AUTHOR OF THE MONTH: Mengenal Sisi Lain Valerie Patkar sebagai K-Popers

AUTHOR OF THE MONTH: Mengenal Sisi Lain Valerie Patkar sebagai K-Popers

. 2 min read

Valerie Patkar terbilang baru serius di bilang menulis. Meski hobi menulis sejak SMA, namun penulis buku Claires ini baru memberanikan diri mempublikasikan tulisan-tulisannya melalui Wattpad sejak 2016, atau sekitar tiga tahun lalu.

Buat yang sudah mengikuti akun Wattpad Valerie Patkar pastinya tahu, jika di setiap ceritanya, Valerie kerap menggunakan visualisasi foto-foto para personel boy band asal Korea Selatan, EXO. Ia pun mengaku bahwa dirinya adalah seorang K-Popers.

Saat sesi wawancara bersama Gramedia.com, Valerie sedikit bercerita tentang sisi lainnya yang menyukai musik dari Negeri Ginseng tersebut.

VALERIE

“Iya gue suka banget sama K-Pop. Dulu pertama kali banget suka BigBang sebenernya. Tapi kalau di cerita (Wattpad) kan gue banyak pake visualisasi EXO. Karena memang dari 2012 sampai sekarang masih sukanya sama EXO,” ungkap penulis yang lahir pada 4 Februari 1995 ini.

Karena kecintaannya pada EXO itu lah, Valerie mengombinasikan K-Pop dengan karya menulisnya. Lagipula, Wattpad memang menyediakan konten visual di setiap cerita yang sudah dipublikasikan oleh penulis.

“Di Wattpad itu kan kita dikasih fitur foto, kalau nggak dipake kan sayang. Kenapa nggak dipake untuk memvisualisasikan karakter kita,” lanjutnya.

Namun, kata Valerie, memakai foto member EXO sebagai visual ceritanya, bukan berarti tokoh dalam ceritanya benar-benar penggambaran dari para personel EXO.

“Bukan berarti karakter di cerita gue 100 persen mirip sama member A atau member B. Itu cuma membantu mereka berimajinasi. Selebihnya gue selalu bilang di Wattpad, terutama di cerita gue, terserah kalian mau bayanginnya gimana, cuma di bayangan gue mirip-mirip gini lah,” ungkap Sarjana Teknik Pertambangan di salah satu perguruan tinggi swasta tersebut.

Contohnya saja, dalam cerita Nonversation versi Wattpad, Valerie menggunakan sosok Sehun, salah satu member EXO sebagai salah satu visual untuk tokoh Dirga.

“Jadi misalnya Dirga itu di Wattpad visualisasinya Sehun EXO kan, jadi ada aja behavior-nya yang diselipin masuk, dan itu ngebantu sih bikin karakter hidup, dan membantu pembaca merasa cocok dengan karakternya,” tuturnya.

VALERIE

Meski begitu, bukan berarti karakter Dirga akan sama persis dengan Sehun EXO ya, Grameds. Karena Valerie kerap menggabungkan inspirasi dari mana saja, yang kemudian dia investasikan menjadi salah satu karakter dalam ceritanya.

“Setiap karakter terinspirasi dari orang-orang yang gue lihat. Jadi salah satunya mereka (EXO) juga,” tandas Valerie Patkar.

Bersambung...