Belajar Sains, Bacaan untuk Anak di Kala Belajar di Rumah

Belajar Sains, Bacaan untuk Anak di Kala Belajar di Rumah

. 4 min read

Saat pandemi, kegiatan belajar-mengajar anak-anak otomatis berlangsung secara daring. Beragam saran dan tip bagi orangtua untuk membantu anak-anak belajar di rumah memenuhi media sosial. Dari segi fasilitas, banyak orangtua menyediakan meja dan kursi yang nyaman sampai camilan agar anak tidak kelaparan dan bisa konsentrasi belajar daring. Lalu, dari segi pelajaran, apa yang bisa orangtua lakukan?

Tak dapat dimungkiri, tidak semua pengetahuan kita ketahui. Sekalipun mencari di internet, beragam informasi yang bertebaran malah bisa membuat bingung. Salah satu cara yang ayah dan bunda bisa lakukan adalah dengan menyediakan beragam buku bacaan yang menunjang sekolah anak. Jangan khawatir anak-anak akan merasa bosan dan jenuh membaca, semuanya bisa dimulai dari komik!

Mungkin para orangtua akan mengerutkan dahi saat membaca kata “komik”. Cerita yang lucu dan penuh gambar membuat komik identik dengan buku untuk hiburan. Namun, apakah ayah dan bunda pernah mendengar jenis buku komik edukasi? Komik edukasi adalah buku yang berisi beragam info sains menarik yang dikemas dalam bentuk cerita komik.

Bertualang Menembus Ruang dan Waktu

Seri terbaru komik edukasi dari penerbit BIP, Belajar Sains, menggabungkan bacaan sains ilmiah dengan gaya komik yang jenaka. Penulis seri komik edukasi ini, Wu Meizhen, adalah penulis buku anak best seller di Tiongkok. Dengan pengalamannya dalam bidang literasi anak, Wu Meizhen membuat komik edukasi ini untuk membantu menjawab rasa penasaran anak-anak akan sains.

Para tokoh utama dalam komik ini adalah anak-anak dengan karakter yang beragam. Ada anak yang usil bernama Chen, ada anak perempuan yang suka membaca bernama Susie, anak yang rendah hati dan suka makan bernama Ady, dan tokoh anak-anak lainnya. Semua karakter dalam komik ini sangat dekat dengan keseharian sehingga anak-anak bisa merasa lebih relatable saat membacanya.

Buku
Sumber foto: Dok. Bhuana Ilmu Populer

Dalam setiap petualangan, para anak pemberani ini akan didampingi Kak Sunny yang membantu menjelaskan beragam fenomena sains dan menjawab berbagai pertanyaan unik anak-anak. Dengan mantra “Simsalabim, abrakadabra”, Kak Sunny, Chen, Susie, Mimi, Ady, dan lainnya akan menembus ruang dan waktu untuk mencari tahu fenomena sains yang membuat mereka semua penasaran. Walaupun di rumah saja, para pembaca cilik bisa ikut berkeliling dunia bersama mereka melalui buku ini!

Terdapat 6 Topik Sains Favorit Anak

Belajar Sains mengangkat enam topik pembahasan sains yang disukai anak-anak: Dunia Hewan, Cuaca, Bumi, Serangga, Antariksa, dan Penemuan. Dengan total 128 halaman di setiap bukunya, seri komik edukasi ini akan menjelaskan banyak fakta dan fenomena sains sesuai topik secara menyenangkan dan sederhana untuk anak-anak.

Fakta dan fenomena sains yang diceritakan dengan menarik akan diselingi berbagai pertanyaan unik dari tokoh anak-anak, seperti bagaimana hewan berkomunikasi, siapa manusia yang pertama kali ke luar angkasa, apa yang harus dilakukan saat gempa, bagaimana kupu-kupu mengisap madu dari bunga, dan masih banyak lagi.

Buku
Sumber foto: Dok. Bhuana Ilmu Populer

Beragam pertanyaan ini dapat memicu rasa ingin tahu anak dan meningkatkan penalaran mereka. Bahkan, beberapa pertanyaan ini mungkin pernah anak-anak tanyakan juga, lho!

Rangkuman Sains di Setiap Akhir Bab

Di setiap akhir bab komik Belajar Sains, terdapat catatan sains yang berisi penjelasan lebih dalam mengenai topik yang dibahas. Dilengkapi dengan ilustrasi yang berwarna-warni, anak-anak akan antusias dalam membaca dan bisa semakin paham akan topik yang dibahas.

Buku
Sumber foto: Dok. Bhuana Ilmu Populer

Dengan komik edukasi yang menyenangkan ini, anak-anak jadi tidak terus terpaku dengan gawainya. Ditambah lagi, anak-anak dapat terhibur dari kejenuhan sekolah di rumah dan juga menambah pengetahuan sains mereka. Bermula dari membaca seri Belajar Sains, semoga anak-anak menjadi jatuh cinta dengan membaca dan ilmu pengetahuan.

Penasaran dengan buku-bukunya dan berniat membelikannya untuk si kecil? Cek di sini ya!

Belajar Sains: Penemuan

BelajarBeli Sekarang!

Belajar Sains: Serangga

BelajarBeli Sekarang!

Belajar Sains: Antariksa

BelajarBeli Sekarang!

Belajar Sains: Dunia Hewan

BelajarBeli Sekarang!

Belajar Sains: Bumi

BelajarBeli Sekarang!

Belajar Sains: Cuaca

BelajarBeli Sekarang!

Mau beli komik pendidikan ini tapi dompet tetap aman? Bisa! Kebetulan lagi ada Penawaran Spesial Komik Pendidikan Diskon 20%. Beli sekarang karena penawaran ini hanya sampai 14 April 2021. Ada pilihan komik pendidikan lain yang bisa kamu cek di bawah ini ya!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Karena kamu sudah membaca artikel ini, ada bonus tambahan voucher diskon 20% spesial buat kamu! Tinggal klik link di bawah ini ya.

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Febriani, editor Bhuana Ilmu Populer

Sumber foto header: Dok. Bhuana Ilmu Populer