Berprestasi, 7 Atlet Indonesia Ini Paling Jadi Sorotan di Asian Games 2018

Berprestasi, 7 Atlet Indonesia Ini Paling Jadi Sorotan di Asian Games 2018

. 4 min read

Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang baru saja selesai, tetapi kemeriahannya masih terus bergema. Sebagai tuan rumah, Indonesia sukses meraih total 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Jumlah emas yang diraih tersebut bahkan telah melampaui target yang sebelumnya disasar, yakni 16 medali emas. Perolehan seluruh medali ini tentu dicapai berkat perjuangan kontingen atlet Tanah Air.

Bicara tentang atlet Indonesia dalam perhelatan Asian Games ke-18 kemarin, beberapa di antaranya menjadi perbincangan publik. Bukan hanya karena laganya dalam setiap pertandingan, tetapi juga fisik atletis hingga fakta menarik dari perjalanan mereka hingga menjadi atlet.

Yuk, tengok 7 atlet berprestasi kebanggaan Tanah Air yang paling menjadi sorotan sepanjang Asian Games 2018 berlangsung!

1. Defia Rosmaniar

Defia Rosmaniar - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Defia Rosmaniar bertanding mewakili Indonesia di cabor taekwondo untuk nomor poomsae tunggal putri. Namanya langsung melambung ketika menjadi atlet pertama yang meraih medali emas untuk Indonesia. Atlet berusia 23 tahun ini turut mencatat sejarah bagi taekwondo Indonesia dalam perolehan medali emas untuk pertama kalinya di ajang Asian Games.

2. Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Adu tangkas pada final bulu tangkis beregu putra bisa dibilang merupakan permainan yang sungguh dramatis. Di tengah-tengah set ketiga, Ginting mengalami cedera pada otot kakinya. Namun, ia tetap bertahan menghadapi lawannya, yaitu Shi Yuqi asal China. Hingga saat match point, akhirnya Ginting harus berhenti bermain karena tak mampu lagi menahan sakit. Berbagai dukungan pun mengalir untuk usaha Ginting tersebut. Salute!

3. Aprilia Manganang

Aprilia Manganang - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Tim voli putri Indonesia memang tak memperoleh medali dalam Asian Games 2018. Namun, salah satu pemainnya, Aprilia Manganang, sempat disorot publik lantaran penampilannya yang tomboi dan kekar. Bahkan, ia sempat beberapa kali menjalani tes gender atas permintaan tim lawan karena disangka laki-laki.

Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya dalam meraih prestasi. Manganang telah dua kali mendapat gelar Most Valuable Player di Proliga dan runner-up atlet terbaik se-ASEAN saat Sea Games 2017.

4. Jonatan Christie

Jonatan Christie - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Siapa yang tak kenal Jonatan Christie alias Jojo? Selain tampan dan bertubuh atletis, ketangguhannya di lapangan pun tak bisa dipungkiri. Ia menjadi salah satu atlet muda Tanah Air yang menyumbang emas untuk Indonesia dalam final bulu tangkis tunggal putra Asian Games 2018. Aksi buka baju saat selebrasi kemenangannya pun sukses membuat histeris kaum hawa.

5. Rika Wijayanti

Rika Wijayanti - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Wanita berusia 23 tahun ini merupakan atlet paralayang yang turut menambah perolehan medali untuk Indonesia dalam Asian Games 2018. Rika dan anggota tim paralayang putri lainnya meraih medali perak di nomor ketepatan mendarat.

Selain karena berhasil menyumbang medali, perjalanannya menjadi atlet ternyata berawal dari pekerjaan sampingan sebagai pelipat parasut. Hingga pada suatu saat, Joni Efendi yang merupakan kakak Rika dan lebih dulu menjadi atlet paralayang profesional, mengajarinya menjadi pilot paralayang.

6. Hanifan Yudani Kusuma

Hanifan Yudani Kusuma - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Hanifan berhasil meraih medali emas ke-29 untuk Indonesia dalam pertandingan final pencak silat kategori kelas C putra 55-60 kg. Aksinya memeluk Jokowi dan Prabowo setelah menjalani pengalungan medali menjadi sorotan rakyat Indonesia.

Tak berhenti sampai di situ, Hanifan pun menyita perhatian publik ketika melamar kekasihnya yang juga atlet pencak silat, Pipiet Kamelia, dalam siaran langsung televisi swasta nasional. Kabar bahagia, lamaran Hanifan pun diterima oleh Pipiet lho! Congrats, ya Hanifan!

7. Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon

Kevin Sanjaya & Marcus Gideon - Asian Games 2018
Image source: kompas.com

Pasangan ganda putra ranking satu dunia yang juga dikenal dengan sebutan ‘duo minions’ ini kembali menambah prestasinya. Dalam Asian Games 2018, Kevin dan Marcus sukses meraih medali emas setelah mengalahkan pasangan Fajar Alfian-Rian Ardianto.

Selain permainan seru dan menegangkan, ada saja aksi menghebohkan dari ‘duo minions’ ini. Pada set ketiga dengan skor 22-22, Kevin mengganti raket di tengah-tengah pertandingan. Aksinya yang mengejutkan itu sontak menambah keriuhan para pendukung di Istora Senayan.


Terima kasih pada seluruh atlet Indonesia yang telah berjuang selama Asian Games 2018. Perjuangan kalian telah sukses mencatatkan sejarah dalam dunia olahraga di Indonesia!


Header image source: Kompas.com