Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

BTPN Sukses Tingkatkan Minat Baca para Karyawan Melalui BTPN e-Library

BTPN Sukses Tingkatkan Minat Baca para Karyawan Melalui BTPN e-Library

Teknologi yang semakin berkembang telah membuat masyarakat sangat bergantung pada teknologi yang ada. Ketergantungan itu membuat banyak yang harus dilakukan untuk bertahan di era digital ini. Perkembangan teknologi juga tidak terkecuali membuat banyak perusahaan harus beradaptasi dengan era digital, tak terkecuali dengan bank BTPN.

Learning Lead BTPN, Aditya Perkasa, menjelaskan bahwa digitalisasi pada bank BTPN cukup luas. Sejauh ini, ada empat platform digital yang digunakan, salah satunya adalah e-Perpus yang bekerjasama dengan Gramedia. Dengan nama BTPN e-Library, perpustakaan digital ini disediakan khusus untuk karyawan bank BTPN.

Pak Aditya sangat berharap bahwa pembelajaran digital dapat dikembangkan, apalagi setelah dihantam pandemi. Hal ini dilakukan agar para karyawan tidak merasa bosan dan tetap merasa antusias, senang, dan nyaman dalam belajar dari mana pun, melalui akses BTPN e-Library ini. Konten yang dapat dibaca oleh karyawan pun beragam, mulai dari buku non fiksi, novel, majalah, atau koran digital yang selalu diperbarui setiap harinya.

Demi meningkatkan awareness dan minat baca para karyawan, tim pustakawan bank BTPN akan menginformasikan siapa saja top reader di tiap bulannya. Top reader ini akan mendapatkan hadiah voucher dari akumulasi membaca selama satu tahun.

Pustakawan BTPN e-Library dapat mengetahui siapa saja pembaca paling aktif melalui fitur data analitik pengguna, yang tersedia pada Admin Dashboard di aplikasi e-Perpus. Tak hanya bisa melihat pengguna paling aktif, aplikasi e-Perpus juga memberikan informasi mengenai durasi membaca tiap anggota dan buku apa saja yang paling banyak dibaca.

Hal lain yang dilakukan oleh BTPN untuk menambah awareness adalah melalui email yang dikirim kepada karyawan setiap satu atau tiga bulan sekali. Pesan yang diberikan ini bergantung pada campaign yang sedang diusung, dan dapat berisi informasi seperti ajakan untuk menggunakan BTPN e-Library, siapa saja top reader di tiap bulannya, atau informasi pengaksesan perpustakaan digital untuk karyawan baru. Usaha ini telah sukses menambah anggota BTPN e-Library dan meningkatkan daya baca para karyawan bank BTPN.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital. Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store.Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. BTPN

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus