Buku Biografi Tokoh-Tokoh Bangsa yang Menginspirasi

Buku Biografi Tokoh-Tokoh Bangsa yang Menginspirasi

. 6 min read

Kita bisa hidup damai, nyaman, dan aman di negara Indonesia kita tercinta ini tentunya adalah hasil dari perjuangan para pahlawan kita. Perjuangan para tokoh bangsa ini sangat berarti dalam memajukan Indonesia.

Jasa mereka yang begitu besar terhadap negara, tentu berasal dari keteguhan dan keberanian. Dengan hal itu, kita perlu mengenal para tokoh-tokoh bangsa untuk mengetahui, dan kembali mengangkat jasa-jasa besar mereka terhadap Indonesia.

Mengenal tokoh-tokoh bangsa salah satu caranya bisa dengan membaca buku biografi. Selain mengetahui perjalanan hidup nan heroik mereka, dengan membaca buku biografi, kita juga akan mendapatkan motivasi, serta nilai-nilai hidup yang bermanfaat bagi kita.

Demi mengetahui dan mengenang jasa para tokoh bangsa kita, berikut Admin rekomendasikan buku biografi dari tokoh-tokoh bangsa yang dapat menginspirasi generasi muda saat ini.

Rekomendasi Buku Biografi Tokoh-Tokoh Bangsa

1. Kisah Epik Sukarno

kisahBaca dan Beli Sekarang!

Begitu banyak lika-liku perjuangan beliau dalam usahanya memerdekakan Indonesia. Tak hanya itu, kepribadian sang proklamator juga begitu mempesona. Mungkin kita hanya mengetahui secuil kisah Sukarno, bahkan banyak hal yang masih garib tentang kehidupan presiden pertama kita.

Buku ini membeberkan kisah Sukarno yang masih banyak membuat kita bertanya-tanya akan kebenarannya. Ada kisah-kisah dari bagaimana beliau melahirkan Pancasila, Garuda, hingga bendera Indonesia, mengenai hubungan beliau dengan Amerika dan Fidel Castro, sampai detik-detik wafatnya, dan lain-lain.

Masih ada banyak kumpulan kisah Sukarno yang bisa kamu ketahui. Kamu bisa baca buku biografi lainnya dari Sukarno di sini.


Baca juga: Dapat Inspirasi, Berikut Manfaat Membaca Buku Biografi


2. Mohammad Hatta: Hidup Jujur dan Sederhana untuk Indonesia

Bersama Sukarno, dua tokoh bangsa yang bersahabat ini berhasil memproklamasikan Indonesia. Sejak muda, Hatta sudah menunjukkan kemampuannya dalam memimpin organisasi. Ia mempunyai pribadi yang intelektual, tegas, dan berwibawa. Perjuangannya juga tak kalah berat dengan Sukarno, namun komitmennya tinggi dan tak pantang menyerah dalam memperjuangkan Indonesia.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Hatta adalah sosok pemimpin yang mengutamakan pentingnya pendidikan bagi rakyat. la juga mengajari orang-orang lokal di Digul dan Banda dengan materi pelajaran yang dibutuhkan oleh mereka. Ia sadar bahwa kemerdekaan Indonesia harus dicapai oleh rakyat yang bebas, cerdas, dan berpikiran maju.

Selain dari buku ini, kamu juga bisa baca buku "Mohammad Hatta: Biografi Singkat 1902 - 1980" untuk belajar banyak dari semangat hidup, cara bekerja, kesederhanaan, dan kejujuran beliau.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

3. K.H. Ahmad Dahlan: Biografi Singkat 1868-1923

Dalam sejarah bangsa Indonesia, ada peran gerakan organisasi sosial-keagamaan Muhammadiyah yang tak kalah penting. Melalui tridimensi gerakannya, yaitu keislaman, dakwah, dan pembaruan, Muhammadiyah terbukti mampu menyentuh semua bidang kehidupan.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Muhammadiyah hadir karena kontribusi besar pendirinya, KH. Ahmad Dahlan, dalam mengawal keberlangsungan dan keberhasilan Muhammadiyah.

4. Tan Malaka: Biografi Singkat 1897 - 1949

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Tan Malaka adalah teladan tokoh revolusioner dalam perannya memerdekakan Indonesia. Ada banyak ide dan pemikirannya yang telah berperan besar dalam mengantarkan Indonesia bebas dari penjajahan. Ditulis secara gamblang mengenai kehidupan Tan Malaka, tentang posisi pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan.

Ada juga tentang ide-ide briliannya yang radikal, orisinal dan revolusioner, yang telah mengawal langkah juang para pahlawan kemerdekaan, serta kisah pahit getir kehidupan yang dilaluinya.


Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia


5. K.H. Hasyim Asy`Ari: Biografi Singkat 1871-1947

biografiBaca dan Beli Sekarang!

