Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Bright, Sekuel Novel Shine Karya Jessica Jung Sudah Rilis di Indonesia

Bright, Sekuel Novel Shine Karya Jessica Jung Sudah Rilis di Indonesia

Grameds, kamu tahu nggak sih dengan buku-buku fiksi khas Korea Selatan yang dibalut imajinasi penggemar idol Korea? Nah, itu adalah jenis tulisan fan fiction yang ditulis khusus oleh para penggemar. Sekarang, kita kenalan dengan novel Shine dan Bright, salah satu buku fiksi Korea Selatan yang bukan ditulis oleh penggemar, melainkan oleh idol itu sendiri!

Ia adalah mantan idola K-POP, Jessica Jung, yang merintis debut menulisnya dalam buku Shine, yang dirilis beberapa tahun lalu. Kesuksesannya dalam industri hiburan Korea Selatan, melejit naik dengan penggemar yang meluas. Ia terus berkarya dan melebarkan jenis hiburan dari satu wadah ke wadah lainnya.

Karier Kepenulisan Jessica Jung

Buku Shine ditulis oleh Jessica Jung dengan bekal pengalamannya selama berkutat di industri hiburan K-POP bertahun-tahun lamanya, yakni pada suatu girl group Girls’ Generation atau SNSD besutan SM Entertainment. Ia mendapatkan debut pertamanya di sana bukan tanpa alasan, Jessica Jung dikenal sebagai salah satu vokal utama dalam grup. Ia juga berbakat menari dan memiliki visual cantik yang digadang-gadang menjadi standar beauty surgery di Korea Selatan.

Akan tetapi, dengan segala bakat tersebut, rupanya Jessica Jung adalah satu-satunya anggota Girls’ Generation yang memutuskan untuk hengkang di tengah-tengah kontrak grup yang masih berjalan dengan agensi. Dirinya sempat menjadi sorotan dunia maya sejak memutuskan meninggalkan agensi dan juga grup yang membesarkan namanya.

Saat dia meninggalkan grup Girls' Generation, Jessica mendapat banyak sekali kritik dan cibiran dari berbagai mulut mengenai keputusannya. Bahkan akibat dari kepergiannya yang tiba-tiba dan dinilai menyalahi kontrak, Jessica sempat harus menerima ganjaran berupa larangan tampil di TV dan radio nasional Korea. Berat sekali, ya?

Meski begitu, seluruh pengalaman yang menimpanya itu memaksanya untuk berpikir lebih keras lagi supaya ia bisa menemukan cara berkarya dengan cara berbeda. Buku ini adalah salah satu bentuk karyanya terlepas dari bakat menyanyi, menari, dan modelling-nya.

Mengetahui sekilas dari latar belakang karier Jessica, tentunya membuat kita semua penasaran dengan isi buku yang ditulisnya, bukan? Apalagi, Shine bercerita banyak soal kerasnya kehidupan yang dijalani sebagai seorang idola K-POP, dengan berbagai pengorbanan yang harus mereka pertaruhkan untuk dapat mewujudkan impian.

Cerita fiksi mengenai kerasnya kehidupan idola ini ditulis langsung oleh mantan idola yang berkecimpung di dunia itu selama bertahun-tahun. Penasaran dengan isi bukunya, kan? Admin bocorin sedikit sinopsisnya di bawah!

Sinopsis Buku Shine

Shine menceritakan kisah tentang seorang gadis berusia tujuh belas tahun bernama Rachel Kim. Cerita dimulai dari masa-masa enam tahun perjalanan trainee-nya dalam suatu agensi besar Korea Selatan. By the way, kata trainee sudah tidak asing lagi disebutkan di dunia hiburan K-POP. Istilah itu merujuk pada masa seseorang dilatih dan diasah untuk akhirnya didebutkan menjadi artis dan idola dalam naungan agensi tertentu.

Rachel di dalam buku ini diceritakan harus berkorban pindah ke Korea Selatan dari yang sebelumnya berada di Amerika Serikat. Hal ini membuat keluarganya juga harus ikut pindah ke Negeri Gingseng tersebut. Pengorbanan itu tidak hanya datang dari Rachel yang berjuang menjadi trainee, tetapi keluarganya juga jadi merintis ulang bisnisnya di Korea Selatan yang sebelumnya sudah dibangun besar di Amerika Serikat.

