Berkenalan dengan Puisi Kekinian

. 3 min read

Mendengar kata puisi, yang terlintas di pikiran anak muda kebanyakan kumpulan kalimat-kalimat yang tiap katanya memiliki makna yang dalam sedalam palung di lautan. Memang tidak mudah untuk memaknai tiap arti kata dalam buku puisi, sehingga kebanyakan anak muda zaman sekarang malas membaca buku puisi karena katanya terlalu “berat” untuk dicerna otak. Mungkin kalau begitu, hanya Dilan anak muda yang kuat membaca buku puisi.

Di zaman milenial sekarang, anak muda lebih memilih bermain gadget ketimbang membaca. Jangankan membaca buku puisi, membaca artikel berita saja ogah-ogahan. Jika ditanya buku puisi yang dikenal anak muda, mungkin pengarang-pengarang buku puisi terkenal legendaris seperti Chairil Anwar, W.S. Rendra, Khalil Gibran, atau Sapardi Djoko Damono saja yang didengar mereka.

Padahal buku puisi sekarang ini telah berkembang mengikuti perkembangan zaman alias edgy atau kekinian. Mungkin hanya mereka yang memang benar-benar mengikuti perkembangan buku puisi yang menyadarinya, bahwa sekarang ini ada banyak buku puisi yang asik untuk dibaca dan maknanya lebih mudah dimengerti dalam sekali baca.

Berikut lima buku puisi yang cocok dibaca untuk anak muda zaman now.

Love Her Wild karya Atticus

for-blog-fixed---love-her-wild
Buku ini merupakan kumpulan puisi perdana Atticus yang populer. Setiap kata dan kalimat yang ada di dalam buku ini, tertulis dengan romantis, jujur, dan menyentuh hati para pembacanya. Selain itu setiap puisinya juga dibuat berdasarkan momen-momen terkecil dan terpenting dalam hidup serta pada momen-momen terindah dan terpedih yang sebagian besar disebabkan oleh cinta. Buku puisi ini tepat untuk mengisi hari-harimu agar menjadi penuh warna.

Love and Misadventure karya Lang Leav

for-blog-fixed---love-and-misadventure
Lang Leav adalah penulis internasional terkenal. Karya-karyanya tak pernah absen menjadi best-seller. Salah satunya adalah buku puisi Love and Misadventure yang memiliki penjualan nomor satu ini. Selain cover yang menarik dan kekinian, isi dari buku puisi ini pun tak kalah menarik. Setiap puisi dalam buku ini seperti menerjemahkan segala bentuk perasaan cinta ke dalam untaian kata-kata yang indah, layaknya kisah dari negeri dongeng. Buku ini mungkin bisa menjadi buku yang cocok untuk membuatmu mengerti rumitnya cinta.

The Book of Forbidden Feelings karya Lala Bohang

for-blog-fixed---book-of-forbidden-feelings
Buku puisi ini adalah buku yang mengutarakan isi hati yang tidak semestinya diutarakan, seperti perasaan-perasaan yang selama ini terpendam khususnya dalam diri wanita. Kesemuanya tertuang lewat ilustrasi-ilustrasi dan puisi-puisi pada buku ini. Puisi-puisinya memiliki makna yang mengena dan membuat hati para pembacanya mencelus sambil mengangguk-angguk mengiyakan. Buku puisi ini siap membuat pembacanya kecanduan dan tidak cocok dibaca sebelum tidur.

Love Unlove Repeat karya Adi K

for-blog-fixed---love-unlove-repeat
Buku penuh ilustrasi dan kumpulan puisi ini ditulis oleh seorang fotografer yang juga merupakan pengarang buku. Setiap halamannya diisi puisi dan ilustrasi gambar yang saling mendukung dan menjelaskan satu sama lain. Bermacam-macam emosi yang tertuang di setiap rangkaian katanya membuat puisi ini dengan cepat memikat dan menghipnotis hati para pembacanya. Perpaduan penggalan puisi dan gambar ilustrasi yang indah, membuat buku puisi full English ini tetap bisa dinikmati di waktu santai atau menjadi selingan kala membaca buku lainnya.

Continuum karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

for-blog-fixed---continuum
Buku ini merupakan buku ilustrasi puisi yang dikarang pengarang tanah air. Komposisinya sebagian besar didominasi gambar yang dibuat oleh sang pengarang sendiri. Walaupun penggalan tulisan di dalam buku ini hanya sedikit ketimbang dengan gambarnya, namun kata demi kata yang tersusun menjadi kalimat di buku ini sungguh dalam. Baca buku ini jika kamu sudah siap untuk terenyuh dalam keindahan.


Puisi memang tidak secara langsung mendeskripsikan arti atau makna sebenarnya yang ingin dikatakan. Namun setidaknya puisi dapat mengutarakan perasaan, emosi, pesan terlarang, atau hal yang tak sempat tersempaikan dari hati namun tidak berani diutarakan secara jujur, indah dan tidak menyakiti hati secara langsung.

Tertarik membaca salah satunya?