Anak Lancar Membaca dari Buku Rekomendasi Dr. Ferdiriva

Anak Lancar Membaca dari Buku Rekomendasi Dr. Ferdiriva

. 3 min read

Menjadi guru pertama bagi sang buah hati, hal dasar yang perlu diajarkan orang tua adalah membaca. Nah, mengajarkan anak membaca memang susah susah gampang. Dan setiap orang tua harus tau metode belajar yang optimal, dan bagaimana karakter si anak dalam menerima pembelajaran agar ia mampu menyerap dengan baik dan lancar.

Buku menjadi bantuan orang tua untuk mengajarkan anaknya membaca. Baik dari mengenal huruf, membaca suku kata, kata secara utuh, hingga dalam satu kalimat.

Seperti yang dilakukan oleh Dr. Ferdiriva Hamzah, SpM(K) saat mengajarkan anaknya membaca. Dokter spesialis mata yang terkenal di Twitter dengan 130 Ribu lebih followers ini, memberikan rekomendasi buku untuk belajar membaca tanpa dieja. Dr. Ferdiriva juga memberikan cuplikan video anaknya yang berumur 5 tahun sedang latihan membaca lewat buku tersebut, dengan cara yang santai dan perlahan-lahan. Dan ternyata, banyak orang tua lain yang mengajarkan anaknya membaca hingga lancar menggunakan buku yang sama.

Tahapan yang perlu ayah dan bunda perhatikan saat mengajarkan anak membaca, pertama adalah kenalkan huruf dahulu. Bisa dengan bantuan flash cards huruf warna-warni, dinyanyikan, dan lain-lain. Pastikan pengucapan huruf benar karena akan berpengaruh pada cara anak membaca nantinya. Lalu ajarkan menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z dan diikuti huruf vokal a,i,u,e,o. Seperti ba, bi, bu, be, bo. Jika sudah mahir, bisa dilanjut dengan gabungan suku kata variatif lainnya. Coba dari yang mudah dan singkat dahulu, seperti bu-ku, bo-la, lu-ka. Kenalkan kembali dengan huruf mati seperti "ng" dan "ny".

Mungkin anak akan kesulitan membaca langsung satu kata tanpa mengeja. Nah, ayah dan bunda harus rajin mengajarkannya agar ia terbiasa membaca tanpa dieja sampai lancar membaca kalimat.

Nah, buku-buku di bawah ini bisa membantu proses belajar membaca dengan mudah. Yang pertama adalah buku rekomendasi dari Dr. Ferdiriva tadi, dan bisa langsung kamu beli di Gramedia.com ya!

Mau beli bukunya? Tinggal klik judulnya saja!

60 Jam Pintar Baca Tanpa Dieja

Pintar
Sumber: Gramedia.com

Permulaan Belajar Baca Tulis & Hitung

Pintar
Sumber: Gramedia.com

Ku Ba Ca 7 Hari Lancar Baca

Pintar
Sumber: Gramedia.com

Lancar Baca ini Budi

Pintar
Sumber: Gramedia.com

Jago Baca Tanpa Dieja (Siap-Siap Masuk SD)

Pintar
Sumber: Gramedia.com

5 Jam Bisa Baca

Pintar
Sumber: Gramedia.com

Ayah dan bunda, segera miliki koleksi buku belajar membacanya ya, Jangan lupa, ajak anak belajar sambil bermain agar suasana lebih menyenangkan. Lalu atur waktu belajar setiap harinya, tidak harus lama-lama, batasi waktu supaya anak tidak bosan. Dan ajak anak belajar saat kondisi mood-nya sedang baik. Jadi, hasil proses belajar pun lebih optimal.

Psst, ada info menarik nih! Pembelian buku-buku pilihan terbaik pada tanggal 2-7 Februari 2021 akan ada diskon hingga 90%. Di Online Book Fair Gramedia.com juga akan ada potongan ongkos kirim dari KGX ke seluruh Indonesia. Catat tanggalnya agar tak ketinggalan!


Sumber foto header: unsplash.com