Best Seller 2022

10. Promil Tanpa Galau

promilBeli dan Baca Sekarang!

Berbicara mengenai parenting pastinya tidak jauh dengan anak-anak. Saat ini sudah banyak buku parenting yang ingin mengajarkan pola asuh kepada anak, tetapi bagaimana jika buku parenting hadir dalam bentuk buku yang satu ini? Promil Tanpa Galau adalah sebuah buku penting untuk para calon orang tua yang menginginkan buah hati di keluarganya.

Melalui buku ini tersaji informasi lengkap untuk pasangan yang merencanakan kehamilan dan bagaimana cara menghindari infertility. Menurut beberapa dokter terpercaya di dalam buku ini dijelaskan bahwa infertilitas bukan hanya terjadi pada perempuan tetapi laki-laki juga. Lewat buku ini kamu akan disadarkan dengan banyak ilmu mengenai infertilitas dan bagaimana cara menghadapinya agar kamu bisa menimang buah hati kecintaanmu!

9. Prenatal Gentle Yoga

prenatalBeli dan Baca Sekarang!

Buku selanjutnya yang akan banyak mempersiapkanmu menjadi orang tua dengan pola asuh yang baik adalah Prenatal Gentle Yoga. Salah satu tantangan besar orang tua dalam menimang anak adalah proses bersalin yang katanya sakit dan berisiko. Lewat buku ini, kamu bisa mempelajari tips dan trik agar kamu bisa menghadapi persalinan yang lancar, aman, nyaman dan minim trauma.

Cara yang paling umum dilakukan banyak ibu hamil menjelang persalinannya adalah yoga. Melalui prenatal gentle yoga, kamu bisa mempersiapkan diri secara fisik, mental, spiritual sebelum kehamilan. Bahkan melalui buku ini kamu juga akan diajari caranya memperbaiki postur tubuh untuk menciptakan ruang maksimal bagi perkembangan janin di rahim. Buku ini bukan cuma memberikanmu banyak bekal persalinan, tetapi juga dilengkapi dengan panduan gambar step-by step yang mudah ditiru. Tentunya, buku yang satu ini tidak bisa dilewatkan untuk para ibu hamil! Dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com!

8. Asi Untuk Anakku

asiBeli dan Baca Sekarang!

Tantangan orang tua menghadapi seorang anak tidak hanya terbatas pada fase kehamilan dan mendidiknya menjadi orang baik untuk masa depannya. Tantangan orang tua juga akan datang pada fase-fase menyusui. Asi menjadi salah satu amino esensial yang sangat penting untuk perkembangan bayi, akan tetapi tidak semua ibu bisa memberikannya dengan baik kepada sang buah hati.

Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan tips, trik, serta dukungan emosional untuk mempersiapkan diri menyusui buah hati. Termasuk juga untuk para ibu yang sedang dalam masa menyusuinya. Tentu dukungan ini adalah suatu hal yang penting untuk menjamin kualitas generasi yang akan datang bersama anak-anak sehat dan kuat dengan asi yang bergizi!


7. Seni Berkomunikasi Menanggapi Pertanyaan Anak yang Sulit Dijawab Orangtua

seniBeli dan Baca Sekarang!

Setelah anak lahir dan bertumbuh, perlahan otaknya juga mulai berkembang. Ada kalanya anak akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab orangtua. Dalam keseharian, akan ada saja pertanyaan anak yang membuat orang tua frustrasi dan mati kutu untuk menjawabnya. Apalagi kalau pertanyaan anak seolah tiada habisnya. Anak mengalami perkembangan kognitif dalam setiap tahap perkembangan usianya. Semakin bertambah usia, kematangan berpikirnya juga semakin kompleks. Anak juga semakin siap menghadapi beragam informasi di sekitarnya.

Dengan hal ini, orang tua akhirnya juga dituntut untuk bisa menjawab setiap pertanyaan anak yang kian kompleks itu. Lewat buku ini, orang tua akan belajar bagaimana caranya menjawab pertanyaan anak. Jawaban yang asal-asalan akan merugikan perkembangan pola berpikir logis anak. Buku ini akan menguraikan seni berkomunikasi dengan anak, mulai dari bagaimana cara menguasai dan menjawab pertanyaan anak yang sulit, memahami betapa pentingnya menjawab pertanyaan anak dengan bijaksana, dan yang terpenting mendapatkan inspirasi bagaimana cara menjawab pertanyaan yang tepat sesuai kategori usia perkembangan anak.

6. Seni Menjadi Orang Tua Hebat

seniBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini dengan tepat menghadirkan cara-cara kunci untuk membantu para orang tua membentuk kembali tingkah laku anak-anaknya yang menantang, menciptakan ikatan keluarga yang kuat, serta membimbing anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bahagia, baik hati, dan bertanggung jawab. Seni Menjadi Orang Tua Hebat merupakan peta jalan dari segala sesuatu yang diperlukan orang tua untuk melakukan parenting sehingga Ayah dan Bunda akan berulang kali menggunakannya.

Ahli psikologi Erica Reischer mengambil dari riset dan pengalaman klinis untuk mencari informasi paling bermanfaat tentang seni dan sains parenting menjadi 75 cara sederhana untuk membesarkan anak-anak yang bertumbuh dengan contoh nyata, kiat berguna, dan sarana-sarana yang dapat segera diaplikasikan oleh para orang tua. Buku ini menuntun orang tua untuk menjadi orang tua hebat dengan penerapan yang mudah diaplikasikan dalam tindakan dan dapat diikuti dengan cepat.

5. Seni Memahami Perasaan Anak

seniBeli dan Baca Sekarang!

Mengajarkan anak tentang banyak hal memang mudah, tetapi apakah mereka bisa memahaminya dengan sama mudahnya? Barang kali anak sulit memahami kita karena kita juga tidak memahami perasaannya.

Rasanya sangat mudah menilai anak nakal kalau kita melihatnya dari perspektif orang dewasa. Padahal, jika mau memahami, ada sejumlah alasan di balik segala tindakan anak. Anak berbohong karena tidak mau mengecewakan orangtua, anak mengambil barang orang lain karena belum tahu konsep kepemilikan, dan anak memaki karena ingin diterima oleh pergaulan. Saat kita lebih mengerti maksud tindakan anak, kita akan dapat berkomunikasi dengan empati, dan pada akhirnya memiliki hubungan yang lebih harmonis. Lewat buku ini, kita akan dibimbing untuk berkomunikasi dengan empati, bahkan di situasi tersulit sekalipun.

4. AKUR

parentingBeli dan Baca Sekarang!

Kunci pada suatu keharmonisan keluarga adalah keakuran. Akan tetapi, tidak semua orang memahami konsep akur yang hadir di dalam kehidupan sehari-hari kita. Melalui buku ini, penulis ini menerangkan konsep keakuran yang sebenarnya sangat dekat dengan keseharian kita. Melalui latar belakang ilmu komunikasi yang diembannya, penulis memberikan konsep komunikasi ideal, agar terciptanya interaksi harmonis dan akur di dalam keluarga.

3. Parenting Anak Usia Emas

parentingBeli dan Baca Sekarang!

Pernah mendengar masa golden age? Masa ini merupakan masa yang paling baik dalam perkembangan anak, di mana pada masa ini otak mengalami perkembangan pesat. Dalam buku ini kami paparkan seluk-beluk parenting bagi anak golden age mulai dari pentingnya stimulasi dan perkembangan pada anak usia dini sampai referensi yang bisa dilakukan untuk aktivitas dan permainan yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak, mengingat bahwa masa ini adalah masa keemasan dan peluang besar bagi orangtua untuk membentuk anaknya menjadi pribadi yang tidak hanya sehat dan pintar, tetapi juga bermoral dan memiliki kemampuan sosial yang baik.

