Baca Buku Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Manfaat Kesehatan Lainnya

Baca Buku Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Manfaat Kesehatan Lainnya

. 6 min read

Di masa seperti ini, tentunya kita wajib untuk menjaga imunitas tubuh sebagai perisai diri mencegah virus masuk. Kalau sistem imun kita lemah, tubuh juga jadi lebih mudah terserang atau tertular penyakit. Maka dari itu, saran mengenai konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, hingga olahraga yang teratur selalu digaungkan demi mengurangi penyebaran virus.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang melupakan hal-hal tersebut. Ditambah segala kejadian yang memberatkan dan tak pasti di masa pandemi seperti ini, membuat banyak dari kita terganggu fisik hingga mental pikiran.

Melaksanakan PPKM atau isolasi mandiri selama 14 hari, membuat kegiatan jadi terbatas dan berisiko terserang bosan, suntuk, bahkan cemas berlebihan sehingga timbulah stres. Padahal stres sangat menganggu kekebalan tubuh kita lho. Dan jika berlangsung lama, dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan (klikdokter.com, 2020).

Tapi tenang dulu, Grameds. Ada banyak cara untuk mengatasi stres dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Caranya gimana? Yuk, baca buku!

Manfaat Baca Buku

Baca Buku Buat Tubuh Lebih Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

Dikutip dari lokadata.id (2018), dikatakan bahwa membaca bisa mengusir stres yang serius, bahkan mengurangi tingkatnya sebanyak 68%. Hal ini karena membaca buku membuat tubuh jadi lebih rileks berdasarkan hasil penelitian dari University of Sussex.

baca
Sumber foto: articlesbase.com

Kalian tahu kan kalau tidur yang cukup juga membantu dalam proses menjaga imun tubuh? Nah, kalau kalian susah tidur bahkan insomnia, bisa coba baca buku. Ritual baca buku sebelum tidur, bisa membuat tubuh rileks dan lebih mudah terlelap. Kualitas tidurmu akan meningkat, membuat tidur lebih nyenyak, dibandingkan bermain smartphone atau nonton sebelum tidur.


Baca juga: Bahaya yang Mengancam Jika Sering Begadang atau Kurang Tidur


Baca Buku Sama Khasiatnya Seperti Meditasi

Melakukan meditasi atau yoga bisa membuat tubuh lebih tenang dan meredakan stres. Nah, duduk sambil baca buku selama 20 menit juga sama seperti kita meditasi selama 20 menit. Situs Mindbodygreen mengatakan, hal ini karena sama-sama berkonsentrasi dan tetap fokus, hanya saja pada bacaan.

baca
Sumber foto: positiveroutines.com

Membaca buku diketahui dapat meredakan stres, lebih baik dibandingkan mendengarkan musik atau berjalan kaki. Menakjubkannya lagi, hanya dengan 6 menit membaca buku, bisa menurunkan detak jantung maupun ketegangan otot, dan tubuh jadi lebih rileks (Liputan6.com, 2020).

Manfaat Lainnya dari Baca Buku Terhadap Kesehatan

Coba waktu bacanya dibuat lebih lama lagi, karena hasil penelitian dari Journal of College Teaching and Learning menemukan bahwa kebiasaan membaca buku minimal 30 menit setiap hari, bisa menurunkan tekanan darah (klikdokter.com, 2020).

baca
Sumber foto: iStockPhotos

Baca buku memberikan dampak yang sangat baik terhadap kinerja otak kita. Di mana dapat meningkatkan konektivitas otak, meningkatkan kapasitas memori serta daya ingat, mencegah penyakit Alzheimer, dan tentunya meningkatkan kecerdasan. Penjelasan lebih lengkap mengenai buku yang berdampak positif pada otak, bisa kamu lanjut baca di artikel Admin berikut ini.


Baca juga: 5 Manfaat Baca Buku yang Dapat Tingkatkan Kinerja Otak


Betul sekali, dengan membaca buku bisa membuat tubuh jauh dari rasa stres dan banyak dampak positif lainnya terhadap kesehatan. Dengan begitu, setidaknya beberapa masalah yang membuat imun tubuh kita menurun telah hilang. Apalagi membaca buku bisa nambah wawasan, ilmu baru dan hiburan buat mengisi waktu luang, biar nggak bosan di rumah.

Buat kamu yang mungkin belum terbiasa membaca buku, nih Admin kasih ‘asupan nutrisi’ yang ringan dan seru. Biar kamu setidaknya bertahan 6 menit membaca untuk membuat tubuh jadi rileks. Para bibliofil juga boleh kok pake saran Admin ini untuk masuk list To Be Read kalian

Rekomendasi Buku Ringan dan Seru

#Temantapimenikah (Living In A Campervan)

Di rumah aja tapi bisa keliling dunia? Wih, bisa dong lewat buku best seller-nya Ayudia bersama Ditto. Mereka menuliskan keseruan bepergian dan berkeliling di luar negeri menggunakan campervan. Diceritakan juga bagaimana persiapan dan serunya berpetualang di negeri orang bersama Sekala.

temantapimenikahBaca Sekarang!

Selain menceritakan pengalamannya jalan-jalan di negeri orang, ada tips dan trik, sharing ide perjalanan, dan segala hal yang harus dipersiapkan untuk travelling. Dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan foto-foto lucu Keluarga Belo di berbagai tempat, membuat kegiatan membaca jadi nggak bosan.

