Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

'Baca Buku di KRL': Kolaborasi Gramedia, Popomangun, KAI, dan KAI Commuter

'Baca Buku di KRL': Kolaborasi Gramedia, Popomangun, KAI, dan KAI Commuter

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan literasi masyarakat, Kolaborasi Gramedia, Popomangun, KAI, dan KAI Commuter meluncurkan kegiatan “Baca Buku di KRL”. Para pengguna kereta komuter, khususnya yang melalui Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bogor, kini bisa menikmati perjalanan atau waktu menunggu mereka dengan membaca buku cetak maupun digital pilihan terbitan Gramedia secara gratis. Tahap selanjutnya, fasilitas baca gratis tersebut direncanakan akan tersedia di seluruh jaringan KRL komuter se-Jabodetabek.

Di dua stasiun utama tersebut mulai hari Kamis, 23 Februari 2024, telah disediakan instalasi berupa rak buku dengan bentuk dan warna mencolok yang didesain khusus oleh seniman muda berbakat, Popomangun. Warga pengguna kereta komuter bebas mengambil buku yang tersedia di rak “Baca Buku di KRL”, membacanya selama di stasiun ataupun di dalam kereta, untuk kemudian mengembalikan ke rak yang sama ketika sampai stasiun tujuan. Fasilitas mirip “perpustakaan mini” tersebut—seperti mulai banyak dijumpai di berbagai taman dan area publik lainnya—memang ditujukan untuk dimanfaatkan seluruh warga, namun mesti dirawat secara bersama.

“Dengan makin banyak dan makin mudah cara mengakses fasilitas baca gratis di ruang publik—tinggal ambil, baca, dan kembalikan—kami berharap kegemaran membaca masyarakat makin tumbuh berkembang,” ujar V. Sugiarto, Digital, Marketing, & Merchandising Director Gramedia.

Sumber: Dok. Gramedia

“Bila kegiatan ini didukung dan disambut baik masyarakat, kami siap berkolaborasi dengan lembaga dan instansi lain untuk bersama-sama menyebarluaskan “virus” cinta membaca di seluruh Nusantara,” lanjut Sugiarto dengan penuh semangat.

Berkolaborasi Mewujudkan “Nusa Membaca”

Kegiatan ‘Baca Buku di KRL’ merupakan bagian dari gerakan Nusa Membaca yang dicanangkan sejak awal 2024, bertepatan dengan momen perayaan lima puluh tahun Gramedia berkiprah. Terinspirasi cita-cita para pendiri KG, Jakob Oetama dan PK Ojong, gerakan ini membawa harapan untuk mewujudkan masyarakat yang tercerahkan melalui akses yang lebih luas terhadap informasi, cerita, dan pengetahuan dari berbagai jenis bacaan.

Bacaan berkualitas merupakan kebutuhan dasar untuk kemajuan bangsa, seperti halnya asupan gizi yang baik pada tumbuh-kembang anak. Makin mudah, luas, dan terjangkau akses terhadap informasi, cerita, dan pengetahuan dari beragam bacaan, makin tercerahkan dan mendalam pemahaman masyarakat suatu bangsa. Sadar bahwa tujuan dan harapan tersebut hanya mungkin terwujud dengan dukungan banyak pihak, Nusa Membaca berkolaborasi dengan berbagai komunitas literasi.

Selain bekerjasama dengan KAI, kegiatan ‘Baca Buku di KRL’ juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas pecinta buku. Salah satunya adalah baca bersama di kereta dari Stasiun Jakarta Kota hingga Stasiun Bogor dengan komunitas Jakarta Book Party serta komunitas buku lainnya. Aktivitas membaca bersama secara serentak akan dilakukan di 30 kota di seluruh Nusantara pada akhir Februari ini. Harapannya kegiatan ini menginspirasi masyarakat agar makin cinta dan gemar membaca.


Sumber gambar header: Dok. Gramedia

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter