8 Aplikasi Kekinian untuk Mencari Kerja

8 Aplikasi Kekinian untuk Mencari Kerja

. 5 min read

Selamat lulus kuliah, Grameds!

Gimana, sudah dapat pekerjaan? Atau jangan-jangan masih bingung mau cari informasi lowongan kerja di mana?

Sekarang tidak perlu bingung, karena lowongan kerja bisa dicari hanya dengan ujung ibu jari. Tidak perlu lagi repot menitipkan CV ke sana-ke mari. Kamu hanya perlu duduk manis, pegang smartphone kalian dan download beberapa pilihan aplikasi andalan para pencari kerja di bawah ini.

Setiap aplikasi punya kelebihan masing-masing, salah satu di antaranya tak hanya bisa membantu kamu untuk mencari pekerjaan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri, lho!

Berikut Gramedia.com merangkum 8 aplikasi kekinian yang sering digunakan milenial untuk mencari kerja. Apa saja?

1. LinkedIn

Sumber: Google Play

Anak baru lulus jangan sampai nggak kenal LinkedIn. Karena selain menjadi platform untuk mencari kerja, aplikasi yang berasal dari negeri Paman Sam ini juga membuatnya layaknya media sosial. Hal ini menjadi kabar baik karena kamu berkemungkinan untuk berada satu jaringan dan membangun koneksi dengan para profesional dari perusahaan besar.

LinkedIn bisa dikatakan sebagai CV online yang bisa diakses banyak orang. LinkedIn akan meminta kita mengisi biodata secara lengkap, lalu dilanjutkan dengan mengisi riwayat pekerjaan, prestasi, dan pencapaian karir, juga daftar skill yang kita kuasai.

Menuliskannya secara lengkap memungkinkan kita berkesempatan untuk dapat dilirik perusahaan yang sedang membutuhkan kandidat.

2. JobStreet

Sumber: Google Play

Berasal dari Malaysia, Jobstreet sudah muncul sebagai portal pencarian kerja sejak 1997 silam, lho. Bahkan sudah dikenal sebagai salah satu platform pencarian kerja terbesar di Asia Pasifik.

Mengikuti perkembangan zaman, Jobstreet menghadirkan versi mobile application yang bisa kalian download di IOS ataupun Android. Tidak hanya lowongan pekerjaan di Indonesia, kamu juga bisa melihat lowongan kerja yang terbuka di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Jobstreet memiliki fitur mobile notification yang memungkinkan kamu para pencari kerja untuk mendapatkan notifikasi terbaru melalui email jika ada lamaran serupa yang dibuka. CV-mu pun bisa kamu upload langsung di aplikasi ini. Sangat memudahkan, bukan?

Dengan lebih dari 230 ribu lowongan pekerjaan yang tersedia, JobStreet termasuk aplikasi yang paling banyak dipakai di antara para pencari kerja yang tak hanya menyediakan lowongan dari dalam negeri saja, tapi juga negara-negara sekitar seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Dengan fitur mobile notification, JobStreet akan mengirim notifikasi lowongan kerja terbaru melalui email dan kamu pun bisa langsung mengirim lamaran melalui smartphone.

3. Kalibrr

Sumber: Google Play

Kalibrr menjadi salah satu pemain baru asal Filipina yang sudah banyak digandrungi para pencari kerja. Dengan Kalibrr kalian bisa menggunakan fitur ‘saved’ untuk memudahkan kalian yang ingin menyimpan informasi tentang salah satu lowongan, mana tahu perlu atau ingin dilihat lagi sewaktu-waktu.

Kalau kamu tahu aplikasi Tinder, aplikasi Kalibrr juga akan meminta kalian untuk swipe left jika tidak minat dengan pekerjaan yang direkomendasikan.

Dari aplikasi Kalibrr kalian tidak perlu khawatir jika perusahaan yang kalian incar lambat merespon. Kalian hanya perlu pilih perusahaan yang memiliki logo ‘petir’ yang berarti perusahaan itu sangat responsif.

4. Job Today

Sumber: Google Play

Jika kalian ingin mencari pekerjaan dengan cepat, aplikasi Job Today bisa jadi pilihan yang tepat. Job Today mengklaim bahwa dengan aplikasi mereka, pelamar hanya membutuhkan waktu 24 jam dengan satu kali klik untuk mendapatkan pekerjaan.

Job Today juga memiliki fitur chatting yang memungkinan kamu untuk berkomunikasi dengan perusahaan yang kalian incar. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melakukan negosiasi wawancara ataupun tes lainnya.

5. Trovit Jobs

Sumber: Google Play

Sama halnya dengan empat aplikasi sebelumnya, Trovit Jobs juga membuat kalian tidak perlu lagi mencetak CV. Cukup tersambung dengan internet, isi lengkap biodatamu juga skill-mu dan upload CV-nya!

Nah untuk kalian yang tinggal di luar negeri terutama di wilayah Amerika, Trovit Jobs akan sangat membantu, karena aplikasi ini juga menyediakan informasi lowongan kerja dari 46 negara.

6. Freelancer

Aplikasi-Pencari-Lowongan-KerjaSumber: Freelancer.com

Lain halnya dengan aplikasi yang ini, kalau kalian masih ingin santai dan tidak langsung dibebani dengan tanggung jawab terikat seperti full time, aplikasi ini jodohnya.

Mulai dari penulis, editor, penerjemah, pembuat website, dan masih banyak pekerjaan lain yang bisa kalian jumpai di sini.

Jangan lupa untuk mencantumkan skill dan pengalaman yang kamu miliki ya. Karena hal penting itu bisa menentukan harga jasa yang akan kalian dapatkan.

Kabar baiknya lagi, aplikasi ini juga terhubung dengan lowongan pekerjaan yang tersedia di luar negeri. Tapi jangan lupa, hal ini berarti kalian harus siap untuk bersaing dengan orang-orang yang tidak kalah kompeten di luar sana.

7. LINE Jobs

Sumber: Daily Social

Anak muda pasti akrab sekali bukan dengan aplikasi chatting satu ini? Tapi jangan sampai kalian ketinggalan informasi ya, karena bukan hanya bisa untuk chatting, aplikasi asal Jepang ini kini juga memunculkan fitur Line Jobs yang bekerja sama dengan portal pencari kerja Jobs.id dan HiredToday.

Nggak hanya memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan, Line Jobs juga akan memberikan informasi tentang job fair yang sedang atau akan berlangsung. Line Jobs bisa dikatakan cocok untuk penggunanya yang kebanyakan anak milenial, karena mayoritas informasi pekerjaannya ditujukan untuk level awal pencari kerja.

Mudah banget kan? Tanpa perlu download aplikasi kerja, aplikasi chatting ini sudah membantu kalian untuk mencari kerja.

8. Tech in Asia Indonesia

Sumber: Google Play

Yang terakhir ada Tech in Asia Indonesia. Selain bisa membantumu untuk tetap up to date dengan membaca sajian berita-berita terhangat, aplikasi Tech in Asia Indonesia juga bisa membantumu untuk mengetahui info lowongan pekerjaan.

Setiap minggunya, aplikasi ini menghadirkan artikel yang berisikan berbagai macam lowongan bidang pekerjaan yang bisa kalian coba peruntungannya. Mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, hingga sales.


Jangan lupa untuk selalu terhubung ke internet ya, Grameds. Jangan sampai kalian ketinggalan informasi baru dari aplikasi-aplikasi pencari lowongan kerja di atas.

Selamat mencari kerja, job hunters!


Sumber header foto: LinkedIn