SekuelBaca Bukunya Sekarang!

Menjadi trainee dan sukses debut bukan menjadi satu-satunya tekanan yang Rachel miliki saat itu, namun juga datang dari harapan besar keluarga. Belum lagi lingkungan kerja yang keras, apalagi dikelilingi oleh trainee lain yang mencemooh dan membencinya, membuat Rachel harus mati-matian bertahan di sana.

Statusnya sebagai orang blasteran Korea-Amerika, seringkali membuatnya mendapat diskriminasi dan bullying dari para trainee. Akan tetapi, drama yang dialaminya bukan hanya datang dari persoalan trainee saja, dalam buku ini kamu akan menyaksikan kisah cinta Rachel juga.

Rachel memiliki kisah-kasih dengan salah satu anggota boy group satu agensinya bernama Jason Lee. Sayangnya hal ini juga menambah tekanan Rachel sebab hari-harinya terus digentayangi kekhawatiran. Apabila hubungannya diketahui agensi, maka mereka bisa mengancam Rachel untuk tidak didebutkan.

Keseruan drama yang dihadapi Rachel ini juga bisa kamu baca dalam bentuk e-book, lho! E-book ini bisa kamu baca melalui aplikasi Gramedia Digital. Baca di sini, ya! >>> Shine.

Nah, buku setebal 300 halaman ini telah mengungkap sisi gelap dari gemerlapnya dunia K-POP, akan tetapi, banyak pula penggemar yang masih penasaran sebab beberapa pertanyaan tentang kelanjutan nasib Rachel masih belum terjawab. Reaksi positif dari penggemar membuat Jessica meneruskan sekuel dari novel Shine dengan judul yang berbeda, yaitu Bright.

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!

Sinopsis Buku Bright

Tidak kalah seru dengan Shine, novel kelanjutannya pada Bright bercerita lebih lanjut soal seluk-beluk drama yang diterima oleh Rachel sepanjang kariernya menjadi idola, yang dipandang bersinar secara global. Bahkan, konflik yang hadir bukan hanya dari kariernya, melainkan juga pada kisah cintanya yang baru.

Menjalani pekerjaan sebagai seorang idola di Korea Selatan berarti mengikuti aturan tidak tertulis mengenai pasangan, di mana jika seorang idola memilih berpasangan, maka dia akan kehilangan segalanya. Pada sekuel ini, Rachel bertemu dengan Alex, sosok yang menawarkan cinta terbaik di matanya.

SekuelBaca Bukunya Sekarang!

Alex dalam novel Bright diceritakan sebagai sosok pendukung yang melihat potensi Rachel di bidang musik dan fesyen. Kisah cinta mereka membawa Rachel pada keputusan untuk memilih apakah dia harus meneruskan karier musiknya sebagai idola atau merintis bisnis fesyennya sesuai dengan potensi yang dilihat Alex.

Dilema akan musik dan bisnis tersebut menimbulkan konflik internal pada diri Rachel dan juga konflik eksternal dari kedelapan teman satu grupnya di grup Girls Forever. Konfliknya dengan Girls Forever menyebabkan dirinya didepak dari grup tersebut! Perjalanan berkarier Rachel di industri hiburan Korea Selatan menjadi semakin seru di novel sekuelnya ini.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan cerita lengkapnya, jangan khawatir! Gramedia.com menyediakan kedua buku tersebut. Mulai dari tanggal 1-28 September 2022, ada promo bundling buku Shine dan Bright seharga Rp239.000 saja! Dapatkan promo bundling-nya di bawah ini ya!

SekuelDapatkan Kedua Bukunya Lebih Hemat di Sini!

Tapi, jangan khawatir kalau kamu sudah punya buku Shine dan tertarik untuk membeli Bright saja, kamu bisa ikut pre-order Bright pada periode yang sama dan dapatkan bukunya hanya dengan harga Rp139.000 saja! Tidak hanya itu, kamu pun berkesempatan mendapatkan photocard Jessica dan tanda tangannya! Tunggu apa lagi? Cek promonya di bawah ini!

SekuelDapatkan Bukunya Sekarang!

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu! Cek promonya di bawah ini. ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/jessica.syj

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter