Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Bisnis Kuliner Rumahan yang Mudah Diikuti, Cuan dari Hobi Masak!

Bisnis Kuliner Rumahan yang Mudah Diikuti, Cuan dari Hobi Masak!

Punya hobi masak? Masakan yang dibuat selalu enak? Banyak dapat komentar baik dari masakan yang dibuat? Kalau begitu sudah saatnya Grameds membuka bisnis kuliner rumahan. Salah satu bisnis yang selalu diminati oleh pelaku bisnis karena permintaan pasar yang selalu ada. Meskipun terlihat sederhana, bisnis kuliner rumahan bisa menghasilkan omset yang luar biasa.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan?

Seperti halnya dengan bisnis lain, memulai bisnis kuliner rumahan perlu pondasi bisnis dan perencanaan matang. Grameds dapat memulai dengan menentukan makanan atau minuman apa yang akan ditawarkan kepada konsumen nantinya. Pilihlah makanan atau minuman yang paling Grameds suka dan kuasai, dengan begitu konsumen akan merasakan pengalaman menikmati produk yang enak untuk dikonsumsi sehingga mereka merekomendasikan produk bisnis Grameds kepada orang lain.

Setelah menentukan produk, Grameds bisa mulai menentukan seperti apa logo dan kemasan yang akan dipakai. Hal ini sebagai bentuk pengembangan brand dari bisnis kuliner rumahan yang Grameds buat. Buatlah desain logo dan kemasan yang menarik, unik, dan mudah diingat agar mampu menarik konsumen lebih banyak.

Untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan, Grameds juga bisa mendaftarkan merek serta perizinan produk. Produk rumahan yang memiliki izin akan menambah nilai jual dan juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual.

Keuntungan Bisnis Kuliner Rumahan

Selain mendapatkan income, ada banyak keuntungan yang Grameds dapatkan saat menjalankan bisnis kuliner rumahan. Seperti yang dirangkum pada Stacey Davis dan istrinya dalam laman foodbusinesspros.com, berikut adalah beberapa keuntungan bisnis kuliner rumahan.

Sumber: freepik.com

Memiliki jam kerja yang fleksibel

Dalam menjalankan bisnis kuliner rumahan Grameds bisa menentukan sendiri jam kerja yang akan dijalani. Pekerjaan ini tidak terpaku oleh jam kerja, beberapa pelaku bisnis bahkan mulai melakukan proses produksi setelah menerima pesanan dari konsumen. Hal menguntungkan lainnya adalah Grameds masih bisa melakukan aktivitas pribadi selain berbisnis.

Overhead cost lebih rendah dan menghemat pengeluaran pribadi

Keuntungan dari bisnis kuliner rumahan lainnya adalah, Grameds dapat menekan overhead cost atau biaya yang tidak langsung berkaitan dengan produksi, namun tetap dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya adalah biaya sewa tempat. Dengan overhead cost yang lebih rendah itulah biaya pengeluaran pribadi pun akan lebih hemat.

Ide bisnis lebih mudah untuk dikembangkan

Karena bisnis kuliner rumahan memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi, maka pengembangan ide bisnis lebih mudah untuk dilakukan. Misalnya saat ingin menambah produk baru, Grameds bisa mengadopsi ide dari berbagai buku kuliner atau buku resep yang telah ada.

Kalau Grameds masih merasa bingung untuk memilih produk apa untuk dipasarkan, berikut beberapa rekomendasi buku yang bisa dijadikan referensi untuk memulai atau mengembangkan bisnis kuliner rumahan.

Rekomendasi Buku untuk Ide Bisnis Kuliner Rumahan

1.. DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan

IdeBeli di Sini!

Siapa bilang diet itu menyiksa? Buktinya diet ala DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan masih membolehkan Grameds mengkonsumsi makanan favorit sebanyak yang Grameds mau. Bagaimana caranya? Caranya ada di buku ini. Selain pembahasan mengenai aturan-aturan dalam DEBM, buku ini juga memberikan resep-resep menu makanan utama dan camilan lezat bagi Grameds yang sedang menjalankan program diet. Resep-resep ini bisa Grameds pelajari untuk pengembangan ide bisnis kuliner rumahan lho.

2. Wonderful Cakes: 55 Resep Cake Besar untuk Antaran dan Jualan

IdeBeli di Sini!