Dengan pola asuh dan stimulasi optimal, maka kemampuan dan perkembangan anak, baik dari segi fisik, motorik, kognitif, moral, bahasa, sosial, ataupun kemampuan lainnya bisa berjalan dengan optimal sehingga anak bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Nah, buat Ayah dan Bunda yang saat ini sedang menimang anak berusia 0-6 tahun ini adalah saat yang tepat untuk Ayah dan Bunda memaksimalkan pola asuh terbaik pada masa-masa golden age anak kalian!

2. Sukses Mendidik Anak Ala Homeschooling

parentingBeli dan Baca Sekarang!

Tujuh tahun pertama dalam kehidupan anak, akan digunakannya untuk mengenal diri dan lingkungannya, termasuk bagaimana mengatasi kendala yang ada di lingkungannya. Dalam periode ini, hal terpenting yang dapat mendukung perkembangannya adalah aktivitas yang berfokus pada kemampuan sensoris dan motorik, serta sejalan dengan orientasi lingkungan dan mental anak.

Untuk itu, orangtua berperan penting dalam mencari ide-ide aktivitas yang dapat menunjang kebutuhan anak. Karenanya, buku ini sangat cocok untuk dijadikan referensi bagi para orangtua. Di dalamnya tercantum banyak aktivitas seru yang akan membantu mengembangkan kemampuan sensoris dan motorik anak. Buku ini pun sangat cocok bagi orangtua dengan anak yang bersekolah di rumah.

1. The Book You Wish Your Parents Had Read

theBeli dan Baca Sekarang!

Setiap orang tua, tentu menginginkan anaknya bahagia. Akan tetapi, orang tua yang bahagia tidak selalu membuat sang anak bahagia. Hal ini seringkali menjadi dilema bagi orang tua, terutama orang tua baru yang mungkin masih bingung dengan cara pengasuhan serta cara mendidik anak dengan baik sekaligus menyenangkan.

Dalam buku The Book You Wish Your Parents Had Read ini, penulis yaitu Philippa Perry membagikan beberapa wawasan sekaligus tips yang dapat membantu orang tua untuk memahami bagaimana cara pengasuhan orang tua di masa lalu, yang tentu saja dapat memengaruhi pola asuh anak.

Ia juga membahas mengenai bagaimana cara penerimaan orang tua, ketika dirinya berbuat salah serta mempelajari apa solusinya bagi anak dan dirinya sendiri. Philippa Perry juga menjelaskan bagaimana cara memutuskan siklus serta pola negatif, yang kemungkinan terus berulang karena kebanyakan orang tua akan mencontoh pola pengasuhan orang tua sebelumnya, contohnya adalah seperti gaya pengasuhan strict parents.

Philippa Perry membahas pula bagaimana cara orang tua menangani perasaannya sendiri, sekaligus menangani perasaan anak. Sebab, orang tua tidak akan mampu menenangkan hati anaknya, apabila hatinya belum tenang terlebih dahulu bukan?

Nah, itu dia rekomendasi buku-buku parenting atau pengasuhan anak untuk mengetahui pengetahuan cara mengasuh anak dari berbagai referensi.

Jangan lupa, sebagai orang tua, kamu juga harus mengerti sepenuhnya tentang diri si kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tahu mana cara yang tepat untuk mengasuh dan membimbing anak dengan baik. 🥰🤗

Yuk, segera dapatkan buku-buku tersebut di Gramedia.com. Karena kamu #SahabatTanpaBatas, Admin kasih diskon spesial! Tanggal 29 Desember 2022 nanti, selama satu hari penuh, semua buku terbitan Gramedia akan didiskon sebesar 50% hanya di Gramedia.com! Bagi kamu yang ingin membaca buku-buku berikut ini dalam bentuk digital, Gramedia Digital juga menyediakan diskon 50% untuk semua Premium Package dan buku-buku pilihan terbitan Gramedia.

