Bukber Bikin Kantong Kering? Mabukber, yuk!

Bukber Bikin Kantong Kering? Mabukber, yuk!

. 4 min read

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan puasa bisa saling mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga pada kerabat dan keluarga yang sudah semakin terasa renggang karena hubungannya sudah jarang bertemu karena kesibukan masing-masing.

Mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta bisa dilakukan dengan rajin salat, tidak berbuat dosa dan menjalankan ibadah puasa dengan taat. Sedangkan cara yang tepat untuk mendekatkan diri dengan saudara, teman, ataupun kerabat khususnya saat puasa, adalah dengan melakukan bukber (buka bersama).

Seperti namanya, kegiatan ini merupakan kegiatan buka puasa yang dilakukan bersama-sama. Biasanya dengan teman-teman satu kelompok atau satu komunitas di tempat makan atau kafe yang kekinian.

Bukber memang menyenangkan dan sekaligus bermanfaat untuk menjaga relasi. Namun, hati-hati! Tanpa disadari bukber juga bisa menjadi malapetaka bagi kantong atau dompet bagi Anda yang superaktif dan punya banyak teman lho!

Karena coba saja bayangkan jika Anda memiliki banyak teman lama, geng atau komunitas yang mengajak bukber tiap harinya. Lama-kelamaan dompet Anda pasti akan terkena “kanker” alias kantong kering! Untuk itu Anda harus mencari akal, bagaimana agar bisa tetap bukber dengan seru tanpa harus mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Mungkin salah satunya adalah dengan melakukan Mabukber alias Masak lalu Buka Bersama! Selain lebih hemat, kebersamaan kita dengan teman-teman pastinya juga akan lebih terjalin saat masak bersama, dan waktu ngabuburit pun juga tidak akan terasa lama tapi sebaliknya akan terasa lebih fun!

Jika teman-teman dan juga Anda tidak tahu mau memasak apa untuk bukber, jangan khawatir karena jaman sekarang buku resep sudah bervariasi dan tidak begitu sulit untuk ditiru atau dipelajari!

So, this is it! Lima buku resep buka puasa bersama yang mudah, cepat, dan nikmat yang bisa Anda terapkan ketika masak saat waktu Mabukber.

Nasi Komplit

for-blog-fixed---nasi-komplit
Orang Indonesia tidak bisa lepas dari nasi. Jika belum makan nasi berarti belum makan. Bagi Anda yang ingin berbuka bersama dengan menu nasi tapi bosan makan nasi goreng terus, buku ini akan menjadi solusi Anda!

Karena di dalam buku ini terdapat 44 resep kreasi nasi, baik Nasi Uduk, Nasi Ulam Betawi, Nasi Gandul, Nasi Lemak, Nasi Goreng Aceh, maupun Jambalaya dari Amerika Selatan, atau Sushi dari Jepang semuanya semuanya ada di buku resep nasi komplit ini. Resep nasi komplit ini boleh dianggap sebagai hidangan istimewa, mengenyangkan namun juga praktis.

Seri Quick Cooking - Nasi Timbel & Nasi Panggang

for-blog-fixed---nasi-timbel
Jika Anda dan teman-teman Anda adalah Nasi Timbel lover. Mungkin buku ini adalah buku resep yang cocok, karena resep dalam buku ini berisikan berbagai resep nasi timbel dan nasi panggang yang menunggu untuk dipraktikkan segera.

Menunya antara lain adalah Nasi Timbel Parahiangan, Nasi Timbel Favorit, Nasi Timbel Gurih Isi Ayam, Nasi Panggang Teri Gurih, dan Nasi Panggang Kebuli. Buku ini semakin mudah dan lengkap dengan contoh foto dan step by step pembuatannya, sehingga untuk kalian para pemula pasti akan tergiur untuk menyantapnya bisa mempraktikkannya dengan mudah.

Seri Quick Cooking - Quick Pasta

for-blog-fixed---quick-pasta
Jika kalian adalah pecinta makanan Barat, terutama spaghetti, fattuccine dan sebangsanya, maka buku resep quick pasta ini akan menjadi buku yang cocok bagi Anda untuk berbuka puasa bersama teman-teman ataupun keluarga Anda.

Buku ini memiliki banyak variasi resep olahan pasta dengan waktu pembuatan pasta yang tidak lebih dari satu jam di setiap resepnya. Jadi buku ini sangat cocok untuk Anda yang sibuk namun ingin memasak sendiri untuk berbuka bersama teman-teman di bulan puasa.

Resep Aneka Kolak Spesial

for-blog-fixed---aneka-kolak
Siapa yang tidak mengenal sajian kolak? Sepertinya hampir semua orang mengetahuinya. Apalagi pada waktu-waktu tertentu, kolak hadir sebagai hidangan wajib saat bulan puasa. Biasanya kolak disajikan sebagai menu berbuka puasa atau takjil.

Buku ini menyajikan 28 aneka resep kolak spesial yang dapat Anda dan teman-teman coba untuk berbuka puasa. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun sederhana. Anda dan teman-teman pun dapat berinovasi sesuai selera.

Bubur Manis & Kolak

for-blog-fixed---bubur-manis
Buku berisi 25 resep bubur manis dan kolak ini bisa dinikmati bersama keluarga tercinta ataupun kerabat terdekat. Bubur manis dan kolak termasuk kudapan manis berkuah yang berasal dari santan. Bahan utama bubur, ada tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, diberi aroma daun pandan agar terasa harum.

Untuk kolak, biasanya berisi buah-buahan khas Indonesia, seperti pisang, durian, kelapa, dan ubi. Selain bubur manis dan kolak, di dalam buku ini juga terdapat resep makanan pembuka puasa lainnya yang tak kalah lezat, yaitu Bubur Delima, Bubur Biji Salak, Bubur Candil Ketan Hitam, Kolak Ketan Durian, Kolak Tajil, dan Kolak Singkong.

30 Resep Sop Buah

for-blog-fixed---sop-buah
Selain bubur manis dan kolak, sop buah seperti Es Campur, Es Shanghai atau Es Teler biasanya juga mudah ditemui dijual di pinggir-pinggir jalan saat puasa. Jika Anda dan teman-teman ingin buka bersama yang seru mungkin Anda dan teman-teman harus mengurungkan niat untuk membeli sop buah di pinggir jalan tersebut, dan membeli buku 30 resep sop buah ini.

Di dalam buku ini, Anda, teman-teman, ataupun keluarga akan dijelaskan secara detail, dari apa saja yang harus disiapkan hingga step by step pembuatannya.


Berbuka puasa merupakan suatu momen yang penuh syukur, apalagi jika Anda berbuka ditemani keluarga ataupun teman-teman. Hubungan dengan keluarga akan semakin harmonis, teman terdekat akan menjadi semakin dekat dan teman yang dulu dekat akan menjadi dekat kembali.

Mempersiapkan dan membuat hidangan berbuka puasa sendiri, memiliki banyak manfaat positif selain lebih higienis dan hemat. Percaya tidak percaya semua yang Anda buat sendiri pastinya juga akan lebih nikmat dan mengasyikan!