Bukan dijemur, Lakukan Ini untuk Mengeringkan Buku yang Basah

Bukan dijemur, Lakukan Ini untuk Mengeringkan Buku yang Basah

. 3 min read

Sebagai pecinta buku dan mengoleksinya, tentu kita akan merawat buku dengan baik, agar tetap awet tak lekang dimakan oleh waktu. Namun sayangnya, musibah datang tidak dapat kita hindari. Mungkin tertumpah oleh air, kehujanan, atau bahkan karena banjir.

Ternyata, buku yang dibiarkan basah dan mengering sendiri akan membuat kertas bergelombang dan mengembang, serta membuat warna kertas menjadi kecoklatan. Atau jika itu adalah buku pelajaran sekolah, pasti akan membuat kita kesulitan saat belajar menggunakan bukunya.

Tapi Grameds nggak perlu panik, kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini untuk menyelamatkan buku-bukumu.

1. Jangan Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

bukan
Sumber foto: Pixabay

Alih-alih membuatnya cepat kering, hal ini malah membuat kertas buku menjadi keriting dan kusut. Tinta tulisan pun akan sulit dibaca. Lebih baik, selipkan tisu kering pada tiap 10 lembar kertas pada buku. Lapisi sampul atas dan bawah dengan tisu juga, lalu tekan perlahan hingga air yang ada di sampul dan dalam kertas menyerap ke tisu. Lakukan berulang hingga terasa air yang terserap semakin sedikit.

2. Tidak Buru-Buru Membuka Lembaran yang Menempel

bukan
Sumber foto: iStockphoto

Kertas yang saling menempel karena basah akan lebih rapuh dan mudah robek. Daripada langsung membukanya satu-persatu, lebih baik keringkan dahulu menggunakan tisu untuk menyerap air. Lakukan berulang pada lembaran yang sudah bisa mudah dibuka. Dan jangan lupa, lakukan dengan hati-hati dan perlahan saat mencoba membukanya.

3. Diangin-anginkan

bukan
Sumber foto: twitter.com/katakerja65

Setelah air dirasa sudah terserap banyak ke tisu, posisikan buku berdiri lalu anginkan. Kamu bisa taruh buku langsung di depan kipas angin semalaman agar cepat kering. Ingat, bukan dijemur langsung di bawah sinar matahari ya.

4. Taruh Benda Berat di Atas Buku

bukan
Sumber foto: Freepik

Jika buku sudah kering namun kertasnya menjadi bergelombang, kamu bisa taruh benda berat di atas buku dan diamkan selama 2 hari. Beban buku yang tertumpuk itu akan membuat tekstur buku kembali lurus.

5. Taruh Buku pada Ruangan Bersirkulasi Baik

bukan
Sumber foto:arsitag.com

Agar buku tidak terkena jamur, letakkan bukumu di tempat yang hangat dan sirkulasi udaranya baik ya. Posisikan buku berdiri juga, yang akan membantu udara masuk ke sela-sela lembaran kertas. Kamu juga bisa mencoba untuk menaruh buku pada rak yang tinggi, agar bukumu tidak akan terkena basah kembali.

Memang perlu upaya lebih untuk mengembalikan buku seperti semula, namun hal-hal berikut bisa membantu kamu agar buku bisa diselamatkan.

Dan jika kamu butuh koleksi buku-buku keren terbaru, langsung cek di Buku-Buku Terpopuler atau Novel Paling Laris yang ada di Gramedia.com.

tampilanCek Buku-Buku Terbaik Saat Ini!

Serunya lagi, ada diskon hingga 25% untuk buku-buku terbaik pilihan, yang bisa kamu dapatkan dari 22-28 Februari 2021. Jangan lewatkan promo GAMPAR bulan ini ya!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Tetap jaga selalu buku-buku kesayanganmu!


Sumber foto header: Unsplash