Banyak yang Gagal Paham, Keluhan Adalah Bukti Pelanggan Mencintai Produk

Banyak yang Gagal Paham, Keluhan Adalah Bukti Pelanggan Mencintai Produk

. 4 min read

Umumnya pelaku bisnis sangat alergi dan menghindari keluhan atau komplain yang disampaikan oleh pelanggan, namun sayangnya banyak sekali di antara mereka yang masih gagal paham bahwa dibalik setiap keluhan pelanggan pasti ada sesuatu yang dahsyat.

Sejelek apa pun keluhan itu, seburuk apa pun keberatan itu, dan sesulit apa pun pertanyaan mereka, berdasarkan kajian empiris dan pengalaman praktis, semua keluhan pelanggan tersebut terbukti memberikan dampak positif bagi bisnis kita.

Itulah yang dimaksud dengan VALUE of COMPLAINT, bahwa pada setiap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan mengandung NILAI yang tak ternilai alias priceless atau TEPATNYA lebih dari sekadar jutaan, miliaran, triliunan rupiah yang mungkin akan didapatkan atau harus dibayarkan berkaitan dengan keluhan tersebut.

Jadi, setiap keluhan yang diterima adalah sangat bernilai dan berharga, yang implikasinya jangan pernah disia-siakan, Complaint is Cash! Lantas apa nilai-nilai positif dibalik setiap keluhan yang dilemparkan pelanggan kepada kita, mari kita kupas dengan ringkas:

Complaint atau keluhan menunjukkan perhatian atau concern pelanggan terhadap produk atau jasa dan korporasi.

Keluhan menunjukkan bahwa mereka para pelanggan telah terlibat meski keterlibatan tersebut belum secara dalam dan belum pada hal yang positif.

keluhan
Sumber foto: inc.com

Naik satu tingkat lagi dari sekedar perhatian yaitu setiap keluhan menunjukkan bahwa sebenarnya pelanggan telah meniti tangga ke situasi bahwa mereka suka atau menyukai produk yang ditawarkan. Keluhan jika disampaikan oleh loyal customer menunjukkan bahwa pelanggan mencintai atau bahkan sangat mencintai produk, jasa, dan layanan yang selama ini mereka beli dan nikmati.

Dari setiap keluhan yang Anda terima dari pelanggan sesuai dengan paparan di atas bahwa complaint will encourages continues improvement, yang berarti keluhan akan mendorong koprorasi untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.

Stay close with the enemy better you know first than your competitor

Ini artinya dengan keluhan yang diterima, akan membuat Anda beserta jajaran korporasi, khususnya tim customer service menjadi awas dan senantiasa waspada.

keluhan
Sumber foto: with-me.id

Hal ini membuat Anda selangkah lebih maju, lebih cepat dari pesaing dalam  mengenali dan melihat jika ada yang tidak beres dengan produk dan layanan yang selama ini di-deliver.

As Overall Compalint is Buying Signal

Nah sebagai penutup pada simpulan Value of Complaint, sekali lagi mari kita kuatkan hati dan pikiran sesungguhnya keluhan adalah pertanda baik, yaitu suatu tanda mereka berminat, berhasrat dan ingin tahu lebih lanjut mengenai produk dan jasa yang terlanjur mereka dengar, dan lihat bahkan sedikit sudah dirasakan.

keluhan
Sumber foto: training-sdm.com

Jika kita berhasil mengelola keluhan tersebut dengan tepat, segera, dan benar maka dampak positif, akibat dahsyat  yang akan terjadi dan anda dan korporasi harus siap menanggung segala kebaikan tersebut, kejadian-kejadian yang akan terjadi adalah:

  1. Maintain relationship, menjaga dan merawat hubungan baik yang telah terjalin khususnya untuk pelanggan yang sudah berinteraksi dengan produk dan jasa.
  2. Improve corporate image and reputation, dua hal di atas terjadi secara bersamaan akan bersinergi memperbaiki citra perusahaan, dan memoles reputasi dan kredibilitas korporasi.
  3. Customer experience, meningkatkan pengalaman positif yang mengesankan oleh pelanggan yang dengan pengalaman tersebut mereka merasakan kepuasan paripurna.
  4. Reduce customer complaint, secara rasional semakin banyak pelanggan yang puas dan memiliki pengalaman yang baik, maka otomatis menurunkan jumlah pelanggan yang menyampaikan keluhan.
  5. Customer Works for you, jika demikian adanya yaitu semakin sedikit pelanggan yang complaint, dan sebaliknya semakin banyak pelanggan yang happy, dampak berikutnya pelanggan secara sukarela akan bekerja untuk produk dan jasa kita.
  6. Increase revenue and increase the profit, semakin banyak pelanggan yang bekerja untuk kita, artinya semakin besar pula volume penjualan yang terjadi, sehingga meningkatkan penhasilan dan keuntungan korporasi.
  7. Growing company, tidak ada korporasi yang menginginkan kondisi semakin menciut, mereka para pendiri, pemilik saham menginginkan korporasi tumbuh berkembang ke tingkat yang paling tinggi dan besar, dan ini hanya terjadi jika korprasi secara meyakinkan mampu mencetak laba yang signifikan yang dihasilkan oleh penjualan dan penghasilan yang tinggi dan berkelanjutan.
  8. Winning the competition, dan jika korporasi mampu tumbuh menjadi besar secara berkelanjutan dan mantap beriringan dengan meningkatnya reputasi dan kredibilitas korporasi, sungguh meyakinkan korporasi tersebut akan memenangkan persaingan.

Dengan demikian, kita menjadi paham bahwa sesungguhnya di balik setiap keluhan pelanggan tersimpan nilai positif untuk kemajuan usaha, maka teruslah menghadapi dan merespon keluhan pelanggan dengan percaya diri, karena pelanggan yang complain ingin mengatakan bahwa mereka mencintai produk atau jasa yang kita jual.

Penasaran sama bukunya? Beli dan baca dengan klik gambar di bawah ini!

dearBeli Sekarang!

Dan karena kamu sudah membaca artikel ini, Admin mau kasih kamu voucher diskon 20% untuk membeli bukunya. Ambil vouchernya sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini!

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Jazak Yus Afriansyah (Author, Coach, Trainer)

Sumber foto header: lovemoney.com