Selain diskon 50%, kamu juga bisa mendapatkan potongan ongkos kirim sebesar Rp5.000,00 dengan menggunakan jasa kirim KGXpress atau Anteraja. Tidak hanya itu, jika kamu memilih J&T Express sebagai jasa kirim, dengan minimal pembelian produk Rp50.000,00 saja, kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan doorprize Samsung Z Flip 4 dan hadiah-hadiah menarik lainnya!

Yuk, tanpa berlama-lama lagi, langsung checkout buku-buku yang kamu mau di Gramedia.com!⤵️

BumbastisKlik untuk Dapatkan Vouchernya!



Baca juga: Cegah 5 Kesalahan Parenting yang Sebabkan Anak Tidak Percaya Diri!


Rekomendasi Buku Parenting Best Seller 2021-2022

15. Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak

Anak-anak yang belum bisa menyampaikan perasaannya dengan baik kadang kala membuat kita bingung akan maksud yang dirasakan mereka. Buku ini bisa kita baca bersama si kecil untuk memperkenalkan segala macam emosi, baik yang negatif maupun yang positif.

kamusBeli dan Baca Sekarang!

Disusun berdasarkan abjad seperti kamus, ada 73 perasaan emosi yang dijelaskan bersamaan dengan ilustrasi lucu. Ilustrasi tersebut membantu menggambarkan situasi dan perasaan yang biasa dialami anak. Dengan membaca ini bersama si kecil, kita bisa membantu mereka untuk mengetahui segala jenis perasaan, sehingga mereka mengerti perasaannya dan tahu cara menyampaikannya.

14. Minds for the Future

Di zaman serba digital, anak-anak tak terelakkan dalam kehidupan yang penuh teknologi canggih sejak kecil. Bahkan mereka bisa mahir sendiri dalam menggunakannya. Skill mereka dalam teknologi perlu diasah dengan informasi dan media demi kemampuan akademis mereka.

mindsBeli dan Baca Sekarang!

Walaupun begitu, kadangkala sulit untuk mendidik anak yang sudah begitu terobsesi dengan teknologi. Nah, buku ini akan membantu para ayah bunda generasi lama maupun millenial, cara mendidik anak dalam persaingan yang tak berbatas di era teknologi yang semakin cepat dan pesat. Jadi bisa ajarkan anak skill untuk bertahan di era digital ini.

13. Every Child is Special

Ketika perilaku anak tidak seperti yang diharapkan, bukan berarti ia adalah anak yang nakal. Sebagai orang dewasa pertama yang ditemui anak dalam hidupnya, orang tua wajib mengajari, mendidik, dan melatihnya berperilaku baik. Orang tua bertanggung jawab terhadap pembentukan perilaku anak.

everyBeli dan Baca Sekarang!

Nah, buku ini fokus pada metode modifikasi perilaku (modified behavior) sebagai salah satu alternatif yang populer digunakan untuk menangani masalah pada perilaku anak dan untuk mendampingi tumbuh kembang si kecil. Dilengkapi dengan tips, cara penanganan, dan contoh berdasarkan teori dari para ahli.

12. Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Appa Jay dan Mama Gina sudah dikenal dengan gaya parenting-nya yang inspiratif lewat tayangan vlog pada channel Youtube mereka. Buku ini pun berisi cerita pengalaman mereka mendidik Suji, Yunji, dan Jio, walaupun Appa dan Mama berasal dari budaya yang berbeda.

kimbabBeli dan Baca Sekarang!

Ada tentang bagaimana anak-anak selalu dilibatkan dan diajarkan dalam pengambilan keputusan, cara memperkenalkan apa itu konsekuensi, negosiasi, cara berdisiplin, dan ajaran lainnya yang tanpa marah-marah namun tetap dengan ketegasan dan kelembutan. Selain itu, masih ada cerita lika-liku kehidupan rumah tangga mereka yang tak pernah diceritakan dalam channel Youtube-nya.


Baca juga: Kimbab Family: Cerita Eksklusif yang Tidak Ada di Channel YouTubenya


11. Parenting Santuy Mengurus Anak Tanpa Ribet

Menjadi orang tua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik dan segalanya untuk si kecil. Sampai-sampai kita tidak merasa bahwa telah memberikan lebih banyak mainan, makanan, bahkan perlindungan berlebih alias overprotective, dan lain-lain.

parentingBeli dan Baca Sekarang!