Cake atau kue lezat memang tidak ada sepinya dalam bisnis kuliner rumahan, baik skala kecil sampai skala besar. Kalau Grameds ingin mencoba bisnis cake rumahan, buku Wonderful Cakes: 55 Resep Cake Besar untuk Antaran dan Jualan ini bisa menjadi salah satu referensi. Resep-resep yang terdapat dalam buku ini telah melalui serangkaian praktik trial and error berkali-kali untuk mendapatkan takaran yang tepat agar rasa bentuknya sempurna. Harapannya agar pembaca lebih mudah mencoba dari dapurnya sendiri.

3. Variasi Snack Box Be Unique & Be Different

IdeBeli di Sini!

Adalah Yunik Ika, seorang praktisi kuliner yang tidak hanya berperan sebagai pengusaha bisnis kuliner rumahan saja, namun juga mentor yang membuka private class bagi siapa saja yang ingin belajar baking. Melalui buku ini, Yunik Ika berbagi ilmu bakingnya dengan menuliskan 30 resep kue andalannya, baik itu kue lokal maupun internasional. Dengan mempelajari resep dari buku ini, Grameds akan memiliki pengalaman seperti sedang menyerap ilmu langsung dari ahlinya. Ilmu ini tentu bisa Grameds gunakan untuk memulai atau mengembangkan bisnis kuliner rumahan yang akan dibuat.

4. Resep Cake, Kue, & Dessert dari Dapur Tempo Doeloe

IdeBeli di Sini!

Pecinta kue jadul mari merapat! Buku Resep Cake, Kue, & Dessert dari Dapur Tempo Doeloe ini akan memberikan insight berupa resep-resep legendaris yang memiliki cita rasa otentik yang wajib dicoba. Dengan mengikuti resep dan mengembangkannya menjadi bisnis kuliner rumahan, Grameds bisa menghidupkan kembali panganan jadul yang diwariskan sejak jaman Belanda melalui cerita maupun catatan dari nenek kita. Tapi jangan salah, meskipun dinamakan kue jadul, namun peminatnya tetap tinggi sampai sekarang!

5. 25 Kreasi Cake Kekinian Favorit

IdeBeli di Sini!

Berbeda dengan buku sebelumnya, resep yang dihadirkan pada buku ini adalah panganan yang viral di sosial media. Buku ini ditulis oleh Meida Felici yang kurang lebih sudah 10 tahun berkiprah di bidang kuliner hingga akhirnya membagikan ilmunya melalui buku 25 Kreasi Cake Kekinian Favorit. 25 resep yang telah disusun oleh Meida Felici terbagi menjadi 7 bagian, sehingga Grameds lebih mudah memilih kategori mana yang bisa menjadi inspirasi untuk bisnis kuliner rumahan.

Mudah untuk diikuti, bukan? Yuk mulai membuka bisnis kuliner rumahan dari sekarang. Tapi perlu diperhatikan juga, bahwa salah satu kunci keberhasilan dari berbisnis adalah konsistensi. Jangan menyerah untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan ya, Grameds.

Nah, kalau kamu berminat untuk membeli buku-buku yang Gramin rekomendasikan di atas, atau buku-buku lainnya, kamu bisa banget belanja dengan lebih hemat di Semesta Buku!

Sejuta Buku Hadir di Semesta Buku!

Kabar baik untuk Grameds yang sedang berburu diskon buku di penghujung tahun, Gramedia menghadirkan 1.000.000 buku dengan diskon hingga 90% dalam Semesta Buku, yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-10 Desember 2023 di Kompas Gramedia Palmerah Barat.

Nggak hanya belanja buku, kamu juga bisa mengikuti kegiatan lainnya, mulai dari talkshow bersama penulis-penulis terkenal, seperti Ratih Kumala dan Leila S. Chudori, screening film dari Rekata Studio, diskusi naskah bersama para editor Penerbit Gramedia di Editor's Clinic, silent writing dan silent reading bersama Gramedia Writing Project, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu ikuti!

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan dengan harga murah meriah di Semesta Buku. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan infonya, ikuti media sosial Semesta Buku di Instagram dan TikTok @semestabuku_id, ya, Grameds!

Sampai jumpa di Semesta Buku!🚀🌠


Sumber gambar header:  pexels.com

Penulis: Shifa Putri

Editor: Puteri C Anasta

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter