Atasi GTM pada Anak, yang jadi Drama bagi Ibu Baru

Atasi GTM pada Anak, yang jadi Drama bagi Ibu Baru

. 4 min read

Bunda pasti menunggu-nunggu saat anak memasuki usia 6 bulan, karena ia akan mulai mencicipi makanan pendukung ASI. Tahapan baru untuk si kecil ini sebagai penambahan makanan, yang bisa diberikan secara perlahan sebagai pelengkap nutrisi selain menyusu. Nah, makanan pendukung ASI ini lebih populer dengan sebutan MPASI.

Tak semudah dengan yang bunda bayangkan, menyiapkan makanan pendamping ini perlu diperhatikan bahan-bahannya. Apa yang bunda bayangkan, juga bisa saja jauh berbeda dengan yang apa ditunjukkan si kecil. Alih-alih menghabiskan makanan dengan lahap, si kecil justru melayangkan aksi GTM alias Gerakan Tutup Mulut.

Drama GTM ini jangan sampai membuat bunda stres ya. Hal ini sangat lumrah apabila si kecil tidak langsung menyukai sesuatu yang baru dan harus menjadi santapannya, karena tekstur makanan yang terasa berbeda.

Tapi kalau si kecil terus menerus melakukan aksi ini, jangan terlarut dibiarkan, karena si kecil akan kekurangan asupan energi, anemia, hingga masalah makan lainnya yang bisa berdampak pada pertumbuhannya.

Berikut beberapa tips & trik yang bisa bunda coba untuk menghadapi aksi GTM:

Ketahui Penyebab Anak Tidak Mau Makan

drama
Sumber foto: sleekbaby.co.id

Anak yang tidak mau makan pasti ada penyebab dibaliknya. Bisa saja si kecil sedang merasakan sariawan, trauma dengan salah satu makanan, bosan dengan varian makanannya, atau gangguan lain yang membuatnya tak nafsu makan. Coba ajak si kecil untuk ikut melihat cara bunda menyiapkan makanannya. Temani juga ia saat makan, agar bisa menunjukkan padanya bahwa semua makanannya enak dan baik-baik saja.

Buat Jadwal Makan

drama
Sumber foto: growingyourbaby.com

Bunda perlu menerapkan jadwal makan yang teratur untuk si Kecil. Hal ini dilakukan agar si kecil mulai terbiasa dan mendisiplinkan anak dengan waktu makannya. Dengan menertibkan jadwal makan, anak akan merasa lapar pada waktunya dan akan terdorong untuk mencari makan. Kamu bisa batasi waktu makan, misalnya tidak boleh lebih dari 30 menit, agar mereka tidak merasa bosan atau cenderung jadi tidak mau kembali makan.

Kurangi Makanan Besar/Cemilan Junkfood dan Instan

Jangan putus asa jika anak hanya mau memakan makanan yang ia suka saja, atau mengimingi mereka camilan enak demi anak mau makan yang benar. Hal ini bisa menjadikan makanan jadi alasan untuk mereka mendapatkan hal yang diinginkan. Dan tentunya terlalu banyak makan junkfood dan instan dapat merusak cita rasa si kecil terhadap makanan, karena rasa gurih atau manis yang terlalu kuat.

drama
Sumber foto: parents.com

Lalu, jangan terlalu sering memberikan camilan atau snack sebelum si kecil makan. Karena saat si kecil diberi snack, dia akan selalu merasa cukup dengan snack, sehingga tidak merasa perlu untuk melahap makanan barunya. Maka dari itu, penentuan jadwal makan dari makan besar dan camilan perlu dibuat.

Buat Suasana Makan jadi Menyenangkan

drama
Sumber foto: masjamal.com

Memaksa atau memarahi anak ketika tidak mau makan, malah akan membuat suasana menjadi tidak enak dan anak akan mengalami trauma. Berikan suasana yang menyenangkan, seperti sambil memutar musik atau lagu-lagu anak yang riang, duduk di meja makan bersama ayah dan bunda, serta cara lain agar anak terdorong untuk ikut makan.

Beri Menu yang Variatif

drama
Sumber foto: primadaily.com

Pemberian menu yang variatif setiap harinya pada anak bisa menjadi solusi agar nafsu makan anak tetap baik. Mungkin sulit, tapi bunda bisa coba berbagai cara kreatif, sekaligus memperkenalkan anak pada jenis makanan lainnya. Sebagai perasa alami, bunda dapat menggunakan bahan-bahan dari keju, bawang merah dan putih, butter, dan kaldu. Hal ini akan membuat makanan terasa lebih lezat.

Oh ya, MPASI juga sangat penting untuk si kecil dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Jika ingin menambah ilmu seputar MPASI, kamu bisa baca buku Anti Ribet MPASI Standar Who yang akan memberikan bunda pemahaman bagaimana menyiapkan MPASI dengan baik dan benar.  

antiBeli sekarang!

Buku ini akan menunjukkan pentingnya menyajikan variasi MPASI, menjawab banyak pertanyaan orang tua terkait MPASI, dan dilengkapi susunan menu sehari-hari sederhana yang anti ribet.

Dan ada buku seri terbaru Mommyclopedia, yang membahas 456 fakta tentang ASI dan menyusui, dengan gaya penulisan yang ringan dan to the point. Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui, merangkum sejumlah fakta mengenai ASI dan menyusui berdasarkan fakta ilmiah. Wah, buku ini penting banget nih, bun!

faktaBeli sekarang!

Selamat membaca dan tetap semangat untuk para bunda!


Sumber foto header: anasalwa.com