AUTHOR OF THE MONTH: Pengalaman Dokter Gia Pratama dan Proyek Buku Selanjutnya

AUTHOR OF THE MONTH: Pengalaman Dokter Gia Pratama dan Proyek Buku Selanjutnya

. 3 min read

Berawal viral karena kicauannya di Twitter, dokter Gia Pratama akhirnya menambah satu lagi kesibukannya sebagai seorang penulis. Kisah pencarian cintanya yang viral di Twitter pada September 2018 lalu, kini telah dirilis dalam bentuk novel berjudul #BerhentidiKamu.

Pembuktian dokter Gia bahwa dirinya punya bakat terpendam sebagai seorang penulis ternyata mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya, baik dari keluarga maupun teman-teman satu profesinya sebagai dokter.

"Wah mereka happy banget, kakak-kakak kelas, teman se-almamater, mereka dukung banget. Karena aku dari dulu dikenalnya tukang cerita, story teller banget," ungkap dokter Gia Pratama kepada Gramedia.com.

Dokter Gia pun berniat untuk terus membukukan kisah-kisahnya yang viral lewat media sosial. Tentunya, semua itu didukung oleh pihak penerbit yang bekerja sama dengannya.

Bahkan, tak lama setelah buku #BerhentidiKamu rilis, dokter Gia sudah diminta memutuskan kisah yang akan ditulisnya di buku kedua.

"Aku udah dikasi lihat contoh-contoh cover buku selanjutnya, coba?," ujarnya seraya tertawa lepas.

Percaya tak percaya, tapi memang dia sudah harus menentukan cerita buku kedua yang kabarnya akan selesai ditulis pada Maret 2019 mendatang.

"Jadi contoh cover ini diambil dari thread viral aku di Twitter. Ada #SeriSayangiDirimu. Ada cerita tentang orangtuaku. Cerita-cerita koasku juga," lanjutnya.

Termasuk kisah viral tentang dokter Gia Pratama yang membantu seorang ibu melahirkan di kamar mandi, yang terjadi pada tahun 2017 lalu.

"Aku baru pulang dari rumah sakit, kan aku tinggal di apartemen. ditelepon sama RW-nya apartemen. 'Dok ada ibu-ibu di tower ini, unit ini, dia mau melahirkan tapi dia cuma berdua sama anaknya yang masih kecil. Dokter bisa ke sini nggak?' kata si RW lewat telepon. Aku bilang, bisa, aku minta dia juga panggilin bidan saat itu," ucapnya.

Dengan peralatan seadanya, dokter Gia langsung ke unit apartemen yang dimaksud dan disambut dengan banyaknya orang yang sudah berkerumun di depan unit ibu tersebut.

"Sampai sana cleaning service sudah berjejer. Aku ketok unitnya, dari dalam aku dengar si ibu ini nyuruh anaknya yang kecil, yang masih SD untuk bukain pintu. Pas pintu dibuka, aku langsung ditarik sama anak itu, dibawa ke tempat ibunya, dan di mana coba? Di kamar mandi! Aku buka kamar mandinya, itu lantai udah penuh sama darah dan ketuban," lanjutnya antusias.

Tak butuh waktu lama sampai akhirnya bayi berjenis kelamin laki-laki berparas tampan itu lahir.

"Bayinya cowok, gendut, ganteng, tapi aku bingung nih. Placenta-nya masih ada di dalam (rahim ibu). Masalahnya kan aku nggak bawa gunting," ucapnya lagi.

Beruntung bidan datang tepat waktu untuk membantu dokter Gia. Si bidan mengurus ibu tersebut. Sementara dokter Gia mengurus bayinya setelah bidan menggunting tali placenta-nya.

"Pas aku keluar kamar mandi, aku lihat sekeliling semua (barang-barangnya) mahal-mahal, kursi-sofa mahal, karpet mahal, apa-apa mahal, aku langsung kepikiran ke dapur. Aku taruh di tempat motong-motong sayur, sebelahan wastafel, sebelahnya lagi kompor. Aku bersihin bayinya. Nah pas aku lagi bersihin bayinya, aku difoto sama si kakak bayinya. Dari situ fotoku viral. Namanya di dapur kan, ada saringan lah ada parutan. Belom lagi di situ ada sabun cuci piring kan? Sampai-sampai netizen bilang, wah itu sabun kalau mau endorse dokter enak tuh, bikin tagline-nya, sabun bukan cuma buat cuci piring tapi juga bayi," tutur dokter Gia seraya tertawa.

Itu adalah salah satu pengalaman dokter Gia Pratama yang sempat heboh di dunia maya. Kabar baiknya, kisah-kisah seputar pasiennya itu, kemungkinan besar akan dibukukan juga, seperti buku #BerhentidiKamu.

"Kejadian pasien banyak yang lucu-lucu. Insya Allah buku-buku berikutnya lanjut dari cerita-cerita itu," tandas sang dokter.

Seiring dengan akan bertambahnya buku yang ditulis dokter Gia Pratama, kabar baik lainnya pun ikut menyusul. Kabar tersebut tak lain dan tak bukan adalah kisah-kisah viral dokter Gia Pratama sudah dilirik produser untuk diangkat ke layar kaca. Sayangnya, Gramedia.com belum bisa menceritakan lebih banyak soal kabar yang satu ini.

Kita sama-sama menunggu ya Grameds, kapan dan akan seperti apa film yang diadaptasi dari kisah dokter Gia ini. Update terus kelanjutan kabarnya di Blog Gramedia.