Mau Jadi Orang Tua Teladan? Baca 5 Buku Parenting Pilihan di Bulan Ini!

. 3 min read

Mengasuh dan membesarkan anak bukanlah hal yang mudah. Banyak orang tua yang masih merasa kebingungan dalam mengajarkan anak, terutama bagi pasangan muda. Oleh karena itu sebagai orang tua kita wajib membekali diri dengan ilmu parenting agar dapat mengarahkan si kecil dengan baik.

Berikut rekomendasi buku-buku parenting pilihan di bulan Agustus 2018. Simak baik-baik, Moms and Dads!

##1.Serba-serbi Tes IQ untuk Anak
Buku-Parenting-Agustus-1
Buku karangan Herry Prasetyo ini adalah pilihan yang cocok untuk para orang tua yang ingin mengetahui dan meningkatkan tingkat kecerdasan anak. Melalui soal-soal dan latihan yang bervariasi, anak akan dilatih untuk mengenal ciri-ciri benda, hewan, buah, makanan, hingga alam semesta dunia.

Penulis berharap lewat buku ini pengetahuan si kecil bisa makin berkembang dengan mengetahui hal-hal di sekitar mereka sejak dini. Buku wajib ini baru saja dirilis, sehingga tes-tes yang ada di dalamnya juga dipastikan sudah ter-update.

##2. Apakah Anakku Berbeda
Buku-Parenting-Agustus-2
Tuhan Yang Maha Esa menciptakan setiap manusia sama derajatnya dan memiliki keistimewaan masing-masing. Buku karya Erna Marina Kusuma ini hadir untuk memberikan informasi penting dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus. Buku ini baru saja dirilis di tahun 2018, sangat tepat untuk *Moms and Dads *yang ingin memahami sikap dan perilaku anak berkebutuhan khusus.

##3. 15 Kesalahan Ayah terhadap Anak
Buku-Parenting-Agustus-3
Banyak ayah yang terbukti gagal mendidik anak-anak mereka, lalu dengan mudahnya menyalahkan orang lain, padahal dirinya sendiri tidak pernah merasa bersalah. Sebagai ayah yang baik, seharusnya para ayah belajar untuk lebih memahami perasaan anak-anaknya.

Buku karangan Khalifa Bisma Sanjaya ini akan membantu para ayah mengetahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada sang anak. Sangat cocok dibaca untuk kamu-kamu yang ingin menjadi sosok ayah yang baik.

##4. Seri Aku Ingin Mencoba Sendiri: Menyiapkan Perlengkapan Sekolah
Buku-Parenting-Agustus-4
Mandiri adalah sikap di mana kita tidak bergantung dengan orang lain. Setiap orang tua pasti bangga jika anaknya bisa memiliki sikap tersebut. Namun, sikap ini tidak dapat terbentuk dengan sendirinya. Orang tua harus paham cara menanamkan sikap mandiri tersebut sejak si anak masih kecil.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca buku Seri Aku Ingin Mencoba Sendiri: Menyiapkan Perlengkapan Sekolah. Buku ini akan membantu mengajarkan si kecil agar menjadi pribadi yang mandiri dalam bersekolah. Buku ini merupakan karangan dari Kim Ji Yeon dan Kim Min Sun yang sudah terbit dalam 8 seri.

##5. Board Book: PEKERJAAN IMPIANKU
Buku-Parenting-Agustus-5
Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Sebagai orang tua zaman now, kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman, kita tidak bisa terus berpedoman pada kepercayaan zaman dahulu yang mengatakan jika ingin sukses harus menjadi dokter. Kita harus memberikan kebebasan bermimpi pada anak.

Board Book Pekerjaan Impianku yang dikarang oleh Veronica Winata ini adalah salah satu media yang cocok untuk membimbing anak menggapai impiannya. Karena dengan buku ini anak akan dikenalkan berbagai jenis pekerjaan, tugas, dan alat-alatnya dengan menggunakan 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Jadi, selain kita bisa mengetahui minat si kecil sejak dini, buku ini juga sekaligus mengajarkan 3 bahasa asing pada anak.


Itu dia rekomendasi buku-buku parenting pilihan di bulan Agustus 2018. Klik di sini untuk melihat koleksi buku-buku lainnya di Gramedia.com.