Baru Gajian? Kelola dengan Cara Ini agar Tak Habis dalam Waktu Dini

Baru Gajian? Kelola dengan Cara Ini agar Tak Habis dalam Waktu Dini

. 4 min read

Memasuki tanggal akhir dan awal, saatnya gajian datang! Hal ini selalu ditunggu-tunggu karena akhirnya hasil kerja selama satu bulan kebelakang, telah dibayarkan dan masuk rekening pribadi. Hidup rasanya jadi lebih nyaman!

Tapi di masa pandemi seperti ini, kita harus mengelola anggaran dengan cermat, agar berapa pun gaji kita, bisa menyelamatkan dalam situasi sulit dan mampu mencapai tujuan keuangan. Tidak salah beli ini itu yang kamu mau, asal tau cara atur gajinya agar tidak cepat habis. Nah, begini caranya:

1.Buat Daftar Pengeluaran Pasti dan Pisahkan Masing-Masing

Cara
Sumber foto: shopee.com

Setiap bulannya pasti kamu punya pengeluaran pasti. Seperti ongkos transportasi, pulsa atau paket data, bayar cicilan, bayar asuransi dan lain-lain. Biaya ini memang pasti akan kamu keluarkan tiap bulannya dengan jumlah tetap dan tidak bisa diganggu gugat jumlahnya. Maka dari itu, sisihkan langsung dan pisahkan berdasarkan kebutuhannya masing-masing.

Untuk biaya makan sehari-hari, itu juga termasuk pengeluaran pasti. Tapi, kamu bisa coba bawa bekal sendiri, masak makanan sendiri, atau cara apapun agar dapat uang lebih :D

2.Buat Daftar Kebutuhan

Cara
Sumber foto: tinyrayofsunshine.com

Buat daftar barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya, hal ini semacam daftar belanja bulanan seperti barang kebutuhan sehari-hari. Skincare, lalu kebutuhan rumahan seperti sabun cuci, minyak, dan lain-lain. Catat dengan detail ya. Tentukan jumlah yang akan dibeli dan harga perkiraannya, jadi kamu bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan untuk belanja bulanan. Tapi, bisa juga lho biaya belanja bulanan ini masuk ke daftar alokasi pengeluaran tetap, jadi kamu sudah menentukkan jumlah tetap yang kamu alokasikan untuk belanja bulanan sendiri.

3.Menabung dan Siapkan Dana Darurat

Cara
Sumber foto: Stockphoto

Percayalah, tabungan akan menyelamatkanmu di masa depan. Besaran gaji yang ingin ditabung bisa disesuaikan dengan keperluanmu yang lain. Sisihkan dari awal agar tidak ada alasan lupa menabung. Masukkan ke rekening yang berbeda dengan biaya administrasi rendah dan tanpa kartu ATM maupun mobile/internet banking. Jadi, kamu bisa membedakan mana uang yang bisa kamu pakai sesuka hati dan mana yang kamu tabung tanpa diutak-atik. Selain, ada keperluan mendesak. Seperti, kalau kamu tiba-tiba sakit butuh beli obat, ban bocor, atau keperluan mendadak lainnya, hal ini bisa kamu ambil dari dana darurat yang sudah kamu pisahkan juga sebelumnya. Bedakan yaa, tabungan tidak bisa diganggu, sedangkan dana darurat semacam tabungan yang akan kamu keluarkan jika memang dibutuhkan mendesak.

4.Selalu Catat Pengeluaran

Cara
Sumber foto: Shutterstock

Selama satu hari kamu harus catat pengeluaranmu apa saja. Bisa pakai notes atau menggunakan aplikasi di handphone. Kebiasaan ini bisa bantu kamu melakukan penghitungan berapa rata-rata pengeluaranmu, dan bisa menentukan berapa batas maksimal pengeluaran yang boleh kamu habiskan selama satu hari.

Cara tersebut hanya sebagian kecil tips yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan. Biar tambah ilmu dan lebih mengerti cara kelola, menabung, atau investasi dari gaji kamu, ini dia rekomendasi buku yang bisa kamu baca:

1.Seni Mengatur Keuangan: Tips Cerdas Melakukan Perencanaan Keuangan

Seni
Sumber: Gramedia.com

Buku ini berisi full tips merencakanan keuangan dengan benar. Baik dari mengetahui kesehatan keuangan, cara menyiasatinya, serta tips investasi maupun tentang asuransi. Ada petunjuk dan trik perencanaan keuangan untuk pemula juga, lho. Cocok buat kamu new jobber!
Beli bukunya di sini

2.Kenapa Sih Kita Harus Nabung? : 50 Cara Menabung Yang Benar

Kenapa
Sumber: Gramedia.com

Seperti yang sudah dikatakan pada tips di atas, menabung mampu mengantarkan kamu pada gerbang kenikmatan hidup di masa depan yang mengejutkan. Nah, dari buku ini kamu akan diberitahukan 50 cara menabung dengan benar, seru, dan kreatif tanpa merasa memberatkan. Baca buku ini agar menabung jadi budaya yang melebur dalam kehidupanmu sehari-hari.
Beli bukunya di sini

3.Money The Millenial Ways

Money
Sumber: Gramedia.com

Generasi millenial yang mau mendapatkan penghasilan melalui passion dan melakukannya dengan perhitungan finansial, menabung dan berinvestasi hingga terpenuhi impian. Nah, buku ini banyak membahas tentang pengelolaan keuangan dan cara mendapatkan penghasilan melalui ide bisnis yang millenial ways banget.
Beli bukunya di sini

4.Money Quest

Money
Sumber: Gramedia.com

Dalam buku ini diajarkan metode praktis dan sangat mudah untuk mengelola dan mengatur uangmu, hingga bagaimana caranya menentukan tujuan, menabung, dan mencapainya. Membahas dari semua pengalaman penulis, buku ini menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan sehar-hari tentang cara bagaimana bisa jalan-jalan setiap tahun, menabung dana pensiun, dana pendidikan, bahkan pertanyaan seputar harus membeli tanah atau apartemen.
Beli bukunya di sini

5.The Financial Wellbeing Book

The
Sumber: Gramedia.com

Sudah tau kan bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan? Kamu yang stres karena masalah keuangan, di buku ini, kamu akan menemukan solusi serta panduan sederhana dan praktis dalam perencanaan keuangan. Ditulis oleh penasihat keuangan berpengalaman, panduan ini cocok untuk keuangan harian maupun jangka panjang yang disesuaikan dengan tujuan dan motivasi kamu.
Beli bukunya di sini

Mau beli buku-buku ini tapi kehambat finansial? Tenang! Karena akan ada Online Book Fair di Gramedia.com yang diskon bukunya sampai 90%! Wow, lumayan banget kan? Kamu juga nggak perlu mikirin ongkir lagi, karena ada potongan ongkir Rp8.000 dari KGX. Promonya akan berlangsung pada 2-7 Februari 2021. Jadi lebih hemat dan uang sisanya bisa buat tabungan!

Online
Online Book Fair

(Sumber foto header: shutterstock)