KH Hasyim Asy’ari adalah ulama sekaligus pemikir, pejuang, dan pahlawan nasional Indonesia. Gagasannya ikut mewarnai perjuangan kemerdekaan, beliau juga merupakah pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Sejak kecil sudah menggali ilmu agama, mendirikan pesantren hingga NU, dan masih banyak yang belum tahu tentang kehidupan dan perjuangan beliau untuk agama dan bangsanya. Nah, buku ini akan membahas bagaimana pemikiran dan perjuangan beliau untuk bangsa Indonesia.

6. Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi

Buku karangan Haidar Musyafa ini menceritakan kehidupan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Hamka. Sosoknya di masa Demokrasi Terpimpin, merupakan seorang yang tak sependapat dengan Presiden Soekarno juga berseberangan dengan kaum komunis.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Terbukti dari tulisan-tulisan kontroversial yang ia tulis di Majalah Lentera diserang habis, hingga ia dijebloskan di penjara. Ketidaksepahaman tersebut memang menghadirkan masalah bagi kehidupannya, tetapi ia tidak menghindari orang yang tidak disukai atau tidak sepaham dengannya.

Buya Hamka berprinsip bahwa dengan mengenal sesama yang berbeda, ia akan menemukan sudut pandang baru. Meski mendapat banyak tekanan, ia tetap teguh memegang prinsip.

Kamu juga bisa baca serangkaian kisah tentang Buya Hamka dari putra kelimanya sendiri, yaitu Irfan Hamka, yang meliputi kehidupan sejak kecil, berkeluarga, memulai jalan dakwah sebagai politisi, sastrawan, ulama, bagaimana menghadapi fitnah, kebencian, dan penjara, hingga ajal menjemputnya.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

7. Biografi A.R. Baswedan, Membangun Bangsa Merajut Keindonesiaan

Dalam buku ini Suratmin dan Didi Kwartanada merajut cerita mengenai seorang wartawan, politikus, pejuang, dan orang Indonesia sejati, bernama Abdul Rahman atau A.R. Baswedan.

Hasil perjuangan Baswedan untuk Indonesia, keikutsertaannya menjadi Badan Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), serta pengalamannya menjadi Menteri Muda Penerangan, membuatnya layak disebut sebagai salah seorang bapak bangsa (founding father) Republik Indonesia.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Ia sangat pemberani dan tak pernah takut untuk mempertaruhkan nyawa untuk negaranya. Inilah biografi yang membawa pesan: mencintai Tanah Air dan bangsa dengan sepenuh hati adalah prioritas pertama bagi seorang anak bangsa sejati.

8. Gus! Sketsa Seorang Guru Bangsa

Abdurrahman Wahid atau yang lebih populer dengan sebutan Gus Dur, merupakan tokoh panutan yang sangat dihormati oleh banyak kalangan, karena pengabdiannya kepada masyarakat.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Sosok penuh teka-teki dan kontroversial ini sering disalahpahami, tapi di sisi lain ia juga dipuji oleh banyak kalangan. Banyak orang sulit memahami dan tidak menyetujui pemikirannya. Nah, buku ini akan memperlihatkan sosok Gus Dur dari mata orang-orang yang pernah langsung berdekatan dengannya.

9. Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner

Tahukah kamu bahwa Bapak Habibie sebenarnya takut dengan pesawat di masa Perang Dunia kala itu? Yap, cita-citanya membangun industri pesawat terbang untuk Indonesia justru diawali dari hal itu. Buku ini menyusun cerita B.J. Habibie yang belum pernah tersiar ke publik.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Ada banyak sejarah mengenai perjalanan beliau sejak kecil hingga tumbuh memberikan kontribusi besar untuk Indonesia. Begitu pula kisah cintanya yang tersembunyi sebelum pertemuannya dengan Ibu Ainun, sang cinta sejati.

Beliau yang begitu jenius, pekerja keras, dan setia, akan diperlihatkan dalam buku ini yang mengantarkan kita untuk melihat langsung perjalanannya, dari visi besar orang tuanya, pengorbanan keluarganya, dukungan para sahabatnya, dan inspirasi terbesarnya.

Kamu juga bisa baca buku "Mr.Crack Dari Parepare Dari Ilmuan Ke Negarawan Minandito" untuk melihat perjuangan Habibie membangun Indonesia, melalui teknologi dan kisah cintanya bersama Ainun yang menunjukkan sisi lain Habibie.

biografiBaca dan Beli Sekarang!

Itu dia buku-buku yang bisa kamu baca untuk mengetahui kisah perjuangan para tokoh bangsa yang hebat-hebat ini. Untuk Grameds, jangan lelah untuk terus mengembangkan diri ya. Kalian bisa kulik keteladanan para tokoh di atas, untuk bisa kamu aplikasikan dalam kehidupanmu sendiri.


Baca juga: 6 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia


Dan masih banyak loh koleksi buku biografi tokoh-tokoh lainnya di Gramedia.com. Dan sebagai #SahabatTanpaBatas, ada diskon spesial hingga 40% hanya untukmu.

PromoKlik untuk Info Promo

Sekarang pesan buku jadi lebih mudah lewat layanan terbaru Gramedia.com, Pesan Antar. Kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), di mana paketmu akan lebih cepat sampai. Dan untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Header image source: civitasbook.com