Baca Buku jadi Cara BCL Hadapi Duka, Ini Rekomendasi Buku Saat Kehilangan Seseorang

Baca Buku jadi Cara BCL Hadapi Duka, Ini Rekomendasi Buku Saat Kehilangan Seseorang

. 4 min read

Kepergian Ashraf Sinclair, suami tercinta dari Bunga Citra Lestari (BCL), sudah hampir satu tahun sejak 18 Februari 2020 lalu. Kini BCL mencurahkan isi hatinya lewat channel YouTube pribadi di “It’s Me BCL” pada acara Love Story. Ia menceritakan segala perubahan yang terjadi dalam hidupnya, tak mudahnya dalam menghadapi kepergian sang suami, dan perlu waktu yang lama untuk kembali menata hati.

Setelah kepergian sang suami, BCL melakukan hal-hal yang bisa membantunya melewati masa-masa sulit. BCL pun mengungkapkan bahwa ia menerima atas semua rasa sedih dan apapun yang ia rasakan, dan salah satu cara untuk membantunya melewati masa sulit adalah dengan membaca buku.

Buku menjadi cara BCL menghabiskan hari-harinya. Buku yang menjadi pilihannya adalah buku-buku tentang berduka atau kehilangan. Dari membaca buku itu, BCL merasa bahwa ia tidak sendirian. Bahwa apapun yang ia rasakan selama ini tidak salah dan itu normal.

“Gue baca buku. Books about griefing about losing that’s mean a lot like seriously you don’t have to said a word, just give the book. Hari-hari gue, gue habisin dengan baca buku tentang griefing, kalau gue tahu gue nggak sendirian, kalau gue tahu hal yang gue lewati, segala perasaan, dan keanehan yang gue rasain itu normal. Yang memang itu terjadi dalam proses griefing. Karena kan kadang kita takut kok kita ngerasa kaya gini, itu yang bikin kita lari. Tapi once we know, kalau memang ini lah yang harus dilewati dan kita jalani. Karena menunda griefing itu menurut gue, bahaya.” Kata BCL pada Love Story di channel Youtubenya

Bagi kamu yang sedang mengalami masa-masa sulit, kamu bisa coba membaca buku-buku ini untuk menghadapinya. Berikut rekomendasi dari Gramedia.com spesial untuk kamu.

Rekomendasi Buku untuk Menghadapi Kehilangan dan Berduka

Finding Meaning: Mencari Makna di Balik Dukacita

Ketika seseorang yang kita cintai telah meninggalkan dunia, atau ketika kita berpisah dengan pasangan, kehilangan tempat bekerja, dan lainnya yang meninggalkan luka, kita akan melalui lima tahap dalam kedukaan yaitu, penyangkalan, amarah, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan. Buku ini akan membantu kamu mencari makna dan menerima segala hal yang telah terjadi, untuk menjauh dari penderitaan dan melalui kehilangan.

findingMulai Baca di Sini

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil penelitiannya selama puluhan tahun, David Kessler yang merupakan seorang ahli tentang masalah dukacita, berhasil menemukan tahap keenam yang kritis, yaitu pencarian makna. Dimana makna tersebut ternyata lebih besar di balik penderitaan yang kita alami, serta dapat membantu kita memahami kedukaan dan menemukan jalan untuk terus melangkah maju.

It's Okay to Cry - TWOEGO

ItsMulai Baca di Sini

Saat kamu merasakan hati dan jiwamu lemah, kamu tidak perlu memaksakan dirimu untuk tetap tersenyum. Tidak apa-apa untuk menangis. Menangislah. Kadang hanya ini yang perlu dilakukan agar kamu bisa menerima dirimu sendiri.

Segala Sesuatu Terjadi untuk Sebuah Alasan - Kate Bowler

SegalaMulai Baca di Sini

Bagi kamu yang sering muncul pertanyaan-pertanyaan seperti ini pada pikiranmu:

"mengapa ini terjadi padaku?"
"apa yang dapat aku lakukan dengan cara berbeda?"
"apakah segala sesuatu sebenarnya terjadi karena suatu alasan?"
"jika aku menerima bahwa apa yang terjadi adalah sesuatu yang tidak bisa aku ubah, bisakah aku belajar bagaimana mengikhlaskannya?"

Buku ini adalah buku tentang sebelum dan sesudah dan bagaimana orang di tengah rasa sakit menemukan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dan menurut Bill Gates, jawaban dari pertanyaan tersebut mengejutkan, sekaligus menyentuh sisi pribadinya.

Tenang, Semua akan Baik-Baik Saja - Wisdomhouse Publishing Co

TenangMulai Baca di Sini

Buku berilustrasi ini berisi kisah-kisah tentang perjalanan mencari kenangan indah, penantian terhadap sinar mentari pagi. Kisah lewat ilustrasi yang bernarasi khas puisi modern, yang akan menemanimu saat terjaga di tengah malam dan kisah yang akan diceritakan saat malam berbintang. Sangat ringan dibaca, karena tenang... semua akan baik-baik saja.

Letting Go - David R. Hawkins

LettingMulai Baca di Sini

Dari buku ini kamu akan tahu bagaimana cara kita melepaskan emosi negatif dan terpendam yang ada di dalam diri. Bagaimana menangani pikiran dan perasaanmu sendiri, dan bagaimana kamu tidak menghakimi atau menolak ketika muncul emosi yang sulit atau ketika kamu berpikir negatif. Dari sini, kamu akan diajari mengamati perasaan yang muncul dan membiarkan dirimu untuk merasakan apapun perasaanmu yang terjadi, baik atau buruk. Dan kamu dapat melepaskan segala emosi dengan pasrah, serta mudah untuk kembali pulih.

Berdamai dengan Kehilangan - Nur Chasanah

BerdamaiMulai Baca di Sini

Ada fase jatuh bangun yang harus dihadapi pada setiap orang. Namun, kita tidak tahu akan masa depan dan apa yang akan terjadi. Ada kalanya kita harus bersiap kehilangan atas sesuatu.  Tentunya, menjalani hidup setelah mengalami kehilangan tidak akan pernah mudah, tapi harus diingat bahwa hidup tetap masih layak untuk dilanjutkan dan diperjuangkan.

Buku ini akan menemani kamu dalam menjalani hari-hari setelah mengalami kehilangan, mengajarkan bagaimana caranya mengikhlaskan, dan menemukan kebahagiaan kembali setelah mengalami masa-masa yang sulit.

Untuk Bertahan: Tentang Kita yang Belajar Menerima - Elda Rina

untukMulai Baca di Sini

Siapapun yang sedang merasa terluka di masa sulitnya, perjalanan mengikhlaskan dimulai saat kamu berani memilih hari ini. Buku ini akan mengingatkan kamu selalu, bahwa kamu berhak bahagia. Duniamu harus kembali berwarna setelah berhasil menjalani dan menyembuhkan.

Hai kamu, tidak apa-apa jika kamu merasa tidak baik-baik saja. Kamu bisa hadapi semua dengan ikhlas, damai, pasrah, dan yakin kamu bisa bertahan. Tenang, semuanya akan baik-baik saja.

Jangan lupa, jadikan buku-buku ini untuk membantu mengisi hari-harimu dan menjadi self-healing yang menenangkan. Semangat ya!❤


Sumber foto header: cuplikan video pada channel Youtube "It's Me BCL"