Baca Ini untuk Tambah Ilmu Parenting! Cocok untuk Orang Tua Baru

Baca Ini untuk Tambah Ilmu Parenting! Cocok untuk Orang Tua Baru

. 4 min read

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik dalam mendidik buah hati. Apalagi, anak biasanya akan cenderung mengikuti dan mempelajari perilaku yang ia lihat dari orang tuanya. Pengaruh orang tua yang besar terhadap karakter, tumbuh kembang, dan lain hal pada seorang anak, mewajibkan kita untuk harus menerapkan pola asuh yang baik dan tepat.

Untuk para orang tua baru atau yang akan menantikan kelahiran si buah hati, tentunya hal ini akan menjadi tantangan. Tapi, melalui buku-buku ini bisa jadi awal yang tepat untuk membekali diri dalam menjalankan peran sebagai orang tua yang baik.  Para ayah dan ibu yang sudah berpengalaman, juga boleh baca ini untuk tambah pengetahuan parenting.

Berikut pilihan buku parenting untuk ayah dan ibu. Bisa tambah ilmu mendidik atau upgrade cara mengurus anak di tahun 2021!

1. A-Z yang Datang Setelah Melahirkan

A-Z
Sumber: gramedia.com

Melahirkan tentu bukan hal yang mudah apalagi bagi ibu baru. Akan banyak hal yang masih harus dilakukan setelah melakukan persalinan. Baik dari masa nifas, harus menyusui, begadang mengurus anak yang menangis di malam hari, sampai mood yang jadi berbeda. Nah, buku ini cocok banget buat para ibu baru yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati agar lebih mempersiapkan diri setelah melahirkan. Hai Ibu! Kamu pasti bisa berjuang ;)
Beli bukunya di sini

2.Anti Kendor Menyusui

Anti
Sumber: gramedia.com

Kata ibu-ibu yang sudah berpengalaman, menyusui adalah masa-masa terindah tapi juga horor. Apalagi kalau ASI susah keluar, masalah pada puting, dan hal lainnya yang bikin nangis dari proses menyusui. Agar para ibu baru tidak bingung saat mengalami kendala ini, boleh nih dibaca dulu biar tau cara penanganannya berdasarkan pengalaman dari Mba Citra Ayu Mustika. Mbak satu ini yang suka dipanggil Mak Haji di Instagram, sudah terkenal senang bagi-bagi pengalaman menyusui dan jadi konselor ASI lho!
Beli bukunya di sini

3.Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui

Mommyclopedia:
Sumber: gramedia.com

Nah, buat moms yang mau rangkuman sederhana, to the point, ringkas, padat, jelas, gampang dimengerti atas segala hal tentang per-ASI-an berdasarkan fakta ilmiah. Ada buku dari Dr. Meta Hanindita Sp.A.(K) di Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui yang cocok buat kamu.

4.Good Mom Made Mistake

Good
Sumber: gramedia.com

Tanggung jawab menjadi ibu, dan perannya yang banyak baik untuk keluarga, pekerjaan, dan keuangan, semuanya ia lakukan sendiri. Kadangkala, hal tersebut membuatnya kewalahan atau sampai stres! Benar nggak nih, moms? Saatnya kamu tetap tenang dan atasi stres dengan cara kelola yang sehat lewat buku ini yaa. Karena kamu ibu yang hebat!
Beli bukunya di sini

5.Control Your Anger, Mom

Control
Sumber: gramedia.com

Banyaknya urusan yang perlu dilakukan ibu, memang bisa membuatnya stres bahkan rasanya jadi emosi ke mana-mana. Apalagi kalau anak rasanya susah diatur, buat ibu jadi gatel mau marah-marah. Tapi, jangan sampai emosi itu ‘melahap’ diri kamu ya moms. Yuk, coba kelola emosi kamu dalam mendidik anak dengan baca buku ini! Ada seninya lhooo.
Beli bukunya di sini

6.Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan

Mendidik
Sumber: gramedia.com

Buat ayah, boleh juga baca buku Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan agar bisa mengelola konflik dengan anak tanpa harus marah-marah. Buku ini berdasarkan pengalaman Ayah Edy sang guru dan prakitisi parenting terkenal di Indonesia, untuk mendidik anak-anak di rumah dan di sekolah.

7.Parenting Santuy Mengurus Anak Tanpa Ribet

Parenting
Sumber: gramedia.com

Sepertinya, ini cocok banget buat para orang tua millenial. Sang penulis, Denaye Barahona Ph.D., menyampaikan bahwa kamu bisa jadi orang tua ‘santuy’ yang membahagiakan anak-anaknya dengan cara simpel dan tidak merepotkan. Nah, coba baca untuk ketahui caranya ya!

8.Orang Tua Diskretif Di Era Generasi Z

Orang
Sumber: gramedia.com

Sekarang, cocok buat para orang tua berpengalaman dan punya anak-anak Gen Z. Karakternya yang jauh berbeda dengan kamu, membuat sulit mengenal atau mendampingi mereka. Salah pengertian, anak merasa tidak dimengerti, jadi bingung kan cara atasi komunikasinya? Dari buku ini, bisa bantu kamu menyikapi anak-anak Gen Z dengan sikap diskretif yang perlu dikembangkan dalam menanggapi mereka. Mari ciptakan kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan dalam keluarga!

9.Minds For The Future

Minds
Sumber: gramedia.com

Anak zaman sekarang, sejak kecil sudah dipenuhi dengan berbagai teknologi canggih. Dan mereka, bisa mahir sendiri dalam menggunakannya. Untuk para ayah dan ibu generasi lama maupun millenial, buku ini akan memberitahu cara mendidik anak dalam persaingan yang tak berbatas di era teknologi yang semakin cepat dan pesat. Jadi, bisa ajarkan anak skill untuk bisa bertahan di era digital ini.
Beli bukunya di sini

Ayah, ibu, segera masukkan rekomendasi buku ini ke keranjang yuk! Karena pada tanggal 2-7 Februari 2021 nanti, akan ada Online Book Fair yang diskonnya sampai 90%. Menarik banget kan?

Jangan ketinggalan promonya ya! Beli bukunya karena ilmu parenting itu penting ;)


(Sumber foto header: dream.co.id)