Apa yang Membuat BTS Menjadi Sangat Populer di Dunia?

Apa yang Membuat BTS Menjadi Sangat Populer di Dunia?

. 4 min read

1. Selalu Bekerja Keras

Ketika dunia mengalami kelambatan karena pandemik, hal ini tidak berlaku bagi BTS. Serangkaian jadwal yang padat selalu menghiasi hari-hari mereka. Mereka mengaku pulang ke rumah hanya pada saat tidur. Namun, kerja keras tentu tidak akan mengkhianati hasil. Dalam beberapa bulan ini, BTS banyak menghadirkan konten-konten dan merilis lagu baru.

Butter”, contohnya, menjadi lagu terlaris dan banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik. Lagu ini mampu bertahan selama 7 minggu di chart Billboard, yang tentu saja merupakan pencapaian sangat luar biasa.

Seolah itu masih kurang, BTS pun merilis “Permission to Dance” pada tanggal 9 Juli 2021. Tanggal yang sangat spesial karena merupakan hari jadi ARMY, fandom BTS. Seperti yang sudah dapat diperkirakan, lagu ini langsung berada di puncak tangga lagu di banyak negara. Tentunya, “Permission to Dance” ini juga banyak memecahkan rekor-rekor di dunia musik.

Jika melihat kembali sejarah awal debut pada tahun 2013, banyak yang memandang BTS sebelah mata. Banyak yang meragukan bahwa grup idola dari agensi baru dan kecil akan mendapatkan kesuksesan.

Kecaman dan tuduhan sajaegi kerap diarahkan pada BTS selama bertahun-tahun. Namun, BTS, Bang Si Hyuk, dan BigHit Ent. (sebelum berganti menjadi HYBE) terus bekerja keras dan menepis semua tuduhan dengan prestasi demi prestasi. Dari hanya fans meeting yang hanya dihadiri 23 orang, menjadi ratusan ribu fans yang memenuhi stadion konser-konser BTS.

buku
(c) Won Ji-yeon. Konser Love Yourself, Speak Yourself diakhiri dengan Simbol BTS 1 Juni 2019

2. Banyak Memiliki Fans dari Kalangan Selebritis

Siapa yang tak kenal dengan fandom yang sekarang dianggap sebagai fandom terbesar di dunia, yaitu ARMY. Hal ini dapat dibuktikan dengan tagar mengenai BTS, anggota BTS, dan bahkan ARMY sendiri selalu menjadi trending topic di berbagai platform. Ketika ada suatu organisasi mengadakan vote yang pada salah satunya kategorinya, BTS selalu berada di atas dengan vote yang sangat banyak jumlahnya.

Ketenaran BTS seperti selalu berada di atas. Selalu ada update terbaru dari para selebritis yang memperlihatkan kecintaan mereka pada BTS melalui unggahan di media sosial. Tak tanggung-tanggung, banyak nama besar yang mengaku menyukai BTS. Siapa yang tak kenal John Cena? Aktor Hollywood ini bahkan terang-terangan menegaskan bahwa dia adalah seorang ARMY di sebuah acara talk show.


Baca juga: Dear Army, Ini Buku Rekomendasi dari Member BTS untuk Kamu


3. Banyak Memiliki Fans dari Kalangan Akademis

Mempunyai fans dari kalangan selebritis mungkin bukan hal yang baru. Namun, suatu fenomena tersendiri bahwa BTS mampu menarik kalangan akademisi untuk menjadi fans mereka. Apa yang membedakan BTS dari grup idola lainnya? Apa yang berhasil menarik perhatian para akademisi?

Konsep yang diusung BTS dalam setiap albumnya selalu penuh makna dan decak kagum. Setiap album dan lagu-lagu di dalamnya seolah menjadi jejak pertumbuhan dan perkembangan BTS.

Pemilihan konsep, lagu, dan lirik dipenuhi literatur-literatur dunia. Setiap MV memiliki simbol-simbol tersembunyi yang saling terkait. Setiap kali lagu atau MV baru BTS dirilis, ARMY sibuk saling mengemukakan teori dan mengurai simbol. Siapa sangka grup idola bisa semenarik ini?

Awalnya, para akademisi membuat studi mengenai BTS dan konsep-konsep yang BTS usung dalam menarik fans. Mereka mencoba menggali lebih dalam ketenaran BTS dan ARMY yang selalu mendukung dengan penuh. Akhirnya, mereka pun ikut menjadi fans karena tersentuh oleh tujuan dari konsep lagu-lagu BTS.

buku
Salahsatu Gambar dalam Buku The Book of BTS Army (Dok. BIP)

Baca juga: The Book of BTS ARMY: Besarnya Kekuatan ARMY dan BTS Hingga Mendunia


Lee Jeeheng, dari Sekadar Studi, Menjadi Fans

Buku BTS & ARMY Culture yang ditulis oleh Lee Jeeheng diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul The Book of BTS ARMY. Buku ini menjadi bestseller di beberapa negara. Lee Jeeheng menuliskan sudut pandangnya sebagai akademisi mengapa BTS dan ARMY bisa begitu menjadi besar. Namun, tulisannya bukanlah sekadar tulisan biasa. Dia menuliskan buku ini sebagai hasil dari riset dan studinya.

Lee Jeeheng menitikberatkan pada poin-poin yang menjadikan BTS terkenal. Di dalamnya, ada ARMY yang menjadi pendukung penuh. Lee Jeeheng menguraikan mengapa ARMY begitu protektif terhadap BTS dan mengapa BTS begitu menyayangi ARMY.

Buku ini wajib sekali dipunyai oleh ARMY. Entah kamu yang sudah bertahun-tahun menjadi ARMY atau yang baru saja mengikarkan diri sebagai ARMY. Dan kalaupun kamu bukan ARMY, buku ini mungkin bisa membuka mata dan menjawab pertanyaan, kenapa BTS bisa sangat populer di dunia.

Jadilah, fans yang cerdas. Jadilah, fans yang mendukung idolanya dengan semangat dan kebaikan yang sama! Like idol, like fans.

Yuk, baca kisah selengkapnya di THE BOOK OF BTS ARMY yang sudah tersedia di Gramedia.com!

theKlik untuk Dapatkan Bukunya!

Dan selamat! Karena kamu sudah membaca artikel ini, kamu dapat voucher diskon 20% untuk membeli bukunya dan mempelajari bagaimana Army dan BTS jadi begitu besar di dunia. Ambil vouchernya sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini!

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!

#SahabatTanpaBatas #GramediaTanpaBatas #BhuanaIlmuPopuler

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Oleh: Dian Rakhmawati S. - Editor penerbit BIP

Sumber foto header: wallpaperflare.com