Buat Para Remaja: Isi Kegiatanmu Selama Puasa dengan 5 Buku ini!

Buat Para Remaja: Isi Kegiatanmu Selama Puasa dengan 5 Buku ini!

. 3 min read

Umat muslim di seluruh dunia selalu menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh suka cita. Begitu pula dengan keluarga-keluarga muslim di Indonesia. Tidak hanya para orang tua yang menjalani ibadah puasa. Akan tetapi, para remaja yang sudah mencapai usia akil baligh juga diwajibkan untuk menunaikan puasa selama satu bulan penuh.

Para orang tua mungkin sudah terbiasa menjalankan puasa Ramadan selama bertahun-tahun. Namun, tidak mudah bagi remaja yang baru menjalaninya. Di usia yang masih muda, mereka melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Hal tersebut dapat membuat tubuh lebih cepat lelah, apalagi jika sedang berpuasa. Selain itu, kebanyakan remaja masa kini menghabiskan waktunya di depan layar smartphone untuk bermain game atau media sosial.

Padahal, banyak aktivitas selama puasa yang tidak mudah melelahkan dan penuh makna bagi para remaja. Salah satunya adalah membaca buku-buku Islam, baik itu mengenai ajaran-ajaran Islam maupun cerita pengalaman seputar puasa. Berikut enam buku rekomendasi untuk temani puasa kamu.

Amazing Islam

for-blog-fixed---amazing-islam
Menguatkan iman tidaklah mudah. Pasang surut dalam menjalankan ibadah serta ajaran-ajaran Islam mungkin pernah dialami umat muslim. Mungkin kamu adalah salah satunya. Namun, kamu pasti bisa mengatasinya dengan membaca cerita keseharian para remaja muslim melalui buku ini. Kamu dapat belajar membina hati dan pikiran untuk menjadi remaja muslim yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jangan takut bosan! Rangkaian kisah seru yang diceritakan dalam Amazing Islam dikemas dalam bentuk komik. Gaya bahasanya juga ringan sehingga kamu bisa mudah memahami ceritanya.

Puasa Gue

for-blog-fixed---puasa-gue
Apa itu puasa Ramadan? Apa makna dari bulan Ramadan? Bagaimana aturan-aturan yang harus diikuti selama bulan puasa? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan? Kamu barangkali pernah bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Sebagai umat muslim, kamu perlu mengerti segala hal tentang puasa Ramadan yang termasuk salah satu rukun Islam. Melalui buku Puasa Gue, kamu diajak untuk memahami seluk-beluk puasa Ramadan. Sang penulis, Aam Amiruddin, mengupas habis puasa Ramadan dan puasa-puasa lainnya dalam Islam. Puasa Gue dilengkapi juga dengan ayat-ayat dan hadisnya yang dapat membantu pemahaman kamu akan ibadah puasa.

Cerita Gokil Seputar Puasa

for-blog-fixed---cerita-gokil-seputar-puasa
Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim. Banyak warna-warni cerita yang dilalui selama menjalankan puasa Ramadan. Momen-momen tersebut tidak semuanya indah, tapi tidak selalu buruk juga. Di balik momen yang tidak menyenangkan pun, pasti ada hikmahnya.

Berbagai cerita seru dalam Cerita Gokil Seputar Puasa bisa mengisi hari-harimu selama bulan Ramadan. Seperti judul bukunya, cerita yang dibagikan gokil alias super lucu. Ada cerita tentang peluang makan gratis saat bulan puasa, tip puasa ala anak kos, dan lain sebagainya. Dengan gaya bahasa yang santai dan kekinian, buku ini sangat cocok untuk kamu para remaja!

Yuk Jadi Anak Muslim Gaul

for-blog-fixed---yuk-jadi-anak-muslim-gaul
Banyak pelajaran positif dalam buku Yuk Jadi Anak muslim Gaul yang dapat kamu ambil hikmahnya. Pembelajaran tersebut lebih berorientasi pada kisah-kisah tentang perilaku kurang baik yang perlu diperbaiki. Ada cerita tentang bagaimana mengucapkan dan menjawab salam dalam Islam, berbagi makanan, rendah hati, dan lain-lain.

Berbagai ajaran tersebut dibagikan ke dalam bentuk percakapan sederhana sehingga mudah untuk dipahami para pembaca. Dilengkapi juga dengan ilustrasi di setiap halaman, membuat buku komik Yuk Jadi Anak muslim Gaul tidak membosankan untuk dibaca. Habis baca, coba implementasikan perilaku-perilaku baik yang diajarkan dalam buku ini!

Quotes for Muslim

for-blog-fixed---quotes-for-muslim
“Janganlah membandingkan beratnya masalah kita dengan kemudahan hidup pada orang lain. Sebab setiap orang punya ujian masing-masing. Yang berhasil adalah yang mampu bersabar dan bersyukur.”

Quotes atau kata mutiara di atas merupakan salah satunya yang ada dalam buku Quotes for muslim. Buku ini terdiri dari beragam kata mutiara sesuai tema, seperti akhlak, keluarga, dan anak. Walaupun hanya berisikan kata mutiara, tulisan-tulisan tersebut dapat membuka pikrian dan menyentuh hati para pembaca. Kalimat quotes memang singkat, tetapi memiliki makna yang mendalam. Quotes for muslim sesuai untuk remaja rohis (rohani Islam) seperti kamu!


Mulailah menguatkan iman di bulan Ramadan yang penuh berkah dan pahala ini! Meskipun masih remaja, kamu perlu memperkaya diri dengan ajaran-ajaran Islam agar semakin kuat iman dan ibadahnya. Semoga buku-buku di atas dapat menjadi rekomendasi bacaan kamu untuk mengisi keseharianmu selama bulan puasa!