AUTHOR OF THE MONTH: Okky Madasari dan Rencana Besarnya

. 3 min read

Tanggal 16 November 2018, Okky Madasari secara resmi merilis novel terbarunya yang berjudul Mata dan Rahasia Pulau Gapi. Buku ini merupakan seri kedua dari novel anak berseri yang ditulisnya setelah sebelumnya menulis Mata di Tanah Melus yang dirilisnya di awal tahun 2018.

Kedua novel tersebut memiliki benang merah yang sama, yaitu tentang petualangan anak berusia 12 tahun bernama Mata di beberapa destinasi seru di Indonesia.

Jika di buku pertamanya, Mata di Tanah Melus, Okky mengisahkan petualangan Mata di daerah bernama Belu, Nusa Tenggara Timur, di buku keduanya, penulis berusia 34 tahun ini bercerita tentang petualangan Mata di Ternate, Maluku Utara.

Penulis yang juga ibu satu anak ini menyisipkan banyak nilai-nilai kehidupan dalam novel anak berserinya tersebut. Mulai dari pelajaran sejarah, nilai-nilai toleransi multikulturalisme, hingga keserakahan manusia yang ingin menguasai alam.

Namun kembali lagi, karena ini adalah novel anak, semuanya ditulis dan dituturkan dengan bahasa yang bisa memikat anak-anak. Tentunya juga dibalut dengan kisah-kisah menarik seperti petualangan dan juga unsur fantasi.

OKKYMADASARI
(Dok. Gramedia.com)

Setelah ini apakah kisah Mata akan selesai begitu saja? Beruntungnya, jawabannya adalah tidak. Ke depannya, Okky telah menyiapkan buku lainnya yang masih akan masuk dalam seri petualangan Mata.

Next, yang pasti saya mau bikin setidaknya ada empat dari novel anak berseri ini,” ungkap Okky Madasari saat berbincang dengan Gramedia.com baru-baru ini.

“Buku pertama, Mata di Tanah Melus, bercerita tentang sebuah tempat bernama Belu di Nusa Tenggara Timur. Buku kedua, Mata dan Rahasia Pulau Gapi, bercerita tentang Ternate di Maluku, dan buku selanjutnya sudah disiapkan,” lanjutnya.

Buku ketiga, ujar Okky Madasari, akan berkisah tentang petualangan mata di Suku Bajo. Tak cuma mengungkap garis besar ceritanya saja, Okky juga membocorkan judul serta kapan buku ketiganya terbit.

OKKYMADASARI
(Dok. Gramedia.com)

“Nanti buku ketiga terbit Juni 2019. Judulnya Mata dan Manusia Laut, ini tentang Suku Bajo,” ungkapnya gamblang.

Tak tanggung-tanggung, peraih Penghargaan Sastra Khatulistiwa 2012 itu pun membeberkan alasannya memilih Suku Bajo sebagai latar cerita di buku ketiga seri petualangan Mata.

“Saya ingin mengangkat kehidupan masyarakat laut. Indonesia kan negara maritim, tapi cerita tentang laut sangat terbatas. Kalau bicara laut banyaknya bicara snorkeling, diving, soal keindahan lautnya. Tapi soal masyarakatnya masih jarang kita paham. Itu yang saya angkat di buku ketiga ini,” ungkapnya antusias.

Lewat cerita petualangan tersebut, tambahnya, Okky berharap dapat membuat pembaca mengenal Indonesia secara lebih dekat. Dikemas dengan kisah petualangan, Okky pun meyakini cerita yang ia tuturkan mampu membawa pembacanya ke tempat baru, terlebih dengan bumbu teka-teki yang ia sematkan dalam buku-bukunya ini.

“Karena saya tahu anak-anak suka bentuk cerita petualangan, cerita yang bisa membawa mereka ke tempat baru, dan juga tentang teka-teki,” ucapnya yakin.

Rencana besar Okky Madasari

Dalam sesi wawancara bersama Gramedia.com, Okky Madasari mengungkap rencana besar dalam perjalanan karirnya. Ia pun mengungkap saat ini dirinya tengah fokus menjalani karirnya sebagai penulis buku anak-anak.

Yap, hal ini terbukti dengan ketekunannya melanjutkan seri petualangan Mata ke buku-buku selanjutnya. Ternyata bukan hanya sudah menyiapkan buku ketiga, penulis novel Entrok ini juga sudah menyiapkan buku keempat seri petualangan Mata, lho!

OkkyMadasari

Sayangnya, kali ini belum banyak yang bisa dibocorkan. Karena, buku keempatnya tersebut belum punya judul yang pasti. Meski begitu, Okky dan tim penerbit ternyata sudah menentukan jadwal rilis bukunya.

“Buku keempat rilis Desember 2019, belum ada judulnya, tapi akan mengangkat Jawa. Saya akan mengajak Mata pulang ke Jawa,” tandasnya.

Dengan begitu, sejak sekarang kamu sudah harus siap-siap nih menantikan buku-buku Okky Madasari berikutnya dari petualangan Mata.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, bagaimana jika kamu membaca dulu dua seri Petualangan Mata yang telah rilis, yaitu Mata di Tanah Melus dan Mata dan Rahasia Pulau Gapi. Buku-buku ini bisa langsung kamu pesan di Gramedia.com ya!

Bersambung...