Lebih baik kita coba buka pikiran kembali dengan cara mendidik santuy tanpa ribet ala Denaye Baharona Ph.D., sang praktisi perkembangan anak. Buku ini akan menyampaikan bahwa kamu bisa jadi orang tua ‘santuy’ yang membahagiakan anak-anaknya dengan cara sederhana dan tidak merepotkan!

10. Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay

Pernahkah ayah dan bunda merasa kesulitan akan sikap si kecil yang terlalu pemalu atau terlalu aktif, seringkali tantrum, tidak disiplin, atau bahkan ketagihan gadget? Mungkin ada suatu hal yang membuat hubungan kalian bersama anak kurang erat, atau terkendala dalam membangun bonding tersebut.

indahnyaBeli dan Baca Sekarang!

Ditulis oleh terapis Theraplay pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, metode Theraplay bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Tidak perlu mainan yang banyak atau full 24 jam berada di sisinya, cukup luangkan waktu 30 menit setiap hari, pengasuhan ini akan membangun bonding penuh makna dan cinta antara orang tua dan anak. Dengan ini anak bisa tumbuh lebih bahagia, percaya diri, tangguh, lebih kooperatif, dan terbuka kepada kita.


Baca juga: 5 Langkah Mudah Hadapi Anak Tantrum


9. Be a Dream Parent

beBeli dan Baca Sekarang!

Dipastikan semua orang tua ingin diidolakan oleh anak-anaknya walaupun tak mudah untuk diwujudkan. Jangan khawatir, kamu bisa menumbuhkan kesadaran, belajar memahami anak, dan cara mengasuhnya lewat buku ini.

Di dalam buku ini akan dijabarkan bagamana orang tua dapat memahami kebutuhan anaknya. Dengan buku ini, ayah bunda bisa saling membantu dan kompak dalam mengasuh anak, serta mereka tumbuh menjadi generasi yang bermartabat, membanggakan, sehat jasmani, dan rohani.


Baca juga: Bernegosiasi dengan Anak Tanpa Menaikkan Volume Suara dan Ancaman


8. Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan

mendidikBeli dan Baca Sekarang!

Kadangkala kita sering tak sadar telah berteriak dan membentak anak karena melakukan sesuatu yang tidak kita harapkan. Tapi tahukah kamu bahwa hal tersebut malah memperburuk perilaku anak?

Buku ini bisa membantu kamu mengelola konflik dengan anak tanpa harus marah-marah, berdasarkan pengalaman Ayah Edy sang guru dan prakitisi parenting terkenal di Indonesia, untuk mendidik anak-anak di rumah maupun di sekolah.

7. Play The Danish Way

Ayah, bunda, membentuk anak menjadi lebih tangguh dan bahagia bisa hanya dengan bermain lho! Jangan anggap kalau bermain itu hanya buang-buang waktu dibandingkan belajar. Apalagi kalau masih suka mengatur atau mendikte anak ketika bermain.

playBeli dan Baca Sekarang!

Ini dia buku best seller dari Iben Dissing Sandahl, yang selalu memfasilitasi anak-anaknya dengan bermain bebas dan tidak terstruktur. Buku ini menunjukkan pada kita bahwa bermain bukanlah kegiatan malas-malasan atau tidak belajar. Justru dari bermain, anak-anak belajar banyak hal yang berguna untuk masa depannya. Dari bermain pula, anak berlatih untuk bernegosiasi, mengasah kreativitas, ketangguhannya, serta percaya dirinya.

