Buku Biografi Tokoh-Tokoh Bangsa yang Menginspirasi

. 3 min read

Jika kamu ingin sukses, bergaulah dengan orang sukses. Jika ingin pintar bergaullah dengan orang pintar. Pelajari dan ikuti kebiasaan, cara berpikir, dan perilaku mereka.

Merasa tak cukup belajar dari teman-teman di sekitar? Tokoh dunia seperti presiden, pejabat, pebisnis sukses juga dapat kita kenali dan pelajari perjalanan kesuksesannya. Salah satu caranya dengan membaca buku biografi mereka.

Cek rekomendasi buku biografi tokoh-tokoh bangsa pilihan Gramedia.com, yang dapat menginspirasi generasi muda di bawah ini!

1. Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi - Haidar Musyafa

BUYA HAMKA

Buku karangan Haidar Musyafa ini menceritakan kehidupan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Hamka. Sosoknya di masa Demokrasi Terpimpin, merupakan seorang yang tak sependapat dengan Presiden Soekarno juga berseberangan dengan kaum komunis.

Terbukti dari tulisan-tulisan kontroversial yang ia tulis di Majalah Lentera diserang habis, hingga ia dijebloskan di penjara. Ketidaksepahaman tersebut memang menghadirkan masalah bagi kehidupannya, tetapi ia tidak menghindari orang yang tidak disukai atau tidak sepaham dengannya.

Buya Hamka berprinsip bahwa dengan mengenal sesama yang berbeda, ia akan menemukan sudut pandang baru. Meski mendapat banyak tekanan, ia tetap teguh memegang prinsip.

2. Biografi A.R. Baswedan, Membangun Bangsa Merajut Keindonesiaan - Suratmin dan Didi Kwartanada

AR BASWEDAN

Dalam buku ini Suratmin dan Didi Kwartanada akan merajut cerita mengenai seorang wartawan, politikus, pejuang, dan orang Indonesia sejati, bernama Abdul Rahman atau A.R. Baswedan.

Hasil perjuangan Baswedan untuk Indonesia, keikutsertaannya menjadi Badan Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), serta pengalamannya menjadi Menteri Muda Penerangan membuatnya layak disebut sebagai salah seorang bapak bangsa (founding father) Republik Indonesia.

Ia sangat pemberani dan tak pernah takut untuk memertaruhkan nyawanya sekali pun untuk negeranya sendiri. Inilah biografi yang membawa pesan: mencintai Tanah Air dan bangsa dengan sepenuh hati adalah prioritas pertama bagi seorang anak bangsa sejati.

3. Biografi Gus Dur (New Edition): The Authorized Biography Of Abdurrahman Wahid - Greg Barton

GUS DUR

Abdurrahman Wahid, atau yang lebih populer dengan sebutan Gus Dur, merupakan tokoh panutan yang sangat dihormati oleh banyak kalangan karena pengabdiannya kepada masyarakat.

Sosok penuh teka-teki dan kontroversial ini sering disalahpahami, tapi di sisi lain ia juga dipuji oleh banyak kalangan. Banyak orang sulit memahami dan tidak menyetujui pemikirannya. Akan tetapi, penulis buku ini, Greg Barton, berhasil memotret dan menampilkan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang sosok seorang Gus Dur.

4. Biografi Politik Habibie - Raden Toto Sugiharto

HABIBIE

Buku ini menceritakan perjalanan karir politik Habibie yang dimulai ketika memenuhi panggilan pulang Presiden Soeharto saat hiruk pikuk peristiwa Malari tahun 1947.

Rasa cinta pada Tanah Air "memaksanya" untuk melepas jabatan tingginya sebagai Vice President di industri pesawat terbang, Messerchmitt Bolkow Blohm (MBB), Jerman. Kisah perjalanan politik Habibie hingga puncak karirnya yang dilatari berbagai peristiwa menjelang tumbangnya Orde Baru, akan dikupas tuntas di sini.

Raden Toto Sugiharto sebagai penulis juga akan mengungkap berbagai spekulasi sejak Orde Baru hingga Reformasi yang hingga kini belum terjawab tuntas!


Jangan lelah untuk terus belajar, jangan malas untuk terus membaca. Masa depan kita ada di tangan kita sediri. Kulik buku-buku biografi tokoh-tokoh bangsa lainnya hanya di Gramedia.com!


Header image source: matranews.id