Komi Sulit Berkomunikasi 01

Tentang anak baru bernama Komi yang sangat cantik, bisa bikin semua orang nengok, bahkan langsung jadi primadona sekolah. Sayangnya, dia punya kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan lemah dalam hal bersosialisasi. Lucunya adalah orang-orang mengira ini adalah sifat pemalu dan lugunya yang membuat mereka makin jatuh hati! 😆

KomiBaca Sekarang!

Teman bangku sebelahnya, Tadano, satu-satunya yang mengerti kesulitan Komi. Ia akhirnya membantu Komi untuk bisa mendapatkan teman, dan punya target 100 teman baru. Sedikit demi sedikit, tumbuh ikatan emosional di antara mereka. Kira-kira, Komi berhasil nggak ya?


Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh


Buku Minta Disayang

Bagi yang hatinya begitu sendu, sini merapat dalam barisan. Ada buku kumpulan puisi dari Tsana atau Rintik Sedu dengan kumpulan kata-katanya yang indah.

bukuBaca Sekarang!

Puisinya pas banget buat kamu yang perlu ditemani, dipeluk, hingga dihibur. Pasti kalian ngerasa relate dan senyum meringis sendiri. Dibacanya juga enak banget karena full ilustrasi berwarna.

Mblo dan Mblu hadir kembali dalam buku ini loh. Nah, kalau kemarin bukunya Minta Dibanting, sekarang Minta Disayang. Hayoo, makin penasaran kan sama puisi-puisinya?🤭

Almond

Ini nih, salah satu buku best seller di Korea Selatan bahkan juga di Indonesia. Selain karena buku ini dibaca dan direkomendasikan oleh personil BTS, ceritanya juga menarik untuk diikuti.

bukuBaca Sekarang!

Bercerita tentang anak laki-laki yang mengidap penyakit alexithymia, Yun-jae tidak bisa merasakan berbagai emosi, seperti bahagia, marah, ketakutan, dan lainnya. Ia juga tidak pandai menilai perasaan orang lain hanya dari ekspresinya. Bagian yang menarik dari buku ini adalah tentang perjalanan hidupnya yang harus menerima kondisi dirinya, sekaligus melampaui keterbatasan yang dia miliki.

Ada Alien di Luar Angkasa?

Penggemar teori konspirasi, ayo kita cari tahu kebeneran Alien di luar sana, benar ada atau tidak ya? Nah, melewati perjalanan ke luar angkasa bersama Tim Kok Bisa, kamu diajak dalam misi besar yang pernah dilakukan umat manusia dalam pencarian makhluk asing, dan membahas segala hipotesis tentang dunia luar angkasa!

adaBaca Sekarang!

Bukunya penuh dengan gambar berwarna, yang nggak akan buat kamu bosan dalam mengetahui segala fakta alam semesta. Cocok banget buat semua umur!

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

Baca buku bisa menghilangkan stres, ditambah buku dari Ko Ruby bikin kamu makin tenang dan bebas dari overthingking tentang diri sendiri. Buku ini cocok bagi kamu yang merasa pekerjaanmu tidak sesuai dengan apa yang kamu suka, passion yang ternyata tidak menghasilkan pundi-pundi, atau galau akan karir dan masa depan sendiri.

youBaca Sekarang!

Ada tips untuk kamu bisa mengenal diri sendiri lebih dalam, agar bisa menemukan jawaban bahwa hidup kamu, karir, bisnis, hubungan, dan keuangan, akan menjadi ekstensi dirimu sendiri.

Destination: Jakarta 2040

Hanya karena menciptakan manipulasi waktu, eh malah terjebak dalam perjalanan waktu tersebut? Waduh, pasti membingungkan ya. Itu kisahnya Ilyas yang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu tersebut.

destinationBaca Sekarang!

Buku science fiction lokal ini menceritakan bahwa perjalanan manipulasi waktu Ilyas merusak hubungan cinta dia dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, dan lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040. Ilyas pun bingung oleh perjalanan distorsi waktu, apakah ini perjalanan yang harus dihadapi atau disadari? Yuk, kita menjelajahi Jakarta dari tahun ke tahun, sambil mengikuti perjalanan cinta Ilyas.


Baca juga: Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat bagi Kita yang Membacanya


Akasha: Ito Junji - Best of Best Short Story Collection

destinationBaca Sekarang!

Mau baca yang bikin menegangkan? Ini dia kumpulan 10 cerita pendek yang telah dipilih khusus untuk para pembaca setia karya mangaka horor ternama di Jepang dan peraih penghargaan Eisner 2019 yaitu, Ito Junji. Manganya disajikan dengan galeri ilustrasi enam warna, dan dipastikan bikin kamu ikut gemeteran karena ceritanya yang menegangkan!

Penjelasan tentang baca buku yang bisa meningkatkan imunitas udah, dikasih rekomendasi bukunya juga udah, sekarang kamu tinggal mulai baca buku kesukaan kamu, untuk menghilangkan segala penat.

Mau baca buku yang tadi Admin rekomendasiin? Boleh, ini Admin kasih diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com.

PromoKlik untuk Info Promo

Kamu juga bisa pesan buku dan non-buku, lewat chat WhatsApp di layanan Gramedia Pesan Antar. Kamu bisa pilih jasa kurir express yang langsung sampai rumahmu.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!

Jadi, kamu jangan keluar rumah dulu ya, biar Admin yang antarkan langsung buku-bukumu sampai di rumahmu. Karena itu adalah arti #SahabatTanpaBatas. Stay healthy, Grameds!


Sumber foto header: Unsplash