6. Minimalist Parenting

Banyaknya teori parenting yang didapat dari orang lain maupun media sosial serta aktivitas anak yang harus diikuti kadang membuat kita pusing sendiri. Haruskah semuanya diikuti agar mendapatkan predikat orang tua yang mampu mengasuh anak dengan cara masa kini? Jangan sampai hal ini malah menjadi ajang untuk terlihat lebih sempurna, sampai kita lupa bahwa seharusnya mengasuh anak bisa dinikmati dan dijalani dengan bahagia.

minimalistBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini akan merangkum gaya parenting dengan pendekatan minimalis. Dari bagaimana cara membuat anak bermain dengan senang tanpa berlimpah mainan, bagaimana cara mengubah persepsi kita tentang pendidikan dan segala kursus yang membebankan, dan lain sebagainya. Dengan buku ini, kita bisa menikmati indahnya mengasuh anak tanpa embel-embel berlebihan, tapi hidup yang lebih sederhana demi anak dan keluarga yang lebih gembira.

5. Seni Bernegosiasi dengan Anak

Menghadapi si kecil memang ada strateginya sendiri dan hal tersebut perlu dilakukan dengan cara yang baik agar terus menuai kebaikan. Pasti mau kan anak-anak kita disiplin melakukan tugas sehari-harinya? Atau hal apapun yang kita inginkan demi kebaikan mereka.

seniBeli dan Baca Sekarang!

Tanpa marah-marah, kita bisa menyentuhnya dengan ramah, dengan begitu si kecil akan merasa dihargai bahkan akan berujung pada aksi seperti mengikuti instruksi, melakukan keharusan, dan aksi-aksi lainnya.

Buku ini akan membantu ayah dan bunda bagaimana cara “menaklukkan” anak agar mereka mau diajak bicara, mendengarkan, mengikuti arahan kita, dan memahami tentang apa yang kita mau, tanpa perlu hentakan dan menaikkan suara. Berbagai tips dalam buku ini akan lebih efektif dalam menghadapi sang buah hati.


Baca juga: Baca Ini untuk Tambah Ilmu Parenting! Cocok untuk Orang Tua Baru


4. Montessori Keajaiban Dunia Anak yang Terlupakan

Si kecil mempunyai banyak hal menakjubkan, mereka tumbuh, dan tekun melakukan sesuatu. Namun sayang, seringkali kita meremehkan hal yang si kecil lakukan. Nah, buku ini bisa membuka pikiran kita untuk metode Montessori yang mengajak orang tua untuk lebih menghormati anak.

montessoriBeli dan Baca Sekarang!

Prinsip metode Montessori adalah memumpuk keingintahuan anak, mendorongnya untuk berani melakukan eksplorasi, berkembang mandiri dengan cara uniknya masing-masing, dan mengutamakan pendekatan personal antara orang tua dan anak. Baca ilmu Montessori lebih lengkap dalam buku ini ya.

3. The Montessori Baby

Masih dengan gaya Montessori, yang ternyata mampu diterapkan pada anak usia di bawah satu tahun. Dengan Montessori, kita bisa memahami bayi dan memandangnya dengan cara berbeda. Buku ini akan membantu orang tua untuk menerapkan Montessori sejak bayi masih dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh di dunia.

montessoriBeli dan Baca Sekarang!

Ada ratusan tips yang akan membantu orang tua dalam memahami bayi dan memperlakukannya dengan baik. Selain itu, dijabarkan pula tentang bagaimana mempersiapkan diri menjadi orang tua secara fisik, emosional, dan spiritual. Semua tipsnya dijelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mampu diikuti secara praktis sehingga dapat langsung diterapkan di rumah.


Baca juga: The Montessori Baby: Memahami & Mengasuh Bayi dengan Metode Montessori


2. Because This is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak

Untuk para orang tua baru, buku ini bisa dijadikan pedoman kalian. Sambil menunggu kehadiran si kecil, tambah ilmu untuk persiapan mengasuh anak di tahun pertamanya. Buku ini cocok untuk dijadikan hadiah kepada kerabat yang sedang menunggu kelahiran juga, lho.

becauseBeli dan Baca Sekarang!

Dengan bahasa yang sederhana dan full ilustrasi, tips-tips cara mengasuh jadi lebih asik dibaca dan mudah dipahami. Berisi panduan cara merawat bayi, ada penjelasan lengkap mengenai ASI dan MPASI, bagaimana cara penanganan di situasi darurat ketika anak sakit, anak tantrum, mempelajari pola tidur anak, mengajak bermain, hingga pengasuhan bersama keluarga dan kesehatan mental ibu yang perlu diperhatikan.

Setelah selesai membaca buku tersebut, langsung lanjut ke buku Because This is My Baby's First Journey: Tumbuh Kembang dan Permainan Anak Usia 0 - 24 Bulan.

Buku yang ini akan membantu kamu dalam memahami tahap demi tahap masa tumbuh kembang anak. Dibahas secara lengkap, ada lebih dari 150 tips stimulasi yang cocok dengan usia anak umur 0-24 bulan, dari ide toilet training, sensory playing, dan lainnya yang mampu membuat si kecil tumbuh dengan sehat dan bahagia!

becauseBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Because This is My First Parenting Life: Mengasuh Anak Tanpa Takut Salah


1. Mommyclopedia: 89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun

Ini dia buku parenting yang menjadi mega best seller. Seri Mommyclopedia juga sudah menjadi panduan untuk 250 ribu ibu di Indonesia. Setelah sebelumnya laris manis dengan buku resep MPASI, kini dr. Meta kembali memberikan resep bergizinya yang cocok untuk anak usia 2-5 tahun.

Di usia ini, anak mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga pemberian nutrisinya harus tepat demi mendukung kesehatan anak. Resep dari dr. Meta selalu mudah dibuat, bahannya murah dan mudah ditemukan, dan pastinya lezat serta disukai anak-anak!

resepBeli dan Baca Sekarang!

Seri sebelumnya, yaitu Mommyclopedia: 78 Resep MPASI, juga ditulis oleh dr. Meta, alias dokter laktasi, yang dilengkap dengan seberapa banyak porsi bahan makanan yang perlu diberikan kepada bayi dan anak sesuai usianya.

Resep-resepnya juga menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dengan harga terjangkau, namun tetap memenuhi gizi si kecil. Resepnya ini seperti bubur opor ayam, makaroni keju, siomay ayam, hingga resep camilan dan dessert anak. Di setiap resep tercantum pula informasi kandungan per porsi. Resep ini juga dapat dimodifikasi menggunakan bahan makanan sejenis yang tersedia, lho.

resepBeli dan Baca Sekarang!

Bukan hanya buku itu saja yang menjadi best seller, buku Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi dan Menyusui juga tak kalah banyak dicari untuk mencari pengetahuan tentang ASI sebagai sumber nutrisi terbaik bagi bayi.

Buku ini merangkum fakta mengenai ASI dan menyusui dengan bahasa sederhana, ringkas, dan mudah dimengerti. Bahasannya seperti proses menyusui dan permasalahannya, nutrisi ibu menyusui, manajemen laktasi, cara menyapih, serta mitos seputar ASI dan menyusui.

mommyclopBeli dan Baca Sekarang!

Satu lagi, buku Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita (1-3 Tahun) juga banyak dicari karena berisi cara-cara mengasuh anak yang menyenangkan, serta ditulis dengan bahasa yang singkat dan jelas.

mommyclopBeli dan Baca Sekarang!

Nah, itu dia rekomendasi buku-buku parenting atau pengasuhan anak untuk mengetahui pengetahuan cara mengasuh anak dari berbagai referensi.

Jangan lupa, sebagai orang tua, kamu juga harus mengerti sepenuhnya tentang diri si kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tahu mana cara yang tepat untuk mengasuh dan membimbing anak dengan baik. 🥰🤗

Yuk, segera dapatkan buku-buku tersebut di Gramedia.com. Karena kamu #SahabatTanpaBatas, Admin berikan diskon spesial yang bisa kamu temukan di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com sekarang juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: instagram.com/herfiza

Penulis: Almira Rahma Natasya, Ikha Destryani, Shaza Hanifah


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter